Inova Zenix Hybrid: Mobil Crossover yang Bikin Baper

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
11 Min Read
Inova Zenix Hybrid: Mobil Crossover yang Bikin Baper
Inova Zenix Hybrid: Mobil Crossover yang Bikin Baper

Mobil crossover adalah jenis mobil yang menggabungkan elemen dari SUV, MPV, dan sedan. Mobil ini menawarkan kenyamanan, ruang, dan performa yang tinggi, namun dengan harga yang lebih terjangkau daripada SUV murni. Salah satu mobil crossover yang sedang naik daun di Indonesia adalah Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid.

Inova Zenix Hybrid adalah versi terbaru dari Kijang Innova yang sudah menjadi legenda di tanah air. Mobil ini dilengkapi dengan teknologi hybrid yang menggabungkan mesin bensin dan listrik, sehingga mampu menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Selain itu, mobil ini juga memiliki desain yang sporty dan elegan, dengan fitur-fitur canggih yang membuatnya semakin menarik.

Namun, apakah Inova Zenix Hybrid benar-benar sebagus yang diklaim oleh pabrikan? Apakah mobil ini layak untuk Anda beli dan bawa pulang? Ataukah mobil ini hanya sekadar gimmick marketing yang tidak sesuai dengan kenyataan? Mari kita ulas lebih dalam tentang mobil crossover yang bikin baper ini.

Desain Eksterior

Inova Zenix Hybrid memiliki desain eksterior yang berbeda dari Kijang Innova biasa. Mobil ini memiliki tampilan crossover yang lebih gagah dan modern, dengan grille depan yang besar dan lampu LED yang tajam. Mobil ini juga memiliki bumper depan dan belakang yang sporty, dengan spoiler dan skid plate yang menambah kesan dinamis.

- Advertisement -

Mobil ini tersedia dalam lima varian, yaitu G, V, Q, V Modellista, dan Q Modellista. Setiap varian memiliki perbedaan pada ukuran velg, lampu, dan aksesori. Varian tertinggi, yaitu Q Modellista, memiliki velg 18 inci, lampu kabut, dan body kit khusus yang membuatnya semakin menonjol.

Salah satu fitur unggulan dari Inova Zenix Hybrid adalah panoramic retractable roof, yaitu atap kaca yang bisa dibuka dan ditutup secara elektrik. Fitur ini hanya ada di varian V dan Q, dan memberikan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan dan segar. Anda bisa menikmati pemandangan langit dan udara segar saat berkendara dengan mobil ini.

Desain Interior

Inova Zenix Hybrid memiliki desain interior yang mewah dan nyaman, dengan material berkualitas dan finishing yang rapi. Mobil ini memiliki kapasitas tujuh penumpang, dengan kursi yang empuk dan ergonomis. Ruang kabinnya juga cukup luas, dengan ground clearance 185 mm dan wheelbase 2850 mm.

Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur hiburan dan keselamatan yang canggih, seperti head unit 10 inci, rear seat entertainment, electric parking brake, power backdoor, dan Toyota Safety Sense. Fitur-fitur ini membuat Anda dan penumpang merasa aman dan terhibur saat berkendara dengan mobil ini.

Salah satu fitur yang paling menarik dari Inova Zenix Hybrid adalah kursi Ottoman, yaitu kursi penumpang depan yang bisa direbahkan dan dijadikan tempat tidur. Fitur ini hanya ada di varian Q, dan memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang yang ingin beristirahat. Anda bisa merasakan sensasi seperti di kelas bisnis pesawat saat berkendara dengan mobil ini.

- Advertisement -

Performa Mesin

Inova Zenix Hybrid memiliki performa mesin yang tangguh dan irit, berkat teknologi hybrid yang digunakannya. Mobil ini menggunakan mesin bensin 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 150 hp dan torsi 187 Nm, serta motor listrik yang menghasilkan tenaga 41 hp dan torsi 202 Nm. Kedua sumber tenaga ini bekerja secara bersamaan atau bergantian, tergantung pada kondisi jalan dan kecepatan mobil.

Mobil ini menggunakan transmisi CVT yang halus dan responsif, dengan tujuh percepatan simulasi. Mobil ini juga memiliki tiga mode berkendara, yaitu Eco, Normal, dan Power, yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Mode Eco akan membuat mobil lebih hemat bahan bakar, mode Normal akan membuat mobil lebih seimbang, dan mode Power akan membuat mobil lebih bertenaga.

Mobil ini diklaim mampu mencapai konsumsi bahan bakar 18,8 km/liter, yang jauh lebih irit daripada Kijang Innova biasa yang hanya 10 km/liter. Selain itu, mobil ini juga memiliki emisi gas buang yang lebih rendah, sehingga lebih ramah lingkungan. Mobil ini juga memiliki fitur regenerative braking, yaitu sistem pengereman yang bisa mengubah energi kinetik menjadi listrik dan mengisi baterai.

