Mengungkap Karakter Seseorang dari Cara Bicara : Begini Caranya !

Firman Yudha Pragusti By Firman Yudha Pragusti
2 Min Read
woman in black jacket sitting beside woman in white blazer

Cara seseorang berbicara dapat memberikan petunjuk penting tentang karakter dan kepribadian mereka¹³⁴⁵. Berikut adalah beberapa cara untuk mengungkap karakter seseorang dari cara bicaranya:

1. Berbicara Cepat

Menurut Preston Ni, seorang trainer komunikasi, orang dengan kepribadian ekstrovert memiliki potensi lebih tinggi untuk berbicara cepat. Mereka berusaha untuk berbicara secepat pikirannya, yang membuat para ekstrover cenderung “berpikir saat berbicara” daripada “berpikir sebelum berbicara”.

2. Berbicara Lambat

Orang dengan cara bicara yang lambat biasanya lebih santai dan teliti¹. Mereka cenderung memproses informasi dengan lebih hati-hati dibandingkan dengan orang-orang yang bicaranya lebih cepat.

3. Berbicara Ceplas-Ceplos

Orang yang berbicara ceplas-ceplos alias blak-blakan lebih sering bersikap jujur dan terbuka. Mereka akan menyampaikan semuanya apa adanya dan tidak ada yang ditutup-tutupi.

- Advertisement -

4. Berbicara dengan Suara Pelan

Para peneliti dari University of Groningen, Belanda, menyebutkan bahwa depresi dan gangguan kecemasan bisa mengubah orang yang ekstrovert menjadi lebih pendiam. Orang dengan kepribadian introvert biasanya berbicara dengan suara pelan.

5. Berbicara Kasar

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of California San Fransisco, orang-orang yang sering berkata kasar memiliki mental dan fungsi otak yang lebih baik dibanding mereka yang tidak pernah berkata kasar. Selain itu, mereka yang sering berkata kasar memiliki kepribadian dominan, keras, apa adanya bahkan cenderung pemarah.

Cara seseorang berbicara dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang karakter dan kepribadian mereka. Dengan memahami ini, kita dapat lebih baik dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Namun, penting untuk diingat bahwa ini hanyalah panduan umum dan tidak semua orang akan cocok dengan deskripsi ini.

Share This Article