Biodiesel: Komoditas Masa Depan yang Diperebutkan Emiten

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
1 Min Read
Biodiesel: Komoditas Masa Depan yang Diperebutkan Emiten
Biodiesel: Komoditas Masa Depan yang Diperebutkan Emiten

Di tengah tren global menuju energi hijau, biodiesel muncul sebagai salah satu komoditas paling menjanjikan. Di Indonesia, peningkatan kuota biodiesel menjadi B35 pada tahun 2024 telah memicu sejumlah emiten untuk memacu ekspansi bisnis mereka di bidang ini.

  • Ekspansi Produksi dan Distribusi: Emiten berlomba-lomba meningkatkan kapasitas produksi dan distribusi biodiesel. Kebijakan pemerintah yang menetapkan kuota penyaluran biodiesel B35 sebesar 13,41 juta kiloliter untuk tahun 2024, naik dari 12,15 juta kiloliter pada tahun 2023, menjadi pelecut utama.
  • Kebijakan Pemerintah: Pemerintah Indonesia telah konsisten dalam mendorong penggunaan biodiesel. Kebijakan ini tidak hanya mendukung ketahanan energi nasional tetapi juga membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.
  • Dampak Ekonomi: Dengan meningkatnya permintaan biodiesel, emiten di sektor perkebunan kelapa sawit mendapatkan momentum baru untuk berkembang. Ini membuka peluang ekonomi yang lebih luas, terutama bagi para produsen minyak sawit lokal.
  • Tantangan dan Peluang: Meskipun prospeknya cerah, pengembangan biodiesel juga menghadapi tantangan, seperti isu keberlanjutan dan dampak lingkungan dari perkebunan kelapa sawit. Namun, dengan inovasi dan teknologi yang tepat, biodiesel dapat menjadi pilar penting dalam transisi energi Indonesia.
Share This Article