Cara Merawat Velg Mobil yang Benar dan Mengapa Anda Harus Melakukannya

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
8 Min Read
Cara Merawat Velg Mobil yang Benar dan Mengapa Anda Harus Melakukannya
Cara Merawat Velg Mobil yang Benar dan Mengapa Anda Harus Melakukannya

Velg mobil adalah salah satu komponen yang sering diabaikan oleh para pemilik mobil. Padahal, velg mobil memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai rumah bagi ban yang menopang dan menjalankan mobil. Selain itu, velg mobil juga berpengaruh pada tampilan dan estetika mobil Anda. Jadi, jangan heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan uang banyak untuk memodifikasi velg mobil mereka agar terlihat lebih keren dan menarik.

Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara merawat velg mobil yang benar? Apakah Anda cukup mencucinya dengan sabun dan air seperti biasa? Apakah Anda tidak khawatir jika velg mobil Anda rusak karena terkena benda tajam, polusi, atau karat? Apakah Anda tidak peduli jika velg mobil Anda kusam, baret, atau bahkan pecah?

Jika Anda menjawab ya untuk pertanyaan-pertanyaan di atas, maka Anda perlu membaca artikel ini sampai habis. Karena di sini, saya akan memberikan beberapa tips cara merawat velg mobil yang benar dan mengapa Anda harus melakukannya. Percayalah, dengan merawat velg mobil Anda dengan baik, Anda tidak hanya akan mendapatkan mobil yang lebih cantik, tetapi juga lebih aman, nyaman, dan hemat biaya.

Tips Cara Merawat Velg Mobil yang Benar

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat velg mobil Anda, antara lain:

- Advertisement -
  • Membersihkan velg mobil secara rutin. Velg mobil yang kotor akan lebih mudah terkena karat, korosi, atau jamur. Kotoran yang menempel pada velg mobil juga bisa berasal dari debu, lumpur, aspal, oli, atau rem. Jika dibiarkan terlalu lama, kotoran ini akan sulit dibersihkan dan bisa merusak cat atau lapisan pelindung velg mobil Anda. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan velg mobil Anda secara rutin, setidaknya seminggu sekali atau setiap kali mobil Anda terkena hujan atau genangan air.
  • Menggunakan cairan khusus velg mobil. Jangan sekali-kali Anda membersihkan velg mobil Anda dengan sabun atau detergen biasa yang Anda gunakan untuk mencuci body mobil. Sabun atau detergen biasa bisa mengandung bahan kimia yang keras dan bisa merusak cat atau lapisan pelindung velg mobil Anda. Anda harus menggunakan cairan khusus velg mobil yang bisa Anda beli di toko-toko aksesoris mobil atau online. Cairan khusus velg mobil ini biasanya mengandung bahan-bahan yang aman dan efektif untuk membersihkan kotoran yang membandel pada velg mobil Anda.
  • Menggunakan alat-alat yang tepat. Selain cairan khusus velg mobil, Anda juga harus menggunakan alat-alat yang tepat untuk membersihkan velg mobil Anda. Anda bisa menggunakan semprotan air bertekanan tinggi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada celah-celah velg mobil Anda. Anda juga bisa menggunakan sikat halus atau kuas untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti palang atau motif velg mobil Anda. Jangan menggunakan sikat kasar atau kawat yang bisa menggores atau merusak velg mobil Anda. Setelah membersihkan velg mobil Anda dengan air dan cairan khusus, Anda harus mengeringkannya dengan kanebo atau lap bersih yang bisa menyerap air dengan baik.
  • Menghilangkan baret atau goresan. Jika velg mobil Anda terkena baret atau goresan akibat terbentur benda tajam atau menyenggol trotoar, Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan kompon. Kompon adalah semacam pasta yang bisa menghilangkan baret atau goresan pada permukaan velg mobil Anda. Caranya, Anda tinggal mengoleskan sedikit kompon pada bagian velg mobil yang baret atau goresan, lalu menggosoknya dengan lap kering hingga baret atau goresan menghilang. Ulangi proses ini sampai velg mobil Anda kembali mengkilap.
  • Melindungi velg mobil dengan wax. Setelah velg mobil Anda bersih dan bebas dari baret atau goresan, Anda bisa melindunginya dengan wax. Wax adalah semacam lilin yang bisa memberikan lapisan pelindung pada permukaan velg mobil Anda. Wax bisa mencegah velg mobil Anda terkena karat, korosi, atau jamur. Wax juga bisa membuat velg mobil Anda lebih mengkilap dan tahan lama. Caranya, Anda tinggal mengoleskan wax pada seluruh permukaan velg mobil Anda, lalu menggosoknya dengan lap bersih hingga rata. Anda bisa menggunakan wax khusus velg mobil yang bisa Anda beli di toko-toko aksesoris mobil atau online.
  • Menghindari jalanan yang rusak. Salah satu penyebab utama kerusakan velg mobil adalah melewati jalanan yang rusak atau berlubang. Jalanan yang rusak atau berlubang bisa membuat velg mobil Anda terbentur dengan keras dan menyebabkan penyok, retak, atau bahkan pecah. Jika velg mobil Anda penyok, retak, atau pecah, Anda harus segera menggantinya dengan yang baru, karena bisa berbahaya bagi keselamatan berkendara Anda. Oleh karena itu, Anda harus menghindari jalanan yang rusak atau berlubang sebisa mungkin. Jika terpaksa harus melewatinya, Anda harus melambatkan laju mobil Anda dan berhati-hati.
  • Menjaga tekanan angin ban yang sesuai. Tekanan angin ban yang tidak sesuai bisa berpengaruh pada kinerja dan keawetan velg mobil Anda. Jika tekanan angin ban terlalu rendah, velg mobil Anda akan lebih mudah terbentur dan terkena gesekan dengan aspal. Jika tekanan angin ban terlalu tinggi, velg mobil Anda akan lebih mudah retak atau pecah akibat benturan yang keras. Oleh karena itu, Anda harus menjaga tekanan angin ban yang sesuai dengan yang dianjurkan oleh produsen mobil atau ban Anda. Anda bisa mengecek tekanan angin ban Anda secara rutin dengan menggunakan alat pengukur tekanan angin yang bisa Anda beli di toko-toko aksesoris mobil atau online.
  • Tidak membawa beban yang berlebihan. Beban yang berlebihan juga bisa merusak velg mobil Anda. Beban yang berlebihan bisa membuat velg mobil Anda menahan tekanan yang lebih besar dan menyebabkan deformasi atau keretakan. Beban yang berlebihan juga bisa membuat mobil Anda lebih sulit dikendalikan dan meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, Anda harus tidak membawa beban yang berlebihan saat berkendara. Anda harus menyesuaikan beban yang Anda bawa dengan kapasitas yang ditentukan oleh produsen mobil Anda.
  • Melakukan perawatan rutin. Selain melakukan tips-tips di atas, Anda juga harus melakukan perawatan rutin pada velg mobil Anda. Perawatan rutin yang dimaksud adalah melakukan pemeriksaan kondisi velg mobil Anda secara berkala, apakah ada kerusakan, keretakan, atau keausan yang perlu diperbaiki atau diganti. Anda juga harus melakukan spooring dan balancing secara berkala, yaitu menyetel keseimbangan dan keselarasan roda mobil Anda. Spooring dan balancing bisa membuat velg mobil Anda lebih awet dan mengurangi gesekan dengan ban. Anda bisa melakukan spooring dan balancing di bengkel-bengkel resmi atau terpercaya.
Share This Article