Daftar Merk Velg Mobil Terbaik di Indonesia: Wajib Tau!

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
11 Min Read
Daftar Merk Velg Mobil Terbaik di Indonesia: Wajib Tau!
Daftar Merk Velg Mobil Terbaik di Indonesia: Wajib Tau!

Velg mobil, bagi sebagian orang, mungkin hanya sekadar alat untuk menempelkan ban ke as roda. Tapi, bagi sebagian lain, velg mobil adalah salah satu elemen penting yang menentukan gaya, performa, dan kenyamanan berkendara. Makanya, tidak heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli velg mobil yang berkualitas, bahkan branded.

Tapi, apa sih yang membuat velg mobil branded itu lebih baik daripada velg mobil biasa? Apa saja merk velg mobil terbaik yang ada di Indonesia? Dan mengapa kita harus memilih velg mobil branded daripada velg mobil abal-abal? Nah, di artikel ini, kita akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan gaya santai, lugas, sederhana, sarkastik, mengandung humor sindiran klakar, cerdas, dan logis dengan contoh. Yuk, simak!

Apa itu Velg Mobil Branded?

Velg mobil branded adalah velg mobil yang diproduksi oleh produsen yang sudah memiliki nama besar, reputasi, dan pengalaman di bidang otomotif. Biasanya, velg mobil branded memiliki desain yang unik, kualitas yang tinggi, dan harga yang mahal. Velg mobil branded juga sering digunakan oleh mobil-mobil mewah, sport, atau balap.

Velg mobil branded berbeda dengan velg mobil biasa, yang bisa diproduksi oleh siapa saja, tanpa standar kualitas yang jelas, dan dijual dengan harga murah. Velg mobil biasa sering meniru desain velg mobil branded, tapi dengan kualitas yang jauh lebih rendah. Velg mobil biasa juga rentan rusak, patah, atau bengkok, yang bisa membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang.

- Advertisement -

Siapa Saja Merk Velg Mobil Terbaik di Indonesia?

Di Indonesia, ada banyak merk velg mobil yang bisa kita temukan di pasaran. Namun, tidak semua merk velg mobil itu bisa dikatakan sebagai merk velg mobil terbaik. berikut adalah beberapa merk velg mobil terbaik yang ada di Indonesia:

  • HSR Wheel. Merk velg mobil ini adalah brand asli Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2013. HSR Wheel memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan para pecinta mobil yang gemar modifikasi dan menginginkan velg berkualitas dengan harga terbaik. HSR Wheel juga sudah diakui kualitasnya oleh Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Badan Standarisasi Nasional (BSN). HSR Wheel hadir dengan variasi desain dan model yang terus mengikuti perkembangan zaman. Tersedia juga varian ukuran velg ring 14 sampai ring 20. Untuk desain yang dijamin original, kamu bisa memilih seri Myth dari HSR Wheel. Harga satu set velg HSR Wheel mulai dari Rp 4.200.000.
  • BBS. Merk velg mobil ini berasal dari Jerman, yang merupakan singkatan dari Heinrich Baumgartner and Klaus Brand, sang penemu velg ini. BBS sudah berdiri sejak tahun 1970 dan terkenal sebagai produsen velg mobil sport dan balap. BBS juga merupakan salah satu pemasok velg mobil untuk tim Formula 1. BBS memiliki beberapa seri velg mobil, seperti BBS CHR, BBS F1, dan BBS LM. Di Indonesia, ukuran velg BBS yang banyak tersedia adalah ukuran 15, 16, 17, dan 19 inci. Velg BBS cocok untuk kamu yang suka dengan aliran Hellaflush, karena velg BBS memiliki motif yang lebih rapat dan sela-sela yang lebih kecil. Harga second velg BBS mulai dari Rp 17.000.000.
  • Konig. Merk velg mobil ini juga berasal dari Jerman, yang sudah berdiri sejak tahun 1983. Konig populer di pasaran Asia dan Eropa, terutama bagi para penggemar aliran JDM, Street Racing, dan Racing Look. Salah satu tipe velg Konig yang lumayan terkenal adalah velg Konig Ampliform. Velg Konig Ampliform ini merupakan velg racing import terbaik dari Amerika dan sekarang juga sudah diproduksi di China. Velg Konig Ampliform ini tersedia mulai dari ukuran ring 15 sampai ring 22 dengan harga yang relatif murah untuk sekelas velg import pada umumnya.
  • Enkei. Merk velg mobil ini berasal dari Jepang, yang sudah berdiri sejak tahun 1950. Enkei adalah salah satu produsen velg mobil terbesar di dunia, yang juga memasok velg mobil untuk tim Formula 1, WRC, dan Super GT. Enkei memiliki beberapa seri velg mobil, seperti Enkei RPF1, Enkei RS05RR, dan Enkei Tarmac. Di Indonesia, ukuran velg Enkei yang banyak tersedia adalah ukuran 15, 16, 17, dan 18 inci. Velg Enkei cocok untuk kamu yang suka dengan aliran JDM, karena velg Enkei memiliki desain yang simpel, ringan, dan kuat. Harga second velg Enkei mulai dari Rp 10.000.000.
  • Rojam. Merk velg mobil ini juga berasal dari Jepang, yang sudah berdiri sejak tahun 1995. Rojam adalah salah satu produsen velg mobil yang fokus pada desain dan kualitas. Rojam memiliki beberapa seri velg mobil, seperti Rojam GTR, Rojam R2, dan Rojam RS. Di Indonesia, ukuran velg Rojam yang banyak tersedia adalah ukuran 17, 18, dan 19 inci. Velg Rojam cocok untuk kamu yang suka dengan aliran VIP, karena velg Rojam memiliki desain yang mewah, elegan, dan berkelas. Harga second velg Rojam mulai dari Rp 15.000.000.

