Mitsubishi Pajero: SUV yang Tak Lekang oleh Waktu

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
15 Min Read
Mitsubishi Pajero: SUV yang Tak Lekang oleh Waktu
Mitsubishi Pajero: SUV yang Tak Lekang oleh Waktu

Mitsubishi Pajero. Nama yang begitu akrab di telinga kita, bukan? SUV yang telah menjadi ikon kendaraan off-road sejak diperkenalkan pada tahun 1981. Tapi tunggu, jangan terburu-buru memutuskan untuk membeli. Mari kita lihat lebih dekat kelebihan dan kekurangan dari SUV legendaris ini.

Mitsubishi Pajero adalah salah satu nama legendaris di dunia otomotif, khususnya di segmen SUV (Sport Utility Vehicle). Mobil ini sudah hadir sejak tahun 1982 dan terus mengalami perkembangan hingga generasi keempat yang meluncur pada tahun 2006. Di Indonesia, Pajero dikenal dengan nama Pajero Sport, yang merupakan versi SUV dari Mitsubishi Triton, sebuah pikap tangguh yang juga populer di pasar Tanah Air.

Pajero Sport memiliki banyak pesaing di kelasnya, seperti Toyota Fortuner, Nissan Terra, Isuzu MU-X, dan Ford Everest. Namun, Pajero Sport tetap mampu menarik perhatian konsumen dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, baik dari segi desain, performa, fitur, maupun harga. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang Mitsubishi Pajero Sport, segala tipe spesifikasi dan harga pasaran, yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari SUV idaman.

Desain Eksterior yang Modern dan Gagah

Salah satu daya tarik utama dari Pajero Sport adalah desain eksteriornya yang modern dan gagah. Mobil ini mengusung konsep Dynamic Shield yang khas Mitsubishi, yang membuatnya terlihat lebih tegas dan futuristik. Pada bagian depan, terdapat grille besar berwarna hitam dengan logo tiga berlian di tengahnya, yang dikelilingi oleh lampu LED yang menyala terang. Lampu LED ini juga dilengkapi dengan fitur Active Cornering Lamp, yang berfungsi untuk menerangi jalan secara otomatis saat melewati jalur menikung atau berliku saat malam hari. Selain itu, ada juga lampu kabut dan headlamp washer, yang berguna untuk membersihkan lampu utama jika ada kotoran sehingga tetap memberikan pencahayaan terbaik.

- Advertisement -

Pada bagian samping, Pajero Sport memiliki garis-garis tajam yang memberikan kesan dinamis dan sporty. Mobil ini juga memiliki ground clearance yang tinggi, yaitu 218 mm, yang membuatnya mampu melibas berbagai medan jalan yang tidak rata. Untuk ukuran velg, Pajero Sport memiliki beberapa pilihan, mulai dari 16 inci untuk tipe GLX 4×4 MT, 18 inci untuk tipe Exceed 4×2 MT, Exceed 4×2 AT, dan Dakar 4×2 AT, hingga 18 inci two tone untuk tipe Dakar Ultimate 4×2 AT dan Dakar Ultimate 4×4 AT. Velg-velg ini dilapisi ban berukuran 265/60 R18 yang kokoh dan kuat.

Pada bagian belakang, Pajero Sport memiliki lampu belakang yang berbentuk L dan menyambung hingga ke bagian pintu bagasi. Lampu ini juga menggunakan teknologi LED yang hemat energi dan awet. Pada bagian pintu bagasi, terdapat spoiler yang menambah kesan aerodinamis dan sporty. Untuk tipe Dakar Ultimate, pintu bagasi ini juga dilengkapi dengan fitur Power Back Door dengan kick sensor, yang memungkinkan Anda membuka dan menutup pintu bagasi secara otomatis dengan menggerakkan kaki di bawah bumper. Fitur ini sangat praktis dan memudahkan Anda saat membawa barang bawaan yang banyak. Selain itu, ada juga fitur Mitsubishi Remote Control, yang memungkinkan Anda mengoperasikan berbagai fungsi mobil, termasuk membuka-tutup pintu bagasi, dengan menggunakan aplikasi ponsel.

Interior yang Nyaman dan Mewah

Jika desain eksterior Pajero Sport sudah membuat Anda terkesan, tunggu sampai Anda melihat interior mobil ini. Pajero Sport memiliki kabin yang luas dan nyaman, dengan kapasitas tujuh penumpang. Jok-jok mobil ini dilapisi dengan bahan berkualitas, mulai dari kain untuk tipe GLX 4×4 MT, semi kulit untuk tipe Exceed 4×2 MT dan Exceed 4×2 AT, hingga kulit untuk tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT. Jok-jok ini juga memiliki desain ergonomis yang menopang tubuh dengan baik dan memberikan kenyamanan maksimal saat berkendara.

