Honda HRV: Mobil Crossover yang Canggih, Tapi Mahal

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
8 Min Read
Honda HRV: Mobil Crossover yang Canggih, Tapi Mahal
Honda HRV: Mobil Crossover yang Canggih, Tapi Mahal

Honda HRV. Mobil yang membuat kita bertanya-tanya, “Apakah saya benar-benar membutuhkan semua fitur ini, atau apakah saya hanya terpikat oleh kilauan teknologi canggih dan harga yang membuat dompet saya menjerit?” Mari kita selami lebih dalam.

Honda HRV adalah salah satu mobil crossover yang paling populer di Indonesia. Mobil ini menawarkan desain yang modern, fitur yang lengkap, dan performa yang menggiurkan. Tapi, apakah mobil ini benar-benar sebanding dengan harganya yang mencapai setengah miliar rupiah?

Desain yang Modern dan Enak Dilihat

Honda HRV memiliki desain yang modern dan enak dilihat, khas crossover zaman sekarang. Mobil ini memiliki grille yang tebal, lampu depan yang menggunakan LED, dan bumper yang sporty. Mobil ini juga memiliki dimensi yang ideal untuk sebuah crossover, yaitu panjang 4385 mm, lebar 1790 mm, dan tinggi 1590 mm. Mobil ini juga memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 180 mm, sehingga bisa melewati berbagai medan jalan.

Mobil ini tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Passion Red Pearl, dan Platinum White Pearl. Mobil ini juga memiliki beberapa varian, yaitu S, E, SE, dan Turbo RS. Varian Turbo RS adalah varian tertinggi yang memiliki desain yang paling sporty, dengan spoiler belakang, velg berukuran 18 inci, dan emblem RS.

- Advertisement -

Fitur yang Lengkap dan Canggih

Honda HRV menawarkan fitur yang lengkap dan canggih, bahkan pada varian termurah (S). Mobil ini dilengkapi dengan fitur keselamatan, kenyamanan, hiburan, dan keamanan yang memadai. Berikut adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh Honda HRV:

  • Fitur keselamatan: Mobil ini memiliki fitur keselamatan yang standar, seperti dual SRS airbag, ABS, EBD, BA, VSA, HSA, ESS, dan ISOFIX. Mobil ini juga memiliki fitur keselamatan yang canggih, seperti adaptive cruise control, lane keeping assist system, collision mitigation braking system, dan road departure mitigation system. Fitur-fitur canggih ini hanya tersedia pada varian Turbo RS.
  • Fitur kenyamanan: Mobil ini memiliki fitur kenyamanan yang membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman, seperti AC, automatic climate control, pemanas, power outlet, engine start stop button, arm rest, bottle holder, cup holder, keyless entry, power window, lampu baca, vanity mirror, dan automatic head lamps. Mobil ini juga memiliki fitur kenyamanan yang mewah, seperti wireless charger, ventilated rear seats, dan panoramic sunroof. Fitur-fitur mewah ini hanya tersedia pada varian Turbo RS.
  • Fitur hiburan: Mobil ini memiliki fitur hiburan yang membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan, seperti radio AM/FM, speaker depan dan belakang, sambungan Bluetooth, soket USB, dan head unit 8 inci. Mobil ini juga memiliki fitur hiburan yang premium, seperti Apple CarPlay, Android Auto, dan navigation system. Fitur-fitur premium ini hanya tersedia pada varian Turbo RS.
  • Fitur keamanan: Mobil ini memiliki fitur keamanan yang menjaga mobil dari pencurian, seperti central locking, engine immobilizer, alarm system, dan smart key. Mobil ini juga memiliki fitur keamanan yang canggih, seperti multi-angle rearview camera, blind spot information system, dan cross traffic monitor. Fitur-fitur canggih ini hanya tersedia pada varian Turbo RS.

