Nissan Kicks e-POWER: Mobil Listrik yang Tidak Perlu Dicas

Firman Yudha Pragusti By Firman Yudha Pragusti
11 Min Read
Nissan Kicks e-POWER: Mobil Listrik yang Tidak Perlu Dicas
Nissan Kicks e-POWER: Mobil Listrik yang Tidak Perlu Dicas

Mobil listrik adalah salah satu tren terbaru di dunia otomotif. Banyak orang yang tertarik untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan yang tidak menghasilkan emisi gas buang dan hemat bahan bakar. Namun, ada juga beberapa kendala yang menghambat penggunaan mobil listrik secara luas, seperti ketersediaan stasiun pengisian listrik, biaya perawatan baterai, dan jangkauan tempuh yang terbatas.

Nah, bagaimana kalau ada mobil listrik yang tidak perlu dicolok ke stop kontak untuk mengisi daya baterainya? Mobil yang bisa menghasilkan listrik sendiri dari mesin bensin yang ada di dalamnya? Mobil yang bisa memberikan sensasi berkendara yang responsif, lincah, dan menyenangkan dengan tenaga motor listrik?

Mobil itu ada, namanya adalah Nissan Kicks e-POWER. Mobil ini adalah produk terbaru dari Nissan, pabrikan asal Jepang yang dikenal sebagai pelopor teknologi mobil listrik. Nissan Kicks e-POWER adalah mobil SUV kompak yang menggunakan sistem e-POWER, yaitu teknologi penggerak listrik mutakhir yang lahir dari semangat inovasi Nissan yang bertemu dengan pengalaman mengembangkan kendaraan listrik sejak 1947.

Apa itu Sistem e-POWER?

Sistem e-POWER terdiri dari mesin 3-silinder kecil berukuran 1.2 liter, generator, inverter, dan motor elektrik. Mesin ICE (Internal Combustion Engine) dan generator akan menghasilkan listrik yang tersimpan di baterai lithium-ion, lalu menyalurkannya ke motor elektrik untuk memberi daya tanpa perlu recharging listrik dari luar.

- Advertisement -

Keunggulan sistem e-POWER adalah mesin bensin hanya berfungsi untuk mengisi daya baterai secara otomatis ketika diperlukan, dan roda digerakkan 100% oleh motor listrik. Ini berbeda dengan mobil hybrid konvensional yang masih menggunakan mesin bensin untuk menggerakkan roda secara langsung atau bersama-sama dengan motor listrik.

Dengan sistem e-POWER, Anda bisa menikmati kelebihan mobil listrik, seperti akselerasi yang cepat, suara yang halus, dan efisiensi bahan bakar yang tinggi, tanpa harus khawatir tentang masalah mobil listrik, seperti ketersediaan stasiun pengisian listrik, biaya perawatan baterai, dan jangkauan tempuh yang terbatas.

Apa Saja Fitur Unggulan Nissan Kicks e-POWER?

Nissan Kicks e-POWER tidak hanya menawarkan teknologi e-POWER yang canggih, tetapi juga berbagai fitur unggulan yang membuatnya menjadi mobil SUV kompak yang ideal untuk Anda. Berikut adalah beberapa fitur yang bisa Anda temukan di Nissan Kicks e-POWER:

  • Desain Eksterior yang Modern dan Trendy. Nissan Kicks e-POWER dirancang dengan eksterior modern yang diikuti oleh garis tubuh tegas serta desain trendy yang akan membuat Anda tampil lebih dinamis dan percaya diri kemanapun Anda pergi. Anda juga bisa memilih warna favorit Anda dari 10 pilihan warna yang tersedia, termasuk warna two-tone yang menarik.
  • Interior yang Elegan dan Berkualitas. Rasakan interior elegan dilengkapi oleh sentuhan-sentuhan premium yang berlimpah di setiap sudutnya. Temukan teknologi konektivitas masa kini dan serangkaian fitur canggih di sekeliling Anda yang akan membuat setiap momen Anda di dalam mobil menjadi tak terlupakan. Nikmati kenyamanan kursi yang dilapisi kulit, ruang kabin yang lapang, dan sistem audio Bose Personal Plus yang menghadirkan suara berkualitas tinggi.
  • Nissan Intelligent Mobility. Nissan Kicks e-POWER dilengkapi dengan teknologi mutakhir Nissan Intelligent Mobility yang memberikan perlindungan lengkap 360 derajat bagi semua penumpang. Serangkaian teknologi pintar ini juga akan selalu ada untuk memberikan Anda bantuan di segala situasi, dan membuat perjalanan sehari-hari Anda menjadi luar biasa mudah. Beberapa fitur Nissan Intelligent Mobility yang ada di Nissan Kicks e-POWER adalah Intelligent Around View Monitor, Intelligent Forward Collision Warning, Intelligent Emergency Braking, Intelligent Trace Control, Intelligent Ride Control, dan Intelligent Engine Brake.
  • e-Pedal. Dengan teknologi e-Pedal yang revolusioner dan canggih, Anda bisa menikmati mudahnya berkendara sehari-hari hanya dengan menggerakkan satu pedal. Dengan menekan pedal, Anda bisa mempercepat mobil, dan dengan melepaskan pedal, Anda bisa memperlambat atau menghentikan mobil. Berkendara menjadi sangat rileks dan luar biasa nyaman, dalam segala situasi.
  • Apple CarPlay dan Android Auto. Berkendara akan terasa luar biasa asyik dengan fitur konektivitas tercanggih masa kini yaitu Apple CarPlay dan AndroidAuto. Menikmati musik dari playlist favorit Anda, mencari jalan ketika sedang berkendara di daerah asing, ataupun membaca pesan dari orang kesayangan kini bisa Anda akses dengan begitu mudah melalui Entertainment Display Nissan Kicks e-POWER yang siap menjadi teman berkendara Anda setiap hari.

