Macam-Macam Ukuran Velg Mobil: Berikut Perbedaannya !

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
8 Min Read
Macam-Macam Ukuran Velg Mobil: Berikut Perbedaannya !
Macam-Macam Ukuran Velg Mobil: Berikut Perbedaannya !

Jika Anda termasuk orang yang suka memodifikasi mobil, pasti Anda tidak asing dengan istilah velg. Velg adalah bagian roda yang terbuat dari logam atau alloy yang memberikan dukungan struktural dan estetika pada mobil. Velg juga berfungsi sebagai tempat pemasangan ban. Velg mobil tersedia dalam berbagai desain, ukuran, dan finishing yang dapat mempengaruhi tampilan dan performa kendaraan.

Namun, apakah Anda tahu bahwa ada berbagai macam ukuran velg mobil yang berbeda-beda? Apakah Anda tahu apa bedanya dan apa pentingnya memilih ukuran velg yang sesuai dengan mobil Anda? Jika Anda belum tahu, maka artikel ini akan membantu Anda memahami lebih dalam tentang macam-macam ukuran velg mobil dan dampaknya terhadap mobil Anda.

Mengenal Ukuran Velg Mobil

Ukuran velg mobil biasanya ditulis dengan format Rxx, di mana R berarti ring atau diameter velg dalam satuan inci, dan xx adalah angka yang menunjukkan ukuran velg tersebut. Misalnya, R15 berarti velg dengan diameter 15 inci. Ukuran velg mobil yang umum digunakan berkisar antara 13 inci hingga 20 inci, tergantung pada jenis dan model mobil.

Ukuran velg mobil memiliki dampak yang signifikan pada performa kendaraan. Berikut adalah beberapa jenis ukuran velg mobil yang umum digunakan beserta penjelasannya:

- Advertisement -
  • Velg 13 inci. Ini adalah ukuran velg yang paling kecil dan biasanya digunakan pada mobil-mobil kecil atau city car. Keuntungan menggunakan velg 13 inci adalah harga yang lebih murah, bobot yang lebih ringan, dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Namun, kekurangannya adalah tampilan yang kurang menarik, kenyamanan yang kurang optimal, dan handling yang kurang stabil.
  • Velg 14 inci. Ini adalah ukuran velg yang cukup umum digunakan pada mobil-mobil sedan atau hatchback. Keuntungan menggunakan velg 14 inci adalah harga yang masih terjangkau, bobot yang masih ringan, dan konsumsi bahan bakar yang masih irit. Namun, kekurangannya adalah tampilan yang masih kurang menarik, kenyamanan yang masih kurang optimal, dan handling yang masih kurang stabil.
  • Velg 15 inci. Ini adalah ukuran velg yang paling standar dan banyak digunakan pada mobil-mobil sedan atau hatchback. Keuntungan menggunakan velg 15 inci adalah tampilan yang lebih menarik, kenyamanan yang lebih baik, dan handling yang lebih stabil. Namun, kekurangannya adalah harga yang lebih mahal, bobot yang lebih berat, dan konsumsi bahan bakar yang lebih boros.
  • Velg 16 inci. Ini adalah ukuran velg yang biasanya digunakan pada mobil-mobil SUV atau MPV. Keuntungan menggunakan velg 16 inci adalah tampilan yang lebih sporty, kenyamanan yang lebih baik, dan handling yang lebih stabil. Namun, kekurangannya adalah harga yang lebih mahal, bobot yang lebih berat, dan konsumsi bahan bakar yang lebih boros.
  • Velg 17 inci. Ini adalah ukuran velg yang umumnya digunakan pada mobil-mobil dengan desain yang sporty dan performa yang tinggi. Keuntungan menggunakan velg 17 inci adalah tampilan yang lebih elegan, kenyamanan yang lebih baik, dan handling yang lebih stabil. Namun, kekurangannya adalah harga yang sangat mahal, bobot yang sangat berat, dan konsumsi bahan bakar yang sangat boros.
  • Velg 18 inci. Ini adalah ukuran velg yang biasanya digunakan pada mobil-mobil yang memiliki ukuran ban yang lebih besar, seperti pada SUV dan MPV. Keuntungan menggunakan velg 18 inci adalah tampilan yang lebih mewah, kenyamanan yang lebih baik, dan handling yang lebih stabil. Namun, kekurangannya adalah harga yang sangat mahal, bobot yang sangat berat, dan konsumsi bahan bakar yang sangat boros.
  • Velg 19 inci. Ini adalah ukuran velg yang jarang digunakan dan biasanya hanya ada pada mobil-mobil mewah atau supercar. Keuntungan menggunakan velg 19 inci adalah tampilan yang sangat mewah, kenyamanan yang sangat baik, dan handling yang sangat stabil. Namun, kekurangannya adalah harga yang sangat mahal, bobot yang sangat berat, dan konsumsi bahan bakar yang sangat boros.
  • Velg 20 inci. Ini adalah ukuran velg yang sangat jarang digunakan dan biasanya hanya ada pada mobil-mobil super mewah atau hypercar. Keuntungan menggunakan velg 20 inci adalah tampilan yang sangat mewah, kenyamanan yang sangat baik, dan handling yang sangat stabil. Namun, kekurangannya adalah harga yang sangat mahal, bobot yang sangat berat, dan konsumsi bahan bakar yang sangat boros.

Apa Pentingnya Memilih Ukuran Velg yang Sesuai?

Setelah mengetahui macam-macam ukuran velg mobil, Anda mungkin bertanya-tanya, apa pentingnya memilih ukuran velg yang sesuai dengan mobil Anda? Apakah tidak bisa sembarangan mengganti velg dengan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil?

Jawabannya adalah tidak. Memilih ukuran velg yang sesuai dengan mobil Anda sangat penting untuk menjaga performa, kenyamanan, dan keamanan berkendara. Jika Anda mengganti velg dengan ukuran yang tidak sesuai, Anda bisa mengalami beberapa masalah, seperti:

  • Performa menurun. Jika Anda mengganti velg dengan ukuran yang lebih besar, Anda harus mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil agar diameter roda tetap sama. Hal ini akan mengurangi area kontak ban dengan permukaan jalan, sehingga mengurangi traksi dan akselerasi. Selain itu, velg yang lebih besar juga akan menambah bobot roda, sehingga mengurangi kecepatan dan efisiensi bahan bakar.
  • Kenyamanan berkurang. Jika Anda mengganti velg dengan ukuran yang lebih besar, Anda harus mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil agar diameter roda tetap sama. Hal ini akan mengurangi ketebalan dinding ban, sehingga mengurangi kemampuan ban untuk menyerap getaran dan goncangan dari permukaan jalan yang tidak rata. Selain itu, velg yang lebih besar juga akan menambah tinggi roda, sehingga mengurangi ground clearance dan meningkatkan kemungkinan mobil tersangkut atau tergores.
  • Keamanan terganggu. Jika Anda mengganti velg dengan ukuran yang lebih besar, Anda harus mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil agar diameter roda tetap sama. Hal ini akan mengurangi area kontak ban dengan permukaan jalan, sehingga mengurangi daya cengkeram dan pengereman. Selain itu, velg yang lebih besar juga akan menambah bobot roda, sehingga mengurangi responsifitas dan stabilitas kemudi. Hal ini bisa berbahaya, terutama saat berkendara di jalan yang licin, berbelok, atau berbukit.

Sebaliknya, jika Anda mengganti velg dengan ukuran yang lebih kecil, Anda harus mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar agar diameter roda tetap sama.

Share This Article