All New Xenia R: Mengenal Lebih Dekat Mobil yang sedang Viral

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
10 Min Read
All New Xenia R: Mengenal Lebih Dekat Mobil yang sedang Viral
All New Xenia R: Mengenal Lebih Dekat Mobil yang sedang Viral

Mobil keluarga atau MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah salah satu segmen yang paling diminati di Indonesia. Pasalnya, mobil jenis ini bisa menampung banyak penumpang, barang, dan kebutuhan lainnya. Selain itu, mobil keluarga juga identik dengan harga yang terjangkau, sehingga cocok untuk masyarakat menengah ke bawah.

Salah satu pabrikan yang sudah lama bermain di segmen ini adalah Daihatsu. Daihatsu Xenia adalah salah satu produk andalan mereka yang sudah hadir sejak tahun 2003. Mobil ini dikenal sebagai mobil keluarga yang murah, irit, dan bandel. Banyak orang yang memilih Xenia sebagai mobil pertama mereka, atau sebagai mobil tambahan untuk keperluan sehari-hari.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, Daihatsu Xenia juga harus beradaptasi dengan permintaan pasar yang semakin tinggi. Konsumen tidak hanya menginginkan mobil yang murah dan irit, tetapi juga mobil yang nyaman, aman, dan stylish. Oleh karena itu, Daihatsu meluncurkan generasi terbaru dari Xenia, yaitu All New Xenia, pada tahun 2022.

All New Xenia merupakan perubahan besar dari generasi sebelumnya. Mobil ini hadir dengan desain yang lebih modern, fitur yang lebih lengkap, dan mesin yang lebih bertenaga. Daihatsu mengklaim bahwa All New Xenia adalah mobil keluarga yang “The Next Level”, yaitu mobil yang bisa memenuhi semua kebutuhan dan keinginan konsumen.

- Advertisement -

Namun, apakah klaim tersebut benar-benar terbukti? Apakah All New Xenia benar-benar mobil keluarga yang sempurna? Ataukah hanya sekadar gimmick marketing yang tidak sesuai dengan kenyataan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, mari kita ulas lebih dalam tentang All New Xenia, khususnya varian tertingginya, yaitu All New Xenia 1.5 R.

Desain

All New Xenia 1.5 R memiliki desain yang jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Mobil ini tampak lebih sporty, dinamis, dan elegan. Hal ini terlihat dari bentuk lampu depan dan belakang yang lebih tajam, grille yang lebih besar, bumper yang lebih aerodinamis, dan pelek yang lebih besar. Mobil ini juga memiliki lampu LED di depan dan belakang, yang membuatnya terlihat lebih mewah dan canggih.

Selain itu, All New Xenia 1.5 R juga memiliki beberapa aksen krom yang menambah kesan premium, seperti di grille, fog lamp, door handle, dan rear garnish. Mobil ini juga memiliki roof rail yang berguna untuk menambah kapasitas barang, serta spoiler yang membuatnya terlihat lebih sporty. Mobil ini tersedia dalam tujuh pilihan warna, yaitu White Solid, Silver Metallic, Purplish Silver, Gun Metallic, Dark Grey Metallic, Compagno Red, dan Black Metallic.

Secara keseluruhan, All New Xenia 1.5 R memiliki desain yang cukup menarik dan menawan. Mobil ini bisa menarik perhatian orang di jalan, dan membuat pengemudinya merasa bangga. Namun, desain ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti ukuran lampu depan yang terlalu besar, grille yang terlalu lebar, dan pelek yang terlalu kecil. Selain itu, desain ini juga terlihat kurang original, karena banyak meniru desain dari mobil lain, seperti Toyota Avanza, Honda BR-V, dan Suzuki Ertiga.

Interior

All New Xenia 1.5 R memiliki interior yang lebih elegan dan nyaman dari generasi sebelumnya. Mobil ini memiliki dashboard yang lebih rapi dan ergonomis, dengan material yang lebih berkualitas. Mobil ini juga memiliki layar sentuh berukuran 7 inci di tengah, yang bisa terhubung dengan smartphone melalui Bluetooth, USB, atau AUX. Layar ini bisa digunakan untuk mengatur audio, video, navigasi, dan kamera mundur.

- Advertisement -

Selain itu, All New Xenia 1.5 R juga memiliki beberapa fitur canggih yang membuatnya lebih praktis dan modern, seperti tombol Push Start/Stop Engine, Smart Entry System, Steering Switch, dan Auto Retractable Function. Mobil ini juga memiliki AC Double Blower yang bisa mendinginkan kabin dengan cepat dan merata. Mobil ini juga memiliki kursi yang lebih empuk dan luas, dengan sandaran kepala yang bisa disesuaikan. Mobil ini bisa menampung tujuh penumpang dengan nyaman, dengan konfigurasi kursi 2-3-2.