Jika Anda tertarik untuk memiliki Nissan Kicks e-POWER, Anda bisa mengunjungi dealer Nissan terdekat di kota Anda, atau menghubungi nomor telepon yang tertera di website resmi Nissan Indonesia. Anda juga bisa mendownload brosur, daftar harga, atau mendaftar untuk test drive melalui website tersebut.

Nissan Kicks e-POWER adalah mobil listrik yang tidak perlu dicas, tetapi tetap memberikan performa, kenyamanan, dan keamanan yang luar biasa. Mobil ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin beralih ke kendaraan ramah lingkungan, tetapi tidak mau repot dengan urusan pengisian listrik.

- Advertisement -

Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki Nissan Kicks e-POWER, dan rasakan sensasi berkendara yang berbeda dengan mobil listrik yang bisa menghasilkan listrik sendiri. Nissan Kicks e-POWER, 100% electric motor-driven, self-charged.

Mobil ini memiliki mesin 1.2 liter, tenaga 81 hp, dan torsi 103 Nm. Nissan Kicks e-POWER tersedia dalam 8 pilihan warna, 4 two-tone color dan 4 single-tone color.

Beberapa kelebihan Nissan Kicks e-POWER adalah:

- Advertisement -
  • Mobil listrik yang tidak perlu dicas. Anda bisa menikmati keunggulan mobil listrik, seperti akselerasi yang cepat, suara yang halus, dan efisiensi bahan bakar yang tinggi, tanpa harus khawatir tentang masalah mobil listrik, seperti ketersediaan stasiun pengisian listrik, biaya perawatan baterai, dan jangkauan tempuh yang terbatas.
  • Fitur e-Pedal yang revolusioner. Dengan fitur e-Pedal, Anda bisa berkendara hanya dengan satu pedal. Dengan menekan pedal, Anda bisa mempercepat mobil, dan dengan melepaskan pedal, Anda bisa memperlambat atau menghentikan mobil. Fitur ini juga bisa mengisi daya baterai melalui sistem regenerasi yang mengubah energi kinetik menjadi listrik.
  • Nissan Intelligent Mobility. Nissan Kicks e-POWER dilengkapi dengan teknologi mutakhir Nissan Intelligent Mobility yang memberikan perlindungan lengkap 360 derajat bagi semua penumpang. Serangkaian teknologi pintar ini juga akan selalu ada untuk memberikan Anda bantuan di segala situasi, dan membuat perjalanan sehari-hari Anda menjadi luar biasa mudah. Beberapa fitur Nissan Intelligent Mobility yang ada di Nissan Kicks e-POWER adalah Intelligent Around View Monitor, Intelligent Forward Collision Warning, Intelligent Emergency Braking, Intelligent Trace Control, Intelligent Ride Control, dan Intelligent Engine Brake.

Beberapa kekurangan Nissan Kicks e-POWER adalah:

  • Torsi dan tenaga tidak sehebat kompetitor. Di atas kertas, performa motor listrik Nissan Kicks e-POWER masih kalah dibandingkan dengan Toyota Corolla Cross Hybrid yang menggunakan kombinasi mesin bensin 1.8 liter dan motor listrik. Torsi puncak Nissan Kicks e-POWER adalah 260 Nm, sedangkan Toyota Corolla Cross Hybrid adalah 305 Nm. Tenaga maksimal Nissan Kicks e-POWER adalah 129 PS, sedangkan Toyota Corolla Cross Hybrid adalah 170 PS.
  • Fitur kenyamanan kurang banyak. Nissan Kicks e-POWER tidak memiliki beberapa fitur kenyamanan yang ada di Toyota Corolla Cross Hybrid, seperti moonroof, head unit 9 inci, wireless charger, dan power back door.
  • Harga yang agak tinggi. Meskipun lebih murah dari Toyota Corolla Cross Hybrid, harga Nissan Kicks e-POWER masih tergolong tinggi dibandingkan dengan mobil sejenis yang berbahan bakar bensin. Harga on the road Nissan Kicks e-POWER di Indonesia adalah Rp 519 juta. Namun, ada penawaran terbatas dengan harga menjadi Rp 432,8 juta, serta Nissan Worry Free yang meliputi free service & parts, vehicle warranty, dan battery warranty.

Cara mengisi daya baterai pada Nissan Kicks e-POWER adalah sebagai berikut:

  • Pastikan mobil dalam posisi normal, yaitu mesin dan sistem e-POWER dalam keadaan mati.
  • Tekan tombol Start satu kali untuk menghidupkan mesin dan sistem e-POWER.
  • Gerakkan tuas persneling ke arah kanan dan tahan selama kurang lebih dua detik. Anda akan melihat indikator e-POWER berkedip di layar instrumen.
  • Lepaskan tuas persneling dan biarkan mobil dalam posisi parkir. Mesin dan generator akan bekerja untuk mengisi daya baterai secara otomatis.
  • Anda bisa memantau tingkat daya baterai di layar instrumen. Jika baterai sudah terisi penuh, mesin akan berhenti secara otomatis.
  • Tekan tombol Start lagi untuk mematikan mesin dan sistem e-POWER. Mobil siap digunakan kembali.

Nissan Kicks e-POWER juga memiliki fitur e-Pedal yang memungkinkan Anda berkendara hanya dengan satu pedal. Dengan menekan pedal, Anda bisa mempercepat mobil, dan dengan melepaskan pedal, Anda bisa memperlambat atau menghentikan mobil. Fitur ini juga bisa mengisi daya baterai melalui sistem regenerasi yang mengubah energi kinetik menjadi listrik.

Demikian cara mengisi daya baterai pada Nissan Kicks e-POWER.

Share This Article