Bank Digital di Indonesia: Transformasi Perbankan Menuju Era Digital

Firman Yudha Pragusti By Firman Yudha Pragusti
2 Min Read
three round gold-colored coins on 100 US dollar banknotes

Pada era digital yang semakin berkembang, perbankan di Indonesia mengalami transformasi signifikan. Bank-bank digital muncul sebagai pemain baru yang menawarkan layanan berbasis teknologi dengan efisiensi tinggi dan kemudahan akses. Berikut adalah beberapa bank digital terkemuka di Indonesia:

  1. Jenius by BTPN: Jenius adalah bank digital yang dikelola oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN). Jenius menawarkan fitur-fitur inovatif seperti kartu debit fisik dan virtual, fitur pengelolaan keuangan, serta integrasi dengan aplikasi e-commerce.
  2. Digibank by DBS: Digibank merupakan layanan digital dari DBS Bank. Digibank menawarkan rekening tanpa biaya administrasi, transaksi tanpa kartu fisik, dan fitur-fitur digital lainnya. Keunggulan Digibank adalah kemudahan dalam pembukaan rekening dan penggunaan aplikasi.
  3. OVO: Meskipun awalnya dikenal sebagai dompet digital, OVO telah berkembang menjadi platform keuangan yang lebih luas. OVO menawarkan layanan pembayaran, transfer uang, investasi, dan bahkan asuransi. Kemitraan dengan berbagai merchant juga memperkuat posisi OVO di pasar.
  4. LinkAja: LinkAja adalah hasil kolaborasi antara beberapa bank BUMN, termasuk BRI, BNI, dan Mandiri. Layanan ini menyediakan berbagai fitur seperti pembayaran, transfer, hingga pembelian tiket transportasi. Kelebihan LinkAja adalah jaringan luas dan integrasi dengan berbagai layanan publik.
  5. AkuLaku: AkuLaku awalnya dikenal sebagai platform kredit online, tetapi kini telah mengembangkan diri menjadi bank digital. AkuLaku menawarkan rekening digital, kartu debit, dan layanan pinjaman. Keunggulan AkuLaku adalah kemudahan dalam pengajuan pinjaman dan pembukaan rekening.

Share This Article