Secara keseluruhan, All New Xenia 1.5 R memiliki interior yang cukup nyaman dan canggih. Mobil ini bisa membuat pengemudi dan penumpang merasa betah di dalamnya, dan menikmati perjalanan dengan santai. Namun, interior ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti material yang masih banyak menggunakan plastik keras, layar sentuh yang kurang responsif dan beresolusi rendah, dan ruang kaki yang kurang lega di baris ketiga. Selain itu, interior ini juga terlihat kurang stylish, karena banyak menggunakan warna hitam dan abu-abu yang monoton.

Performa

All New Xenia 1.5 R memiliki performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Mobil ini menggunakan mesin Dual VVT-i berkapasitas 1.5 liter, yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 103 PS dan torsi maksimal 136 Nm. Mesin ini bisa dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan atau CVT (Continuously Variable Transmission). Mobil ini juga memiliki suspensi MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di belakang, yang bisa menyerap guncangan dengan baik.

- Advertisement -

Selain itu, All New Xenia 1.5 R juga memiliki beberapa fitur yang membuatnya lebih aman dan stabil, seperti Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan Dual SRS Airbag. Mobil ini juga memiliki ground clearance yang tinggi, yaitu 200 mm, yang bisa melewati berbagai medan dengan mudah. Mobil ini juga memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup irit, yaitu sekitar 12-14 km/liter.

Secara keseluruhan, All New Xenia 1.5 R memiliki performa yang cukup baik dan handal. Mobil ini bisa melaju dengan lancar dan responsif, serta bisa mengatasi berbagai tantangan di jalan. Namun, performa ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti suara mesin yang berisik, transmisi CVT yang kurang halus, dan rem yang kurang pakem. Selain itu, performa ini juga terlihat kurang bertenaga, karena masih kalah dengan beberapa kompetitor, seperti Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, dan Wuling Confero.

Harga

All New Xenia 1.5 R memiliki harga yang lebih mahal dari generasi sebelumnya. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 224.450.000 untuk varian manual, dan Rp 238.750.000 untuk varian CVT. Harga ini tentu saja tidak murah, apalagi jika dibandingkan dengan harga Xenia generasi sebelumnya, yang berkisar antara Rp 150-200 jutaan. Harga ini juga tidak jauh berbeda dengan harga beberapa kompetitor, yang menawarkan fitur dan performa yang lebih baik.

Harga All New Xenia 1.5 R ini tentu saja bisa dimaklumi, mengingat banyaknya perubahan dan peningkatan yang dilakukan oleh Daihatsu. Namun, harga ini juga bisa menjadi kendala bagi sebagian konsumen, yang mungkin masih menganggap Xenia sebagai mobil keluarga yang murah. Harga ini juga bisa menjadi bumerang bagi Daihatsu, yang mungkin kehilangan pangsa pasar yang sudah lama setia dengan Xenia.

All New Xenia R adalah varian tertinggi dari mobil keluarga Daihatsu yang diluncurkan pada tahun 2022. Mobil ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, seperti berikut:

Kelebihan:

  • Desain yang lebih modern, sporty, dan elegan, dengan lampu LED, aksen krom, dan roof rail.
  • Interior yang lebih nyaman dan canggih, dengan layar sentuh 7 inci, tombol Push Start/Stop Engine, Smart Entry System, Steering Switch, dan Auto Retractable Function.
  • Performa yang lebih baik, dengan mesin Dual VVT-i 1.5 liter, transmisi manual 5-percepatan atau CVT, suspensi MacPherson Strut dan Torsion Beam, dan fitur ABS, EBD, VSC, HSA, dan Dual SRS Airbag.
  • Konsumsi bahan bakar yang cukup irit, sekitar 12-14 km/liter.

Kekurangan:

  • Harga yang lebih mahal, mulai dari Rp 224.450.000 untuk varian manual, dan Rp 238.750.000 untuk varian CVT³, yang bisa menjadi kendala bagi sebagian konsumen yang menganggap Xenia sebagai mobil keluarga yang murah.
  • Desain yang kurang original, karena banyak meniru desain dari mobil lain, seperti Toyota Avanza, Honda BR-V, dan Suzuki Ertiga.
  • Interior yang kurang stylish, karena banyak menggunakan warna hitam dan abu-abu yang monoton, dan material yang masih banyak menggunakan plastik keras.
  • Suara mesin yang berisik, transmisi CVT yang kurang halus, rem yang kurang pakem, dan performa yang kurang bertenaga, jika dibandingkan dengan beberapa kompetitor.
  • Ground clearance yang hanya 195 mm, kualitas buatan yang seharusnya bisa lebih baik lagi, dan head unit yang kerap bermasalah pada sambungan bluetooth.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan All New Xenia R. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Share This Article