Kunci Sukses Pemilihan Oli Mesin Motor Balap

zajpreneur By zajpreneur
7 Min Read
Kunci Sukses Pemilihan Oli Mesin Motor Balap
Kunci Sukses Pemilihan Oli Mesin Motor Balap

jlk – Oli mesin motor balap adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk menunjang performa mesin yang optimal.

Oli mesin berfungsi untuk melumasi, mendinginkan, meredam, dan membersihkan bagian-bagian mesin yang saling bergesekan. Tanpa oli mesin yang berkualitas, mesin motor balap bisa cepat rusak, panas, bising, dan boros bahan bakar.

Namun, tidak semua oli mesin cocok untuk motor balap. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih oli mesin yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan mesin motor balap.

Jika salah pilih, oli mesin bisa jadi bumerang yang merugikan Anda. Apa saja kunci sukses pemilihan oli mesin motor balap? Simak ulasan berikut ini.

- Advertisement -

Kenali Karakter Mesin Motor Balap

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memilih oli mesin adalah memahami karakter mesin motor balap. Anda harus mengetahui jenis oli mesin mana yang dibutuhkan dan cocok untuk motor balap Anda.

Hal ini penting dilakukan karena setiap motor balap memiliki karakteristik dan kebutuhannya masing-masing.

Anda bisa membaca buku panduan kendaraan atau bertanya kepada mekanik ahli mengenai spesifikasi mesin dan jenis oli yang tepat. Biasanya, produsen motor atau oli mesin juga memberikan rekomendasi oli mesin yang sesuai dengan jenis motor balap.

Misalnya, Yamaha merekomendasikan Yamalube Racing Oil untuk motor balap mereka, sementara Kawasaki merekomendasikan Moty’s M151 untuk motor balap mereka.

Perhatikan Kekentalan Oli (SAE)

Share This Article