Pada bagian dashboard, Pajero Sport memiliki desain yang elegan dan modern, dengan warna hitam yang dominan. Di tengah dashboard, terdapat layar sentuh berukuran 8 inci yang terhubung dengan sistem audio dan navigasi. Layar ini juga dapat menampilkan gambar dari kamera 360 derajat yang ada di sekitar mobil, yang sangat membantu Anda saat parkir atau bermanuver di jalan yang sempit. Di bawah layar, terdapat panel AC yang dilengkapi dengan fitur dual zone climate control, yang memungkinkan Anda mengatur suhu kabin sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, ada juga tombol-tombol untuk mengoperasikan berbagai fitur lain, seperti cruise control, hill start assist, hill descent control, dan lain-lain.

Pada bagian setir, Pajero Sport memiliki desain yang sporty dan multifungsi. Setir ini dilapisi dengan kulit pada tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT, yang membuatnya terasa lebih empuk dan nyaman di tangan. Setir ini juga dilengkapi dengan tombol-tombol untuk mengatur sistem audio, telepon, dan informasi pada layar multi informasi yang ada di depan pengemudi. Layar ini menampilkan berbagai data penting, seperti kecepatan, konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, dan lain-lain. Selain itu, setir ini juga dapat diatur ketinggiannya sesuai dengan postur tubuh pengemudi.

- Advertisement -

Pada bagian tuas transmisi, Pajero Sport memiliki desain yang simpel dan elegan, dengan lapisan kulit pada tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT. Tuas transmisi ini juga dilengkapi dengan fitur paddle shift, yang memungkinkan Anda mengganti gigi secara manual tanpa melepaskan tangan dari setir. Fitur ini sangat berguna saat Anda ingin merasakan sensasi berkendara yang lebih sporty dan responsif. Selain itu, ada juga tuas untuk mengatur mode penggerak roda, yang terdiri dari 2H, 4H, 4HLc, dan 4LLc. Mode ini dapat Anda pilih sesuai dengan kondisi jalan yang Anda hadapi, baik itu aspal, tanah, pasir, atau lumpur.

Performa yang Tangguh dan Handal

Pajero Sport tidak hanya memiliki desain yang menarik, tetapi juga performa yang tangguh dan handal. Mobil ini dibekali dengan mesin diesel 4 silinder segaris berkapasitas 2.442 cc, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi maksimal sebesar 430 Nm pada 2.500 rpm. Mesin ini menggunakan sistem common rail direct injection, yang membuatnya lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Mesin ini juga dilengkapi dengan fitur Variable Geometry Turbo (VGT), yang membuatnya lebih responsif dan bertenaga di berbagai putaran mesin.

Untuk transmisinya, Pajero Sport memiliki beberapa pilihan, yaitu manual 6 percepatan untuk tipe GLX 4×4 MT dan Exceed 4×2 MT, dan otomatis 8 percepatan untuk tipe Exceed 4×2 AT, Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT. Transmisi manual ini memiliki rasio gigi yang optimal, yang membuatnya lebih mudah dan nyaman saat mengganti gigi. Transmisi otomatis ini memiliki jumlah gigi yang lebih banyak, yang membuatnya lebih halus dan efisien saat beralih gigi. Transmisi otomatis ini juga memiliki fitur Sport Mode, yang membuatnya lebih cepat dan agresif saat beralih gigi.

- Advertisement -

Harga Pajero Baru dan Bekas di Indonesia

Harga adalah salah satu faktor yang paling penting dalam membeli mobil. Tentu saja, kita tidak mau membayar terlalu mahal untuk sesuatu yang tidak sepadan dengan kualitasnya. Begitu juga dengan Pajero, kita harus mengetahui berapa harga Pajero baru dan bekas di Indonesia, dan apakah harga tersebut sesuai dengan apa yang kita dapatkan.

Harga Pajero Baru

Mitsubishi Pajero Sport 2024 adalah 7 Seater SUV yang tersedia dalam daftar harga Rp 552,1 – 735,6 Juta di Indonesia. Mobil ini tersedia dalam 5 warna, 6 varian, 2 pilihan mesin, dan 2 opsi transmisi: Manual dan Otomatis di Indonesia. Mobil ini memiliki ground clearance 218 mm dengan dimensi sebagai berikut: 4825 mm L x 1815 mm W x 1835 mm H. Lebih dari 84 pengguna telah memberikan penilaian untuk Pajero Sport berdasarkan fitur, jarak tempuh, kenyamanan tempat duduk dan kinerja mesin.

