5 Mobil yang Cocok untuk Dijadikan Cumi Darat

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
9 Min Read
5 Mobil yang Cocok untuk Dijadikan Cumi Darat
5 Mobil yang Cocok untuk Dijadikan Cumi Darat

Cumi darat. Istilah yang mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, tapi familiar bagi para penggemar otomotif. Apa sih cumi darat itu? Dan kenapa ada yang suka memodifikasi mobilnya menjadi cumi darat?

Cumi darat adalah sebutan untuk mobil bermesin diesel yang sering mengeluarkan asap hitam pekat dari knalpotnya, mirip dengan tinta cumi-cumi. Asap hitam ini biasanya disengaja oleh pemilik mobil, dengan cara mengatur rasio bahan bakar dan udara yang tidak seimbang, sehingga terjadi pembakaran yang tidak sempurna. Alhasil, sisa pembakaran tersebut dibuang melalui knalpot berupa asap hitam yang mencemari udara.

Lalu, apa alasan di balik modifikasi cumi darat ini? Ada beberapa kemungkinan, antara lain:

  • Ingin tampil beda dan keren di jalan. Bagi sebagian orang, mengeluarkan asap hitam dari knalpot adalah cara untuk menunjukkan kekuatan dan kharisma mobilnya. Mereka merasa bangga dan puas ketika melihat asap hitam yang mengepul dari belakang mobilnya, seolah-olah sedang mengikuti balapan.
  • Ingin menggertak atau mengganggu pengendara lain. Bagi sebagian orang lain, mengeluarkan asap hitam dari knalpot adalah cara untuk mengintimidasi atau mengusir pengendara lain yang mengganggu jalannya. Mereka merasa senang dan puas ketika melihat pengendara lain yang terkejut atau kesal karena terkena asap hitam yang berasal dari mobilnya, seolah-olah sedang melakukan aksi balas dendam.
  • Ingin menghemat biaya perawatan. Bagi sebagian orang lagi, mengeluarkan asap hitam dari knalpot adalah cara untuk mengurangi biaya perawatan mesin diesel. Mereka berpikir bahwa dengan mengatur rasio bahan bakar dan udara yang tidak seimbang, mereka bisa menghemat penggunaan bahan bakar dan mengurangi risiko kerusakan mesin. Padahal, hal ini justru sebaliknya. Mengeluarkan asap hitam dari knalpot justru menandakan bahwa mesin diesel tidak bekerja dengan optimal, dan bisa menyebabkan injektor bahan bakar tersumbat atau aus, yang berakibat pada penurunan performa dan efisiensi mesin.

Nah, setelah mengetahui alasan di balik modifikasi cumi darat ini, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Jika ya, maka Anda perlu tahu dulu mobil apa saja yang cocok untuk dijadikan cumi darat. Berikut adalah lima mobil yang sering dimodifikasi menjadi cumi darat oleh para penggemarnya.

- Advertisement -

1. Toyota Fortuner

Toyota Fortuner adalah salah satu SUV ladder frame yang populer di Indonesia. Mobil ini memiliki desain yang gagah dan tangguh, serta mesin diesel yang bertenaga. Namun, mesin diesel Fortuner hanya memiliki tenaga sekitar 147 Hp, yang masih kalah dengan rivalnya, Mitsubishi Pajero Sport, yang memiliki tenaga sekitar 180 Hp.

Oleh karena itu, banyak pemilik Fortuner yang ingin meningkatkan tenaga mesinnya dengan cara memodifikasinya menjadi cumi darat. Selain itu, Fortuner juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Pajero Sport, yaitu:

  • Fortuner memiliki sistem pendingin mesin yang lebih baik, sehingga tidak mudah overheat ketika mengeluarkan asap hitam.
  • Fortuner memiliki sistem injeksi bahan bakar yang lebih mudah diatur, sehingga bisa menghasilkan asap hitam yang lebih tebal dan pekat.
  • Fortuner memiliki knalpot yang lebih besar, sehingga bisa mengeluarkan asap hitam yang lebih banyak dan kencang.

2. Kijang Innova Diesel

Kijang Innova Diesel adalah salah satu MPV yang populer di Indonesia. Mobil ini memiliki desain yang elegan dan nyaman, serta mesin diesel yang irit dan responsif. Namun, mesin diesel Innova hanya memiliki tenaga sekitar 136 Hp, yang masih kalah dengan rivalnya, Isuzu Panther, yang memiliki tenaga sekitar 144 Hp.