Selain merk-merk velg mobil di atas, masih ada beberapa merk velg mobil terbaik lainnya yang ada di Indonesia, seperti OZ Racing, KMC, Vossen, Borbet, dan Auto Speed. Namun, karena keterbatasan ruang dan waktu, saya tidak bisa membahasnya satu per satu di artikel ini. Jika kamu penasaran, kamu bisa mencari informasi lebih lanjut di internet atau di toko-toko velg mobil terdekat.

Mengapa Kita Harus Memilih Velg Mobil Branded?

Setelah mengetahui apa dan siapa saja merk velg mobil terbaik yang ada di Indonesia, pertanyaan selanjutnya adalah mengapa kita harus memilih velg mobil branded daripada velg mobil abal-abal? Apa saja keuntungan dan kerugian dari masing-masing pilihan?

Sebenarnya, tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini, karena setiap orang memiliki preferensi, kebutuhan, dan anggaran yang berbeda-beda. Namun, secara umum, ada beberapa alasan mengapa velg mobil branded lebih baik daripada velg mobil abal-abal, yaitu:

  • Desain. Velg mobil branded memiliki desain yang unik, original, dan menarik. Velg mobil branded juga memiliki variasi desain yang lebih banyak dan up to date. Velg mobil branded bisa membuat tampilan mobil kita lebih keren, beda, dan sesuai dengan karakter kita. Velg mobil abal-abal, sebaliknya, memiliki desain yang monoton, meniru, dan membosankan. Velg mobil abal-abal juga memiliki variasi desain yang lebih sedikit dan ketinggalan zaman. Velg mobil abal-abal bisa membuat tampilan mobil kita lebih jelek, sama, dan tidak sesuai dengan karakter kita.
  • Kualitas. Velg mobil branded memiliki kualitas yang tinggi, baik dari segi bahan, proses, maupun hasil. Velg mobil branded dibuat dari bahan yang berkualitas, seperti aluminium, magnesium, atau titanium, yang ringan, kuat, dan tahan karat. Velg mobil branded juga dibuat dengan proses yang canggih, seperti forging, casting, atau flow forming, yang menghasilkan velg yang presisi, padat, dan rata. Velg mobil branded juga memiliki hasil yang bagus, seperti finishing, coating, atau painting, yang membuat velg lebih awet, bersih, dan indah. Velg mobil abal-abal, sebaliknya, memiliki kualitas yang rendah, baik dari segi bahan, proses, maupun hasil. Velg mobil abal-abal dibuat dari bahan yang murahan, seperti besi, plastik, atau kayu, yang berat, lemah, dan mudah karat. Velg mobil abal-abal juga dibuat dengan proses yang asal-asalan, seperti las, tempel, atau cat, yang menghasilkan velg yang tidak presisi, rapuh, dan tidak rata. Velg mobil abal-abal juga memiliki hasil yang buruk, seperti retak, lecet, atau pudar, yang membuat velg cepat rusak, kotor, dan jelek.
  • Keamanan. Velg mobil branded memiliki keamanan yang tinggi, karena sudah memenuhi standar yang ditetapkan oleh pabrikan atau lembaga terkait. Velg mobil branded juga sudah diuji dan disertifikasi oleh berbagai pihak yang kompeten, seperti SNI, TUV, JWL, atau VIA. Velg mobil branded juga sudah terbukti digunakan oleh mobil-mobil mewah, sport, atau balap, yang membutuhkan performa dan keamanan yang optimal. Velg mobil branded juga memiliki fitur-fitur yang mendukung keamanan, seperti lug nut, lug bolt, spline drive, atau locking lug nut, yang membuat velg lebih kuat, stabil, dan anti maling. Velg mobil abal-abal, sebaliknya, memiliki keamanan yang rendah, karena tidak memenuhi standar yang ditetapkan oleh pabrikan atau lembaga terkait. Velg mobil abal-abal juga tidak diuji dan disertifikasi oleh berbagai pihak yang kompeten, sehingga kualitas dan keamanannya tidak terjamin. Velg mobil abal-abal juga tidak terbukti digunakan oleh mobil-mobil mewah, sport, atau balap, yang membutuhkan performa dan keamanan yang optimal. Velg mobil abal-abal juga tidak memiliki fitur-fitur yang mendukung keamanan, sehingga velg lebih mudah lepas, bergoyang, atau dicuri.

Demikianlah beberapa alasan mengapa kita harus memilih velg mobil branded daripada velg mobil abal-abal. Tentu saja, pilihan velg mobil tergantung pada preferensi, kebutuhan, dan anggaran masing-masing orang.

- Advertisement -
Share This Article