Performa yang Menggiurkan, Tapi Boros Bahan Bakar

Honda HRV memiliki performa yang menggiurkan, terutama pada varian Turbo RS. Mobil ini memiliki dua pilihan mesin, yaitu mesin 1.5 L dan mesin 1.8 L. Mesin 1.5 L memiliki tenaga 119 hp dan torsi 145 Nm, sedangkan mesin 1.8 L memiliki tenaga 139 hp dan torsi 169 Nm. Mesin 1.5 L juga memiliki varian turbo, yang memiliki tenaga 175 hp dan torsi 240 Nm. Mesin turbo ini hanya tersedia pada varian Turbo RS.

Mobil ini memiliki transmisi CVT yang membuat perpindahan gigi menjadi halus dan responsif. Mobil ini juga memiliki mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan, yaitu normal, sport, dan eco. Mode normal adalah mode standar yang memberikan keseimbangan antara performa dan efisiensi. Mode sport adalah mode yang meningkatkan performa dan responsivitas. Mode eco adalah mode yang mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi.

Namun, performa yang menggiurkan ini juga memiliki konsekuensi, yaitu boros bahan bakar. Mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup tinggi, yaitu sekitar 10-12 km/liter. Mobil ini juga menggunakan bahan bakar yang berkualitas tinggi, yaitu pertamax turbo. Bahan bakar ini memiliki harga yang lebih mahal daripada bahan bakar biasa, yaitu sekitar Rp 10.000/liter.

Harga yang Mahal, Tapi Sesuai dengan Kualitas

Honda HRV memiliki harga yang mahal, terutama pada varian Turbo RS. Mobil ini memiliki rentang harga yang cukup tinggi, yaitu antara Rp 375,9 juta hingga Rp 540,3 juta. Harga ini tentu saja tidak terjangkau oleh semua orang. Namun, harga ini juga sesuai dengan kualitas yang ditawarkan oleh mobil ini.

- Advertisement -

Berikut ini adalah daftar harga OTR (On The Road) untuk beberapa varian Honda HRV 2024 di Indonesia:

– 1.5L S CVT: Rp 383,9 Juta

– 1.5L E CVT: Rp 404,2 Juta

- Advertisement -

– 1.5L SE CVT: Rp 424,6 Juta

– 1.5L Turbo RS: Rp 540,3 Juta

Mobil ini memiliki kualitas yang baik, baik dari segi desain, fitur, maupun performa. Mobil ini juga memiliki kepraktisan kabin yang jempolan, lapang dan fleksibel seperti Honda Jazz. Mobil ini juga memiliki nilai jual yang tinggi, karena banyak diminati oleh pasar. Mobil ini juga memiliki biaya perawatan yang terjangkau, karena banyak tersedia suku cadang dan bengkel resmi.

Honda HRV adalah mobil crossover yang canggih, tapi mahal. Mobil ini menawarkan desain yang modern, fitur yang lengkap, dan performa yang menggiurkan. Namun, mobil ini juga memiliki kekurangan, yaitu boros bahan bakar, perubahan desain yang terlalu minim, dan head unit yang seolah terlalu dipaksakan. Mobil ini juga memiliki harga yang mahal, tapi sesuai dengan kualitas.

Mobil ini cocok bagi Anda yang mencari mobil crossover yang mewah, sporty, dan canggih. Mobil ini juga cocok bagi Anda yang tidak terlalu peduli dengan konsumsi bahan bakar, karena lebih mengutamakan performa. Mobil ini juga cocok bagi Anda yang memiliki budget yang cukup besar, karena harga mobil ini tidak murah.

Namun, mobil ini tidak cocok bagi Anda yang mencari mobil crossover yang hemat, sederhana, dan berbeda. Mobil ini juga tidak cocok bagi Anda yang peduli dengan lingkungan, karena emisi mobil ini cukup tinggi. Mobil ini juga tidak cocok bagi Anda yang memiliki budget yang terbatas, karena harga mobil ini bisa menguras kantong.

Share This Article