Oleh karena itu, banyak pemilik Innova yang ingin meningkatkan tenaga mesinnya dengan cara memodifikasinya menjadi cumi darat. Selain itu, Innova juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Panther, yaitu:

  • Innova memiliki sistem turbocharger yang lebih baik, sehingga bisa meningkatkan tekanan udara yang masuk ke mesin, dan menghasilkan asap hitam yang lebih banyak.
  • Innova memiliki sistem ECU yang lebih canggih, sehingga bisa mengatur rasio bahan bakar dan udara yang tidak seimbang, dan menghasilkan asap hitam yang lebih pekat.
  • Innova memiliki knalpot yang lebih panjang, sehingga bisa mengeluarkan asap hitam yang lebih kencang.

3. Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport adalah salah satu SUV ladder frame yang populer di Indonesia. Mobil ini memiliki desain yang sporty dan mewah, serta mesin diesel yang kencang dan bertenaga. Mesin diesel Pajero Sport memiliki tenaga sekitar 180 Hp, yang lebih unggul dari rivalnya, Toyota Fortuner, yang memiliki tenaga sekitar 147 Hp.

- Advertisement -

Namun, meskipun sudah memiliki tenaga yang besar, masih ada saja pemilik Pajero Sport yang ingin memodifikasinya menjadi cumi darat. Alasannya, mereka ingin menunjukkan bahwa mesin diesel Pajero Sport bisa mengeluarkan asap hitam yang lebih banyak dan pekat dari Fortuner. Selain itu, Pajero Sport juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Fortuner, yaitu:

  • Pajero Sport memiliki sistem variable geometry turbocharger (VGT), yang bisa mengatur sudut sudu-sudu turbin sesuai dengan kecepatan mesin, dan menghasilkan asap hitam yang lebih banyak.
  • Pajero Sport memiliki sistem common rail direct injection (CRDI), yang bisa mengatur tekanan bahan bakar yang masuk ke mesin, dan menghasilkan asap hitam yang lebih pekat.
  • Pajero Sport memiliki knalpot yang lebih pendek, sehingga bisa mengeluarkan asap hitam yang lebih cepat.

4. Isuzu Panther

Isuzu Panther adalah salah satu MPV yang populer di Indonesia. Mobil ini memiliki desain yang klasik dan sederhana, serta mesin diesel yang bandel dan awet. Mesin diesel Panther memiliki tenaga sekitar 144 Hp, yang lebih unggul dari rivalnya, Kijang Innova, yang memiliki tenaga sekitar 136 Hp.

Namun, meskipun sudah memiliki tenaga yang cukup, masih ada saja pemilik Panther yang ingin memodifikasinya menjadi cumi darat. Alasannya, mereka ingin menunjukkan bahwa mesin diesel Panther bisa mengeluarkan asap hitam yang lebih tebal dan kencang dari Innova. Selain itu, Panther juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Innova, yaitu:

- Advertisement -
  • Panther memiliki sistem turbo intercooler, yang bisa mendinginkan udara yang masuk ke mesin, dan menghasilkan asap hitam yang lebih tebal.
  • Panther memiliki sistem injeksi bahan bakar mekanik, yang bisa mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke mesin, dan menghasilkan asap hitam yang lebih kencang.
  • Panther memiliki knalpot yang lebih lebar, sehingga bisa mengeluarkan asap hitam yang lebih banyak.

5. Ford Ranger

Ford Ranger adalah salah satu mobil pick-up yang cocok untuk dijadikan cumi darat karena beberapa alasan, antara lain:

  • Ford Ranger memiliki mesin diesel common rail, yang mudah untuk dimodifikasi dengan cara mengganti ECU atau piggyback, sehingga bisa mengatur rasio bahan bakar dan udara yang tidak seimbang, dan menghasilkan asap hitam yang pekat.
  • Ford Ranger memiliki sistem turbocharger ganda, yang bisa meningkatkan tekanan udara yang masuk ke mesin, dan menghasilkan asap hitam yang lebih banyak.
  • Ford Ranger memiliki knalpot yang besar dan panjang, yang membuat asap hitam yang keluar lebih terlihat dan mengesankan.
  • Ford Ranger memiliki desain yang modern dan stylish, yang cocok dengan gaya cumi darat yang canggih dan berani.

Namun, perlu diingat bahwa modifikasi cumi darat bukanlah modifikasi yang bijak dan bermanfaat, melainkan modifikasi yang merugikan dan berbahaya. Modifikasi cumi darat bisa merusak mesin mobil, mencemari lingkungan, dan mengganggu kesehatan. Jadi, sebaiknya kita menghindari modifikasi seperti ini dan menjaga kualitas mesin mobil dengan cara yang lebih ramah lingkungan dan efisien.

Share This Article