Jadwal Penerimaan Polri 2024: Peluang bagi Lulusan SMA, SMK, dan Penyandang Disabilitas

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
4 Min Read
Jadwal Penerimaan Polri 2024: Peluang bagi Lulusan SMA, SMK, dan Penyandang Disabilitas
Jadwal Penerimaan Polri 2024: Peluang bagi Lulusan SMA, SMK, dan Penyandang Disabilitas

Polri akan membuka penerimaan anggota baru untuk tahun 2024. Penerimaan ini ditujukan bagi lulusan SMA, SMK, dan penyandang disabilitas. Hal ini merupakan bentuk komitmen Polri untuk mewujudkan kesetaraan dan inklusivitas bagi seluruh warga negara, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik.

Penerimaan Polri 2024 meliputi tiga formasi, yaitu Bintara, Akpol, dan Tamtama. Masing-masing formasi memiliki persyaratan dan proses seleksi yang berbeda. Berikut adalah penjelasan singkat tentang ketiga formasi tersebut:

  • Bintara: Formasi ini diperuntukkan bagi lulusan SMA dan SMK sederajat, serta penyandang disabilitas fisik. Persyaratan umumnya antara lain berusia maksimal 22 tahun, memiliki tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita, tidak bertato, tidak buta warna, dan tidak pernah terlibat narkoba. Persyaratan khusus untuk penyandang disabilitas fisik adalah memiliki surat keterangan dari dokter spesialis, tidak mengalami gangguan mental, dan tidak memiliki keterbatasan yang mengganggu kinerja di bidang TI, Siber, Keuangan, Perencanaan, Administrasi, dan lainnya. Proses seleksi meliputi administrasi, kesehatan, psikologi, akademik, dan wawancara.
  • Akpol: Formasi ini diperuntukkan bagi lulusan SMA IPA sederajat yang berminat menjadi perwira Polri. Persyaratan umumnya antara lain berusia maksimal 21 tahun, memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita, tidak bertato, tidak buta warna, dan tidak pernah terlibat narkoba. Proses seleksi meliputi administrasi, kesehatan, psikologi, akademik, fisik, dan wawancara.
  • Tamtama: Formasi ini diperuntukkan bagi lulusan SMP sederajat yang berminat menjadi bawahan perwira Polri. Persyaratan umumnya antara lain berusia maksimal 20 tahun, memiliki tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita, tidak bertato, tidak buta warna, dan tidak pernah terlibat narkoba. Proses seleksi meliputi administrasi, kesehatan, psikologi, akademik, fisik, dan wawancara.

Jadwal pendaftaran dan seleksi untuk ketiga formasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bintara: Pendaftaran online dibuka pada 26 Januari-1 Maret 2024 melalui website resmi Polri . Seleksi administrasi dilakukan pada 2-5 Maret 2024. Seleksi kesehatan, psikologi, akademik, dan wawancara dilakukan pada 6-31 Maret 2024. Pengumuman hasil seleksi dilakukan pada 1 April 2024.
  • Akpol: Pendaftaran online dibuka pada 8-16 Januari 2024 melalui website resmi Polri . Seleksi administrasi dilakukan pada 17-20 Januari 2024. Seleksi kesehatan, psikologi, akademik, fisik, dan wawancara dilakukan pada 21 Januari-28 Februari 2024. Pengumuman hasil seleksi dilakukan pada 1 Maret 2024.
  • Tamtama: Pendaftaran online dibuka pada 1-15 Februari 2024 melalui website resmi Polri . Seleksi administrasi dilakukan pada 16-19 Februari 2024. Seleksi kesehatan, psikologi, akademik, fisik, dan wawancara dilakukan pada 20 Februari-31 Maret 2024. Pengumuman hasil seleksi dilakukan pada 1 April 2024.

Penerimaan Polri 2024 ini merupakan kesempatan bagi para lulusan SMA, SMK, dan penyandang disabilitas yang ingin berkarier di kepolisian. Polri menjamin bahwa proses seleksi dilakukan secara transparan, akuntabel, dan profesional. Polri juga mengimbau agar calon peserta tidak percaya dengan oknum yang menjanjikan kelulusan dengan imbalan tertentu. Polri tidak bekerja sama dengan pihak manapun dalam proses penerimaan ini.

- Advertisement -

Bagi yang berminat, segera siapkan diri dan persyaratan anda. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjadi bagian dari Polri. Semoga sukses!

Share This Article