Seabank dan Bank Jago: Memimpin Transformasi Bank Digital di Indonesia

Firman Yudha Pragusti By Firman Yudha Pragusti
1 Min Read

Industri perbankan di Indonesia sedang mengalami transformasi besar-besaran dengan munculnya bank digital. Dua pemain yang memimpin perubahan ini adalah Seabank dan Bank Jago.

Seabank: Bank Digital dengan Aset Terbesar

Seabank, yang sebelumnya dikenal sebagai PT Bank Kesejahteraan Ekonomi (Bank BKE), telah menjadi bank digital dengan aset terbesar di Indonesia. Pada tahun 2023, Seabank mencatatkan nilai aset sebesar Rp28,23 triliun. Pertumbuhan ini didorong oleh penyaluran kredit yang mencapai Rp13,95 triliun pada Juni 2022. Selain itu, Seabank juga berhasil menghimpun dana masyarakat atau dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp16,93 triliun.

Bank Jago: Bank Digital dengan Pertumbuhan Pesat

Bank Jago, bank digital yang dipimpin oleh konglomerat Jerry Ng, mencatatkan pertumbuhan aset yang pesat. Pada tahun 2023, Bank Jago mencatatkan aset sebesar Rp21,29 triliun, tumbuh 25,52% secara tahunan. Penyaluran kredit Bank Jago mencapai Rp13 triliun, meningkat 38% dari tahun sebelumnya.

Seabank dan Bank Jago telah berhasil memimpin transformasi bank digital di Indonesia. Dengan aset yang besar dan pertumbuhan yang pesat, kedua bank ini menunjukkan potensi besar dalam mengubah landskap perbankan di Indonesia.

- Advertisement -
Share This Article