Hyundai Creta: SUV Canggih yang Bikin Ngiler, Tapi…

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
10 Min Read
Hyundai Creta: SUV Canggih yang Bikin Ngiler, Tapi…
Hyundai Creta: SUV Canggih yang Bikin Ngiler, Tapi…

Hyundai Creta. Nama yang mungkin masih asing di telinga sebagian orang Indonesia. Padahal, mobil ini sudah lama eksis di pasar global, bahkan menjadi salah satu SUV terlaris di India. Nah, baru-baru ini, Hyundai akhirnya memboyong Creta ke Tanah Air, dengan status CKD alias dirakit di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Tentu saja, ini menjadi kabar gembira bagi para pecinta SUV, yang kini punya pilihan baru selain Terios, WR-V, SX4 S Cross, atau Omoda 5. Apalagi, Hyundai Creta menawarkan berbagai fitur canggih dan menarik yang bikin ngiler. Tapi, apakah mobil ini benar-benar sempurna? Atau ada kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya? Yuk, kita simak ulasan mendalam dan panjang berikut ini.

SUV yang Bukan Cuma Gaya

SUV. Singkatan dari Sport Utility Vehicle. Jenis mobil yang digemari banyak orang karena tampilannya yang gagah, tangguh, dan sporty. Tapi, apakah SUV itu hanya soal gaya? Tentu tidak. SUV juga harus punya fungsi dan kinerja yang sesuai dengan namanya. Artinya, SUV harus bisa diajak berpetualang di berbagai medan, tanpa mengorbankan kenyamanan dan keamanan.

Nah, Hyundai Creta mengklaim dirinya sebagai SUV yang bukan cuma gaya. Mobil ini mengusung desain sensuous sportiness, yang mencerminkan karakter dinamis dan fun-loving. Dari depan, kita bisa melihat grille parametrik berbentuk permata, yang dipadukan dengan lampu LED DRL tersembunyi. Dari samping, kita bisa melihat garis-garis tegas yang memberi kesan aerodinamis dan sporty. Dari belakang, kita bisa melihat lampu kombinasi LED yang menyatu dengan spoiler atap. Dan dari atas, kita bisa melihat panoramic sunroof berukuran besar, yang memberi kesan mewah dan luas.

- Advertisement -

Tapi, Creta tidak hanya mengandalkan tampang. Mobil ini juga dibekali dengan mesin bensin 1.5 liter yang menghasilkan tenaga 113 hp dan torsi 144 Nm. Mesin ini bisa dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan atau IVT (Intelligent Variable Transmission), yang diklaim lebih halus dan hemat bahan bakar daripada CVT biasa. Selain itu, Creta juga dilengkapi dengan drive mode dan traction mode, yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan dan preferensi pengemudi. Ada empat pilihan drive mode, yaitu Eco, Comfort, Smart, dan Sport. Dan ada tiga pilihan traction mode, yaitu Sand, Mud, dan Snow.

SUV yang Penuh Fitur Canggih dan Menarik

Jika kita masuk ke dalam kabin Creta, kita akan disambut dengan berbagai fitur canggih dan menarik yang membuat kita betah berlama-lama di dalamnya. Mulai dari dashboard yang modern dan elegan, dengan layar sentuh 10,25 inci yang terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Lalu ada juga BOSE premium sound system dengan 8 speaker, yang memberi pengalaman audio yang berkualitas. Dan jangan lupa juga ada wireless smartphone charger, yang memudahkan kita mengisi daya ponsel tanpa kabel.

Tapi, fitur-fitur tersebut masih terbilang umum. Yang membuat Creta berbeda dari SUV lainnya adalah fitur-fitur pintar yang memanjakan pengemudi dan penumpang. Misalnya, ada ventilated seat, yang membuat kursi depan bisa mengeluarkan udara dingin atau hangat, sesuai dengan suhu tubuh. Ada juga ambient mood lamp, yang membuat kabin bisa berubah warna sesuai dengan suasana hati. Ada juga electronic parking brake with autohold, yang membuat rem parkir bisa aktif atau nonaktif secara otomatis, tanpa perlu menekan tombol. Dan ada juga air purifier, yang membuat udara di dalam kabin tetap segar dan bersih.

Tapi, fitur-fitur pintar tersebut bukan hanya untuk kesenangan semata. Creta juga memiliki fitur-fitur pintar yang berfungsi untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang. Misalnya, ada forward collision-avoidance assist, yang bisa mendeteksi adanya kendaraan, pejalan kaki, atau sepeda di depan, dan mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan. Ada juga lane keeping assist dan lane following assist, yang bisa membantu menjaga lajur kendaraan dan mengikuti arah kemudi. Ada juga blind-spot collision-avoidance assist dan rear cross-traffic collision-avoidance assist, yang bisa memberi peringatan atau mengintervensi jika ada kendaraan yang tidak terlihat di samping atau belakang. Dan tentu saja, ada juga 6 airbag, ABS, EBD, VSC, HAC, TPMS, dan fitur-fitur standar lainnya.