- Advertisement -

Harga

Inova Zenix Hybrid memiliki harga yang bervariasi, tergantung pada varian yang Anda pilih. Harga OTR DKI Jakarta per 1 Januari 2024 adalah sebagai berikut:

  • G: Rp 471,6 juta
  • V: Rp 532,75 juta
  • V Modellista: Rp 542,6 juta
  • Q: Rp 611,75 juta
  • Q Modellista: Rp 621,6 juta

Harga ini tentu saja tidak murah, namun masih masuk akal jika dibandingkan dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh mobil ini. Anda bisa mendapatkan mobil crossover yang mewah, nyaman, tangguh, irit, dan canggih, dengan merek Toyota yang sudah terkenal dan terpercaya.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil ini, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Pertama, apakah Anda benar-benar membutuhkan mobil hybrid yang lebih kompleks dan mahal daripada mobil konvensional? Kedua, apakah Anda siap untuk merawat dan memperbaiki mobil hybrid yang membutuhkan tenaga ahli dan biaya yang lebih besar? Ketiga, apakah Anda yakin dengan kualitas dan ketersediaan suku cadang dan baterai mobil hybrid di Indonesia?

Jika Anda bisa menjawab ya untuk ketiga pertanyaan tersebut, maka Inova Zenix Hybrid bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Mobil ini bisa menjadi mobil keluarga yang ideal, yang bisa mengantarkan Anda ke mana saja dengan gaya dan kenyamanan. Mobil ini juga bisa menjadi mobil yang prestisius, yang bisa menunjukkan kepribadian dan gaya hidup Anda yang modern dan progresif.

Namun, jika Anda ragu atau tidak yakin dengan ketiga pertanyaan tersebut, maka Anda mungkin harus berpikir ulang sebelum membeli mobil ini. Mobil ini mungkin terlalu mahal dan berisiko untuk Anda, yang bisa membuat Anda menyesal di kemudian hari. Mobil ini juga mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda, yang bisa membuat Anda merasa tidak puas dan bosan.

Apapun pilihan Anda, pastikan Anda sudah melakukan riset dan konsultasi yang cukup sebelum membeli mobil ini. Jangan tergoda oleh iklan dan promosi yang menjanjikan segala macam keunggulan dan kemudahan. Jangan juga terbawa oleh emosi dan gengsi yang membuat Anda ingin memiliki mobil ini tanpa mempertimbangkan akal sehat. Ingat, mobil ini adalah investasi yang besar, yang bisa berdampak pada keuangan dan kehidupan Anda.

Inova Zenix Hybrid adalah mobil crossover yang menggunakan teknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), yaitu sistem penggerak listrik yang bisa diisi ulang dari sumber listrik eksternal. Mobil ini memiliki mesin bensin 2.0 liter dan dua motor listrik, yang bisa berjalan dengan tiga mode berkendara: EV mode, Series Hybrid mode, dan Parallel Hybrid mode.

Beberapa kelebihan Inova Zenix Hybrid adalah:

  • Ramah lingkungan. Mobil ini bisa berjalan dengan mode EV yang tidak menghasilkan emisi gas buang sama sekali, dan bisa menempuh jarak hingga 55 km dengan kecepatan maksimal 135 km/jam. Mobil ini juga memiliki konsumsi bahan bakar yang irit, yaitu 1,8 liter/100 km.
  • Bertenaga. Mobil ini memiliki tenaga maksimal 224 PS dan torsi maksimal 385 Nm, yang bisa memberikan akselerasi yang cepat dan responsif. Mobil ini juga memiliki sistem Super All-Wheel Control (S-AWC), yang bisa menyesuaikan distribusi tenaga dan pengereman di setiap roda, sehingga meningkatkan kemampuan manuver dan kenyamanan berkendara di berbagai kondisi jalan.
  • Mewah. Mobil ini memiliki interior yang luas dan nyaman, dengan kursi kulit semi-aniline, sunroof elektrik, sistem audio Rockford Fosgate, dan layar sentuh 8 inci yang terhubung dengan smartphone melalui Apple CarPlay atau Android Auto. Mobil ini juga memiliki fitur keselamatan canggih, seperti airbag, rem anti-lock, kontrol stabilitas, dan sistem pengereman darurat otomatis.

Beberapa kekurangan Inova Zenix Hybrid adalah:

  • Mahal. Mobil ini memiliki harga yang cukup mahal, yaitu Rp 1,322 miliar, yang termasuk salah satu yang tertinggi di kelasnya. Mobil ini juga masih harus membayar pajak, biaya perawatan, dan biaya pengisian listrik, yang bisa menambah pengeluaran di masa depan.
  • Besar. Mobil ini memiliki dimensi yang besar, yaitu 4.695 x 1.800 x 1.710 mm, dengan bobot 1.880 kg. Ini berarti mobil ini membutuhkan ruang parkir yang luas, dan juga sulit untuk bermanuver di jalan yang sempit atau padat. Mobil ini juga hanya bisa menampung lima orang, yang kurang sesuai dengan ukurannya yang besar.
  • Terbatas. Mobil ini memiliki keterbatasan dalam hal infrastruktur dan ketersediaan listrik. Untuk mengisi ulang baterai mobil ini, Anda harus memiliki akses ke sumber listrik yang cukup, baik di rumah maupun di tempat umum. Jika tidak, Anda tidak bisa menikmati mode EV yang hemat dan ramah lingkungan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kapasitas baterai mobil ini, yang hanya 13,8 kWh, yang berarti Anda harus sering mengisi ulang jika ingin menggunakan mode EV secara maksimal.

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan Inova Zenix Hybrid yang bisa saya bagikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Share This Article