Mengenal Jenis Mur Roda Mobil: Apa Bedanya dan seberapa Penting?

Firman Yudha Pragusti By Firman Yudha Pragusti
6 Min Read
Mengenal Jenis Mur Roda Mobil: Apa Bedanya dan seberapa Penting?
Mengenal Jenis Mur Roda Mobil: Apa Bedanya dan seberapa Penting?

Mur roda mobil, atau lug nut dalam bahasa Inggris, mungkin terdengar seperti benda sepele yang tidak perlu diperhatikan. Padahal, mur roda memiliki peran penting dalam menghubungkan pelek dengan hub roda, yang merupakan bagian dari sistem suspensi mobil. Mur roda juga berpengaruh pada keseimbangan, kestabilan, dan keamanan berkendara. Jadi, jangan anggap remeh mur roda, ya!

Mur roda mobil tidak semuanya sama. Ada beberapa jenis mur roda yang berbeda bentuk, ukuran, dan cara pemasangannya. Jika Anda tidak tahu perbedaannya, Anda bisa salah memasang mur roda yang tidak sesuai dengan pelek mobil Anda. Akibatnya, bisa-bisa pelek mobil Anda lepas saat sedang melaju kencang di jalan tol. Wah, bisa-bisa celaka, kan?

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda perlu mengetahui jenis-jenis mur roda mobil dan cara memilih yang tepat. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang mur roda mobil yang wajib Anda ketahui.

Jenis-Jenis Mur Roda Mobil

Dari bentuk bidang kontaknya ke pelek, mur roda terbagi menjadi tiga jenis: tapper seat, spherical seat, dan flat seat. Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing jenis mur roda:

- Advertisement -
  • Tapper seat: Mur roda jenis ini memiliki bentuk tirus atau kerucut di bagian bawahnya. Mur roda ini umumnya dipilih oleh pabrikan mobil karena diameter centre bore di pelek standar telah sesuai dengan hub roda di mobil. Jadi, pelek dapat menempel sempurna tanpa ada celah di antara centre bore dan hub. Tipe ini masih terbagi dua berdasarkan lebar sudut tirusnya, yaitu 60 derajat dan 45 derajat. Untuk pelek aftermarket, sebaiknya pilih mur roda dengan bidang tirus seluas mungkin agar lebih kuat dan aman.
  • Spherical seat: Mur roda jenis ini memiliki bentuk bulat atau bola di bagian bawahnya. Mur roda ini biasanya digunakan untuk pelek aftermarket yang memiliki centre bore lebih besar dari hub roda. Mur roda ini dapat mengisi celah yang ada dan memberikan tekanan yang merata ke pelek. Mur roda ini juga lebih fleksibel dalam menyesuaikan sudut pelek dengan hub roda.
  • Flat seat: Mur roda jenis ini memiliki bentuk datar atau rata di bagian bawahnya. Mur roda ini jarang digunakan karena hanya cocok untuk pelek yang memiliki bidang datar di bagian lubang baut. Mur roda ini tidak dapat menyesuaikan sudut pelek dengan hub roda, sehingga harus dipasang dengan sangat presisi.

Cara Memilih Mur Roda Mobil yang Tepat

Setelah mengetahui jenis-jenis mur roda mobil, Anda tentu tidak ingin salah memilih mur roda yang tidak sesuai dengan pelek mobil Anda, bukan? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk memilih mur roda mobil yang tepat:

  • Perhatikan ukuran ulir mur roda: Mur roda mobil memiliki ukuran ulir yang berbeda-beda, misalnya M12x1.5, M14x1.5, M14x2, dan sebagainya. Ukuran ulir ini menunjukkan diameter dan jarak antara ulir mur roda. Anda harus memilih mur roda yang memiliki ukuran ulir yang sama dengan baut roda mobil Anda. Jika tidak, mur roda tidak akan bisa dipasang dengan benar dan bisa merusak baut roda.
  • Perhatikan bentuk bidang kontak mur roda: Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mur roda mobil memiliki bentuk bidang kontak yang berbeda-beda, yaitu tapper seat, spherical seat, dan flat seat. Anda harus memilih mur roda yang memiliki bentuk bidang kontak yang sesuai dengan pelek mobil Anda. Jika tidak, mur roda tidak akan bisa menempel dengan kuat dan bisa menyebabkan pelek mobil lepas atau bergeser.
  • Perhatikan panjang mur roda: Mur roda mobil juga memiliki panjang yang berbeda-beda, misalnya 20 mm, 25 mm, 30 mm, dan sebagainya. Panjang mur roda ini menentukan seberapa dalam mur roda masuk ke dalam pelek. Anda harus memilih mur roda yang memiliki panjang yang cukup untuk mencengkeram pelek dengan baik. Jika terlalu pendek, mur roda tidak akan bisa mengunci pelek dengan aman. Jika terlalu panjang, mur roda bisa mengganggu komponen lain di belakang pelek, seperti rem atau bearing.

Mur roda mobil adalah benda yang penting untuk diperhatikan karena berpengaruh pada kinerja dan keamanan mobil. Mur roda mobil memiliki beberapa jenis yang berbeda bentuk, ukuran, dan cara pemasangannya. Anda harus memilih mur roda yang sesuai dengan pelek dan baut roda mobil Anda. Jika salah memilih mur roda, Anda bisa mengalami masalah yang serius, seperti pelek mobil lepas atau rusak.

Demikian artikel tentang mur roda mobil yang saya buat. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Share This Article