Modus Penipuan Kode QR: Cara Baru Para Scammer untuk Menguras Rekening Anda

Firman Yudha Pragusti By Firman Yudha Pragusti
4 Min Read
Modus Penipuan Kode QR: Cara Baru Para Scammer untuk Menguras Rekening Anda
Modus Penipuan Kode QR: Cara Baru Para Scammer untuk Menguras Rekening Anda

Kode QR atau Quick Response Code adalah barcode dua dimensi yang bisa menyimpan informasi lebih banyak daripada barcode biasa. Kode QR bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari mengakses situs web, membagikan kontak, hingga melakukan transaksi pembayaran. Kode QR memang praktis dan canggih, tapi sayangnya juga rentan dimanfaatkan oleh para scammer atau penipu.

Scammer adalah orang-orang yang tidak punya pekerjaan lain selain mencari cara untuk menipu orang lain demi mendapatkan keuntungan. Scammer bisa menggunakan berbagai modus untuk menjebak korbannya, salah satunya adalah dengan membuat kode QR palsu. Kode QR palsu ini bisa berisi tautan jahat, malware, atau perintah untuk mengirim pesan atau panggilan ke nomor tertentu.

Bagaimana cara scammer membuat kode QR palsu? Mudah saja, mereka tinggal menggunakan aplikasi atau situs web yang bisa menghasilkan kode QR secara gratis. Mereka tinggal memasukkan informasi yang mereka inginkan, misalnya alamat situs penipuan, nomor rekening, atau nomor telepon. Lalu, mereka tinggal mencetak atau menyalin kode QR tersebut dan menempelkannya di tempat-tempat strategis, seperti parkiran, restoran, kedai, atau agen pembayaran.

Bagaimana cara scammer menjerat korbannya? Juga mudah, mereka tinggal menarik perhatian korbannya dengan berbagai iming-iming, seperti diskon, promo, hadiah, atau survei. Korbannya yang penasaran atau tertarik akan memindai kode QR tersebut dengan ponsel mereka. Tanpa disadari, mereka sudah memberikan akses kepada scammer untuk mengambil data pribadi, mengunduh malware, atau menguras rekening mereka.

- Advertisement -

Bagaimana cara kita menghindari modus penipuan kode QR? Tentu saja, dengan lebih waspada dan teliti. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah menjadi korban scammer:

  • Selalu periksa kode QR yang akan kita pindai. Pastikan alamat situs, nama merek, atau nomor rekening yang tertera sesuai dengan yang kita inginkan. Jika ada yang mencurigakan, segera hentikan dan keluar dari situs tersebut.
  • Hanya gunakan aplikasi pemindai kode QR yang aman dan resmi. Pilih aplikasi yang berasal dari perusahaan terpercaya dan diunduh dari Play Store atau App Store. Hindari aplikasi yang tidak jelas asal-usulnya atau meminta izin yang tidak relevan.
  • Lakukan pembaruan sistem keamanan di ponsel secara berkala. Ini penting untuk melindungi ponsel kita dari serangan malware atau virus yang bisa merusak atau mencuri data kita.
  • Laporkan jika menemukan kode QR palsu atau mencurigakan. Jika kita menemukan kode QR yang tampak palsu atau mencurigakan di suatu tempat, sebaiknya kita laporkan kepada pihak yang berwenang, seperti pengelola tempat, polisi, atau bank. Ini bisa mencegah scammer menipu orang lain yang tidak tahu.

Itu dia informasi dan tips tentang modus penipuan kode QR yang perlu kita ketahui. Jangan sampai kita terjebak oleh trik-trik licik para scammer yang hanya ingin mengambil keuntungan dari kita. Ingat, berhati-hati lebih baik daripada menyesal. Semoga bermanfaat!

Share This Article