Cara Meningkatkan Passive Income di Tahun 2024 : Kalian Wajib Tau !

Firman Yudha Pragusti By Firman Yudha Pragusti
3 Min Read
a person stacking coins on top of a table

Passive income, atau pendapatan pasif, adalah jenis pendapatan yang diperoleh tanpa harus bekerja secara aktif. Ini berarti Anda masih bisa mendapatkan penghasilan meski tidak secara langsung terlibat dalam suatu pekerjaan atau bisnis. Beberapa contoh passive income antara lain pendapatan dari sewa properti, dividen dari investasi, atau royalti dari hak cipta. Intinya, passive income memungkinkan Anda untuk mendapatkan penghasilan dengan usaha yang minimal setelah setup awal.

Dengan kata lain, penghasilan ini tidak memerlukan adanya keterlibatan aktif dari seseorang. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan passive income di tahun 2024.

Menyewakan Properti

Menyewakan seluruh rumah atau sebagian properti yang dimiliki bisa menjadi sumber passive income. Anda bisa menyewakan rumah, apartemen, atau bahkan kamar kosong di rumah Anda. Pendapatan dari sewa ini akan terus mengalir ke dompet Anda tanpa butuh banyak effort.

Berinvestasi dalam Bisnis

Berinvestasi dalam sebuah bisnis juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan passive income. Anda bisa berinvestasi di platform crowdfunding seperti Bizhare. Nantinya, Anda bisa memilih aneka jenis bisnis yang tersedia di sini³.

- Advertisement -

Membuat Konten di YouTube

Membuat dan memasang konten di YouTube juga bisa menjadi sumber passive income. Anda bisa membuat video tutorial, review produk, atau konten lain yang menarik bagi penonton. Pendapatan bisa diperoleh dari iklan yang ditampilkan di video Anda.

Menyewakan Kendaraan

Jika Anda memiliki kendaraan yang tidak terpakai, Anda bisa menyewakannya. Ini bisa menjadi sumber pendapatan tambahan yang cukup menjanjikan.

Dropship Otomatis

Dropship otomatis adalah model bisnis di mana Anda menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan. Anda tidak perlu menyimpan stok barang, karena pengiriman barang akan ditangani oleh pihak ketiga.

Memiliki Lisensi Musik

Jika Anda seorang musisi atau pencipta lagu, Anda bisa mendapatkan passive income dari royalti musik. Setiap kali lagu Anda diputar di radio, televisi, atau platform streaming musik, Anda akan mendapatkan royalti.

Manajemen Media Sosial Otomatis

Manajemen media sosial otomatis yang didukung AI bisa menjadi sumber passive income. Anda bisa membuat bot atau aplikasi yang otomatis memposting konten di media sosial dan mendapatkan pendapatan dari iklan atau sponsor.

- Advertisement -

Meningkatkan passive income memang membutuhkan usaha dan kerja keras di awal. Namun, setelah sumber penghasilan tersebut stabil, Anda bisa menikmati pendapatan yang terus mengalir tanpa harus bekerja keras setiap hari. Jadi, mulailah sekarang dan nikmati hasilnya di masa depan.

Share This Article