Cara Ampuh Melobi Seseorang Agar Menuruti Kita

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
2 Min Read
man teaching woman while pointing on gray laptop
Photo by Icons8 Team on Unsplash

Meloby seseorang adalah seni mempengaruhi orang lain untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk meloby seseorang agar menuruti kita:

1. Pahami Topiknya

Sebelum meloby seseorang, pastikan Anda paham topik yang Anda bahas serta sudut pandang Anda sendiri. Lakukan beberapa riset dan jangan membuat asumsi yang tidak perlu dan tidak terbukti.

2. Cari Tahu Lingkup Diskusinya

Untuk beberapa argumen, Anda perlu tahu lebih dari sekadar fakta. Cari tahu lingkup diskusi Anda, lalu siapkan argumen berdasarkan itu.

3. Kembangkan Alasan Anda

Membuat argumen yang bagus kurang lebih mirip dengan membuat sebuah meja–Anda ingin poin utama yang Anda bawa disokong dengan baik oleh alasan dan bukti yang valid.

- Advertisement -

4. Perkuat Alasan Anda dengan Contoh dan Bukti yang Jelas

Perkuat alasan Anda dengan contoh dan bukti yang jelas. Ini akan membuat argumen Anda menjadi lebih kuat dan lebih meyakinkan.

5. Gunakan Strategi Melobi yang Tepat

Ada beberapa strategi melobi yang bisa digunakan, seperti melobi secara tidak langsung, langsung, dan terbuka. Pilihlah strategi yang paling sesuai dengan situasi dan kondisi Anda.

6. Jalin Hubungan Baik dengan Orang yang Akan Anda Loby

Menjalin hubungan baik dengan orang yang akan Anda loby sangat penting. Tunjukkan pada mereka betapa Anda benar-benar peduli dengan apa yang mereka lakukan dan katakan.

7. Tunjukkan Kepercayaan dan Kejujuran

Kepercayaan dan kejujuran adalah kunci dalam proses meloby. Tunjukkan bahwa Anda dapat dipercaya dan jujur dalam setiap interaksi Anda.

8. Gunakan Teknik Komunikasi yang Efektif

Teknik komunikasi yang efektif sangat penting dalam proses meloby. Anda harus mampu menyampaikan pesan Anda dengan jelas dan efektif.

- Advertisement -

Meloby seseorang membutuhkan pemahaman yang baik tentang topik, pengembangan alasan yang kuat, penggunaan strategi melobi yang tepat, dan teknik komunikasi yang efektif. Dengan menerapkan cara-cara ini, Anda dapat meloby seseorang agar menuruti Anda.

Share This Article