Game Pertama di Dunia, Apakah Kamu Tahu?

Noer Huda By Noer Huda
2 Min Read
two people playing Sony PS4 game console

jlk – Hey, Sobat Gamer! Udah pada tahu belum sejarah game dimulai dari mana? Jadi, ceritanya, duluuuu banget, pas zaman perang dunia kedua, ada seorang ilmuwan keren bernama Edward U. Condon.

Nah, si Edward ini punya ide cemerlang buat bikin komputer yang bisa main game! Bener-bener bikin kita kagum sama kreativitasnya.

Nah, game pertama yang berhasil dimainkan oleh komputer itu adalah game Nim. Nim sendiri itu sejenis permainan tradisional yang melibatkan batang-batang kecil. Jadi, pokoknya, si komputer ini berhasil ngalahin banyak pemain manusia, loh! Keren, kan?

Trus, nggak lama setelah itu, ada profesor dari Inggris yang namanya A.S. Douglas. Dia bikin game OXO, yang bentuknya mirip banget sama tictactoe yang kita kenal sekarang.

- Advertisement -

Asiknya, game ini juga jadi bagian dari penelitiannya di University of Cambridge, lho! Jadi, bisa dibilang, game ini juga membuktikan bahwa komputer bisa interaktif sama manusia.

Eh, ada lagi nih, game Tennis for Two! Game ini dibuat oleh William Highbotham pada tahun 1957, dan seru banget, deh!

Jadi, kita bisa main tenis sederhana pake layar osiloskop. Game ini jadi favorit banget di kalangan pengunjung Brookhaven National Laboratory di New York, lho! Seru, kan?

Tapi, yang paling legendaris pastinya adalah Spacewar! Game ini dibuat oleh sekelompok mahasiswa dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1960-an.

Jadi, ceritanya, game ini terinspirasi dari novel fiksi ilmiah tentang perjalanan luar angkasa. Di game ini, kita bisa ngerasain duel seru antara dua pesawat luar angkasa. Asik banget, kan?

- Advertisement -

Dari game-game klasik yang seru-seru itu, akhirnya game berkembang jadi industri yang besar banget, Sobat Gamer!

Sekarang, nggak cuma jadi hiburan aja, tapi game juga jadi sumber pendapatan yang gede banget buat para pengembang, pemain, sampe konten kreatornya.

Share This Article