SUV yang Tidak Sempurna ??

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa Hyundai Creta adalah SUV yang penuh dengan keunggulan. Mobil ini memiliki desain yang menarik, mesin yang bertenaga, fitur yang canggih, dan harga yang kompetitif. Tapi, apakah mobil ini benar-benar sempurna? Tentu tidak. Tidak ada mobil yang sempurna. Setiap mobil pasti memiliki kekurangan, termasuk Creta.

- Advertisement -

Salah satu kekurangan Creta adalah ukurannya yang relatif kecil untuk sebuah SUV. Mobil ini hanya memiliki panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.630 mm. Jika dibandingkan dengan pesaingnya, seperti Terios, WR-V, atau SX4 S Cross, Creta terlihat lebih pendek, lebih sempit, dan lebih rendah. Ini berpengaruh pada ruang kabin dan bagasi, yang mungkin kurang lega bagi sebagian orang. Selain itu, ukuran kecil juga membuat Creta kurang cocok untuk diajak off-road, karena ground clearance-nya hanya 200 mm.

Kekurangan lainnya adalah pilihan warna yang terbatas. Creta hanya tersedia dalam tujuh warna, yaitu putih, hitam, merah, abu-abu, perak, dan dua kombinasi dua warna. Padahal, warna adalah salah satu faktor yang mempengaruhi preferensi pembeli. Jika Hyundai bisa menawarkan lebih banyak pilihan warna, mungkin Creta bisa menarik lebih banyak minat.

Dan kekurangan terakhir adalah ketersediaan suku cadang dan jaringan bengkel. Meskipun Hyundai sudah beroperasi di Indonesia sejak lama, namun merek ini masih kalah populer dibandingkan dengan merek Jepang, seperti Toyota, Honda, atau Suzuki. Ini berarti, suku cadang Hyundai mungkin lebih sulit dicari dan lebih mahal harganya. Selain itu, jaringan bengkel Hyundai juga masih terbatas, sehingga kita mungkin harus mengeluarkan biaya lebih untuk perawatan dan perbaikan.

- Advertisement -

SUV yang Layak Dipertimbangkan

Jadi, apakah Hyundai Creta layak dipertimbangkan sebagai pilihan SUV? Jawabannya adalah ya. Meskipun mobil ini memiliki beberapa kekurangan, namun keunggulannya masih lebih banyak dan lebih menonjol. Creta adalah SUV yang memiliki desain yang menarik, mesin yang bertenaga, fitur yang canggih, dan harga yang kompetitif. Mobil ini cocok bagi Anda yang mencari SUV yang bukan cuma gaya, tapi juga fungsional dan pintar.

Keunggulan Hyundai Creta

Mari kita mulai dengan keunggulan Hyundai Creta, yang cukup banyak dan membuat kita bertanya-tanya, “Apakah ini mobil atau pesawat luar angkasa?”.

Ventilated Seat

Pertama, ada fitur ventilated seat. Fitur ini membuat jok depan dapat mengeluarkan udara sejuk maupun udara panas. Jadi, tidak peduli cuaca di luar sana, Anda akan tetap merasa nyaman di dalam mobil. Fitur ini jarang ditemui pada kompetitor Creta.

Wireless Charger

Kedua, ada fitur wireless charger. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu repot-repot mencari kabel charger yang entah dimana letaknya. Cukup letakkan gadget Anda di tempat yang sudah disediakan, dan voila, gadget Anda akan terisi penuh.

Console Armrest Air Purifier

Ketiga, ada Console Armrest Air Purifier⁴. Fitur ini membuat udara di dalam mobil menjadi lebih segar. Jadi, meski Anda terjebak macet di tengah polusi udara, Anda masih bisa menikmati udara segar di dalam mobil.

Kekurangan Hyundai Creta

Namun, seperti pepatah, “Tak ada gading yang tak retak”, Hyundai Creta juga memiliki beberapa kekurangan.

Suara Klakson

Pertama, suara klaksonnya kurang garang dan terkesan feminim. Bagi Anda yang sering berkendara di jalan raya, tentu tahu betapa pentingnya klakson yang “berwibawa”. Sayangnya, klakson Hyundai Creta kurang mampu memberikan efek tersebut.

Lampu Sein Belakang

Kedua, lampu sein belakangnya masih mengadopsi Hyundai Creta dari India⁶. Meski ini bukan masalah besar, namun bagi Anda yang menghargai detail, hal ini bisa menjadi pertimbangan.

Posisi Speaker Subwoofer

Ketiga, posisi speaker subwoofer berada di bagasi. Hal ini membuat suara bass akan tertutup barang bawaan. Padahal, sound system yang disematkan sebenarnya berkualitas bagus dengan merk Bose.

Harga Pasaran Hyundai Creta

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan, mari kita beralih ke harga pasaran Hyundai Creta. Harga Hyundai Creta di Indonesia dimulai dari Rp 291,3 Juta untuk varian dasar Active MT dan naik hingga Rp 408,3 Juta untuk varian tertinggi.

Share This Article