Berikut daftar harga Mitsubishi Pajero Sport baru per Januari 2024:

  • Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4×2 MT: Rp 502,8 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4×2 AT: Rp 517,8 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport GLX 4×4 MT: Rp 567,8 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 AT: Rp 575,7 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Ultimate 4×2 AT: Rp 624,7 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 AT: Rp 740,6 juta

Dari daftar harga di atas, kita bisa melihat bahwa Pajero Sport termasuk mobil yang cukup mahal di kelasnya. Harga tertingginya mencapai Rp 740,6 juta, yang hampir setara dengan harga mobil mewah seperti BMW atau Mercedes-Benz. Tentu saja, harga ini tidak bisa disamakan dengan mobil-mobil tersebut, karena Pajero Sport memiliki segmen pasar yang berbeda. Namun, apakah harga ini sebanding dengan apa yang ditawarkan oleh Pajero Sport? Apakah Pajero Sport memiliki keunggulan yang bisa membenarkan harga tersebut? Ataukah Pajero Sport hanya mengandalkan nama besarnya sebagai SUV legendaris?

Harga Pajero Bekas

Jika Anda merasa harga Pajero Sport baru terlalu mahal, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli Pajero Sport bekas. Harga Pajero Sport bekas tentu saja lebih murah daripada harga baru, namun tetap harus memperhatikan kondisi dan kualitas mobil tersebut. Anda juga harus melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap mobil yang akan Anda beli, dan melakukan tes drive untuk memastikan tidak ada masalah yang tersembunyi.

Berikut daftar harga Mitsubishi Pajero Sport bekas per Januari 2024:

  • Pajero Sport GLX 2017: Rp 300 juta – Rp 350 juta
  • Pajero Sport Exceed 2018: Rp 350 juta – Rp 400 juta
  • Pajero Sport Dakar 2019: Rp 400 juta – Rp 450 juta
  • Pajero Sport Ultimate 2020: Rp 450 juta – Rp 500 juta
  • Pajero Sport Dakar 2021: Rp 500 juta – Rp 550 juta
  • Pajero Exceed 2022: Rp 550 juta – Rp 600 juta
  • Pajero Dakar 2023: Rp 600 juta – Rp 650 juta

Dari daftar harga di atas, kita bisa melihat bahwa harga Pajero Sport bekas masih terbilang stabil dan tidak mengalami penurunan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Pajero Sport masih memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran, dan masih diminati oleh banyak konsumen. Namun, harga Pajero Sport bekas juga masih tergolong mahal, bahkan hampir setara dengan harga mobil baru dari merek lain. Jadi, apakah Pajero Sport bekas masih layak dibeli? Apakah Pajero Sport bekas masih memiliki kualitas yang baik? Ataukah Pajero Sport bekas hanya mengandalkan nama besarnya sebagai SUV legendaris?

Kelebihan Mitsubishi Pajero

Sistem 4WD yang Cerdas

Pajero dikenal dengan sistem 4WD-nya yang cerdas. Dengan kemampuan off-road yang baik, Pajero bisa membawa Anda melewati medan yang paling sulit sekalipun. Jadi, jika Anda suka petualangan dan ingin merasakan adrenalin, Pajero bisa menjadi pilihan yang tepat.

Garansi 10 Tahun

Ya, Anda tidak salah baca. Mitsubishi menawarkan garansi 10 tahun untuk Pajero. Jadi, jika ada masalah, Anda tidak perlu khawatir. Mitsubishi akan menanggung biayanya. Cukup menenangkan, bukan?

Harga yang Masuk Akal

Mitsubishi Pajero ditawarkan dengan harga yang cukup masuk akal. Meskipun model GSR mungkin sedikit mahal, secara umum, harganya cukup kompetitif.

Kekurangan Mitsubishi Pajero

Interior yang Terasa Usang

Meskipun Pajero memiliki banyak kelebihan, interior yang terasa usang adalah salah satu kekurangannya. Jadi, jika Anda menginginkan SUV dengan interior modern dan mewah, mungkin Anda perlu mempertimbangkan lagi.

Kekurangan Tenaga

Pajero bisa menggunakan sedikit lebih banyak tenaga dan torsi. Jadi, jika Anda menginginkan SUV yang sangat bertenaga, mungkin Pajero bukan pilihan yang tepat.

Tidak Nyaman di Jalan Bergelombang

Salah satu kekurangan lainnya adalah Pajero cenderung tidak nyaman saat melintasi jalan bergelombang. Jadi, jika Anda sering bepergian di jalan yang tidak rata, ini bisa menjadi pertimbangan.

Share This Article