Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Macet di Tanjakan

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
2 Min Read

Ketika mengemudi mobil dengan transmisi otomatis (matik), terutama saat terjebak dalam kemacetan atau menanjak, memilih posisi tuas transmisi yang tepat sangat penting. Berikut adalah beberapa panduan untuk memastikan Anda mengatur tuas transmisi dengan benar:

  1. Pada Tanjakan:
  • Posisi L (Low): Ketika mengendarai mobil di jalur pegunungan atau menanjak, pindahkan tuas transmisi ke posisi L atau 2 (jika ada). Ini setara dengan gigi 1 pada mobil manual. Dengan demikian, mobil memiliki tenaga yang cukup untuk menaklukkan tanjakan yang curam.
  • Perpindahan Gigi: Pastikan untuk memindahkan tuas transmisi sebelum menanjak. Jika dilakukan terlambat, mobil bisa kehilangan tenaga dan berhenti tiba-tiba saat dalam kemacetan.
  1. Pada Kemacetan Total:
  • Posisi P (Park): Saat berada dalam kondisi macet total, pastikan tuas transmisi berada pada posisi P (Park). Ini memastikan mobil berhenti sepenuhnya dan tidak bergerak.
  • Posisi N (Netral): Jika kemacetan masih memungkinkan mobil untuk sedikit melaju, pindahkan tuas transmisi ke posisi N (Netral). Ini memungkinkan mobil tetap bergerak dengan aman tanpa menggunakan gigi.

Ingatlah untuk selalu memperhatikan kondisi jalan dan mengatur tuas transmisi sesuai dengan situasi. Dengan memahami posisi yang tepat, Anda dapat mengemudi dengan lebih aman dan efisien.

Share This Article