Apa Itu Bisnis?

zajpreneur By zajpreneur
8 Min Read
Apa Itu Bisnis?
Apa Itu Bisnis?

jlk – Bisnis. Kata yang sering kita dengar, baca, dan ucapkan. Kata yang menjadi impian, harapan, dan cita-cita banyak orang.

Kata yang menjadi sumber kebahagiaan, kesedihan, dan kegilaan. Tapi, apa sebenarnya bisnis itu? Apakah bisnis itu hanya sekadar kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa?

Apakah bisnis itu hanya tentang mencari laba dan keuntungan? Apakah bisnis itu hanya untuk orang-orang tertentu yang punya modal, bakat, dan keberanian? Atau, apakah bisnis itu lebih dari itu semua?

Pengertian Bisnis

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bisnis adalah kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa.

- Advertisement -

Menurut Wikipedia, bisnis adalah kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba.

Menurut Merriam Webster, bisnis adalah aktivitas yang melibatkan pembuatan, pembelian, atau penjualan barang dan jasa yang kemudian ditukarkan dengan uang atau aktivitas lainnya.

Menurut Steinford, bisnis adalah lembaga yang memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

Dari berbagai definisi di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa bisnis adalah suatu proses yang melibatkan berbagai pihak, baik individu maupun organisasi, yang saling berinteraksi untuk menciptakan, menawarkan, dan menukar nilai.

Nilai yang dimaksud bisa berupa barang, jasa, uang, informasi, atau apapun yang dianggap bermanfaat oleh para pelaku bisnis.

- Advertisement -

Tujuan utama dari bisnis adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, sekaligus mencari laba atau keuntungan bagi pemilik bisnis. Masih ingin lanjut kisanak…..?

Tujuan dan Fungsi Bisnis

Share This Article