Apa Benar Air Cucian Beras Bisa Memutihkan Kulit Wajah? Simak Faktanya!

tartila By tartila
3 Min Read
person holding white powder on brown wooden table

Air cucian beras telah lama digunakan dalam perawatan kulit di berbagai belahan dunia. Namun, apakah benar bahwa air cucian beras bisa memutihkan kulit wajah? Mari kita telusuri fakta-faktanya.

Manfaat Air Cucian Beras untuk Kulit

Air cucian beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Selain itu, air beras juga mengandung vitamin E yang diyakini mampu memudarkan pigmentasi pada kulit. Berikut ini adalah beberapa manfaat air beras untuk kulit:

  1. Mencerahkan Kulit: Mencuci wajah menggunakan air beras diketahui mampu mencerahkan kulit. Hal ini karena kandungan gamma-oyzanol pada air beras dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah.
  2. Menghilangkan Bintik Hitam: Selain mencerahkan kulit, air beras juga bisa digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah.
  3. Mencegah Penuaan Dini: Mencuci wajah menggunakan air beras diyakini dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.
  4. Mengatasi Jerawat: Pati yang terdapat dalam air beras diyakini mampu mengatasi jerawat.

Cara Menyiapkan Air Beras untuk Wajah

Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan air beras yang bisa digunakan dalam perawatan wajah. Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa Anda coba:

  1. Merendam Beras: Ambil ½ cangkir beras. Cuci hingga bersih. Masukkan beras ke dalam mangkuk dan tambahkan 2-3 gelas air. Diamkan selama 30 menit. Saring air beras ke dalam mangkuk bersih.
  2. Proses Fermentasi: Untuk mendapatkan fermentasi air beras, lakukan 3 langkah awal di bagian merendam air beras. Selanjutnya, rendam beras selama dua hari di tempat yang sejuk. Setelah itu, saring dan tampung air beras ke dalam mangkuk bersih.
  3. Memasak Beras: Anda juga bisa mendapatkan air beras untuk perawatan wajah dengan memasak beras.

Meskipun air cucian beras memiliki banyak manfaat untuk kulit, Anda tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya, terlebih bila kulit Anda sensitif. Selalu lakukan tes patch sebelum menggunakan produk baru pada kulit Anda. Jika Anda mengalami reaksi alergi atau iritasi, hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter kulit Anda.

- Advertisement -

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa air cucian beras memang memiliki potensi untuk mencerahkan kulit wajah. Namun, efektivitasnya mungkin berbeda-beda pada setiap individu dan memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat ini.

Share This Article