Spesifikasi Baut Velg Mobil: Harga dan Cara Mengaplikasikannya

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
12 Min Read
Spesifikasi Baut Velg Mobil: Harga dan Cara Mengaplikasikannya
Spesifikasi Baut Velg Mobil: Harga dan Cara Mengaplikasikannya

Jika Anda termasuk orang yang suka memodifikasi mobil, tentu Anda tidak asing dengan istilah baut velg. Baut velg adalah komponen kecil yang berfungsi untuk mengikat pelek mobil dengan as roda. Meski terlihat sepele, baut velg ternyata memiliki peran penting dalam menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara. Baut velg yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil bisa menyebabkan pelek terlepas, roda bergoyang, bahkan rem blong.

Namun, apakah Anda tahu bahwa ada berbagai macam baut velg yang beredar di pasaran? Apakah Anda tahu bagaimana cara memilih baut velg yang tepat untuk mobil Anda? Apakah Anda tahu berapa harga baut velg yang wajar dan berkualitas? Jika Anda belum tahu jawabannya, maka artikel ini akan membantu Anda untuk mengetahui lebih banyak tentang baut velg mobil. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Macam-Macam Baut Velg

Baut velg memiliki beberapa variasi, baik dari segi ukuran, bahan, bentuk, maupun warna. Berikut adalah beberapa macam baut velg yang umum digunakan:

  • Ukuran: Ukuran baut velg biasanya ditentukan oleh diameter dan panjang ulirnya. Diameter ulir baut velg yang sering digunakan adalah 1,25 mm dan 1,5 mm. Ukuran 1,25 mm biasanya digunakan oleh mobil-mobil merek Suzuki, Nissan, dan Subaru. Sedangkan ukuran 1,5 mm biasanya digunakan oleh mobil-mobil merek Toyota, Daihatsu, dan Honda. Panjang ulir baut velg juga harus disesuaikan dengan ketebalan pelek mobil. Jika terlalu pendek, baut velg tidak akan mengunci pelek dengan kuat. Jika terlalu panjang, baut velg bisa menonjol keluar dari bibir pelek dan mengganggu kinerja rem.
  • Bahan: Bahan baut velg juga berpengaruh pada kekuatan dan ketahanannya. Ada beberapa jenis bahan baut velg yang umum digunakan, yaitu:
    • Baja hitam: Bahan ini merupakan bahan yang paling kuat dan tahan panas. Baut velg yang terbuat dari baja hitam biasanya berwarna gelap atau kelabu kehitaman. Bahan ini cocok digunakan untuk mobil-mobil yang sering melaju dengan kecepatan tinggi atau melewati medan yang berat.
    • Besi biasa: Bahan ini merupakan bahan yang paling murah dan mudah didapatkan. Baut velg yang terbuat dari besi biasa biasanya berwarna mengkilap seperti krom atau kekuning-kuningan karena hasil sepuhan. Bahan ini kurang cocok digunakan untuk mobil-mobil yang sering terkena panas atau air karena mudah karatan dan memuai.
    • Alumunium: Bahan ini merupakan bahan yang ringan dan mudah dibentuk. Baut velg yang terbuat dari alumunium biasanya berwarna putih atau silver. Bahan ini cocok digunakan untuk mobil-mobil yang mengutamakan estetika dan bobot ringan.
    • Duralumin: Bahan ini merupakan bahan yang paling mahal dan langka. Baut velg yang terbuat dari duralumin biasanya berwarna aneka ragam, seperti merah, biru, hijau, dll. Bahan ini cocok digunakan untuk mobil-mobil yang menginginkan performa dan penampilan terbaik. Duralumin merupakan bahan yang sangat kuat dan ringan, namun juga sangat mahal.
  • Bentuk: Bentuk baut velg juga bermacam-macam, tergantung dari desain dan fungsi pelek mobil. Ada beberapa bentuk baut velg yang umum digunakan, yaitu:
    • Lug nut: Bentuk ini merupakan bentuk yang paling standar dan umum. Lug nut berbentuk silinder dengan kepala segi enam. Bentuk ini mudah dipasang dan dilepas dengan kunci roda.
    • Lug bolt: Bentuk ini merupakan bentuk yang lebih jarang digunakan. Lug bolt berbentuk silinder dengan kepala segi empat. Bentuk ini lebih sulit dipasang dan dilepas karena membutuhkan alat khusus.
    • Spline drive: Bentuk ini merupakan bentuk yang lebih modern dan unik. Spline drive berbentuk silinder dengan kepala bergerigi. Bentuk ini lebih aman dan rapi karena membutuhkan kunci khusus yang sesuai dengan jumlah dan ukuran gerigi.
    • Locking lug nut: Bentuk ini merupakan bentuk yang paling aman dan anti maling. Locking lug nut berbentuk silinder dengan kepala berpola acak. Bentuk ini hanya bisa dipasang dan dilepas dengan kunci khusus yang memiliki pola yang sama dengan kepala baut velg.
  • Warna: Warna baut velg biasanya hanya berfungsi sebagai pelengkap estetika saja. Namun, warna baut velg juga harus disesuaikan dengan warna pelek mobil agar terlihat serasi dan tidak norak. Ada beberapa warna baut velg yang umum digunakan, yaitu:
    • Hitam: Warna ini merupakan warna yang paling netral dan cocok digunakan dengan pelek warna apapun. Warna ini juga memberikan kesan elegan dan sporty.
    • Merah: Warna ini merupakan warna yang paling mencolok dan cocok digunakan dengan pelek warna gelap. Warna ini juga memberikan kesan agresif dan dinamis.
    • Biru: Warna ini merupakan warna yang paling menarik dan cocok digunakan dengan pelek warna terang. Warna ini juga memberikan kesan futuristik dan keren.
    • Emas: Warna ini merupakan warna yang paling mewah dan cocok digunakan dengan pelek warna cokelat atau kuning. Warna ini juga memberikan kesan eksklusif dan prestisius.

Cara Memilih Baut Velg

Setelah mengetahui macam-macam baut velg, Anda tentu ingin tahu bagaimana cara memilih baut velg yang tepat untuk mobil Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

- Advertisement -
  • Sesuaikan ukuran baut velg dengan spesifikasi mobil Anda. Anda bisa mengecek ukuran baut velg yang sesuai dengan mobil Anda di buku manual atau di internet. Jangan sampai Anda memakai baut velg yang terlalu besar atau terlalu kecil karena bisa merusak ulir pelek atau as roda.
  • Sesuaikan bahan baut velg dengan kebutuhan dan budget Anda. Anda bisa memilih bahan baut velg yang sesuai dengan gaya berkendara dan kondisi lingkungan Anda. Jika Anda sering melaju dengan kecepatan tinggi atau melewati medan yang berat, pilihlah bahan baut velg yang kuat dan tahan panas, seperti baja hitam atau duralumin. Jika Anda mengutamakan estetika dan bobot ringan, pilihlah bahan baut velg yang ringan dan mudah dibentuk, seperti alumunium atau duralumin. Jika Anda memiliki budget terbatas, pilihlah bahan baut velg yang murah dan mudah didapatkan, seperti besi biasa.
  • Sesuaikan bentuk baut velg dengan desain dan fungsi pelek mobil Anda. Anda bisa memilih bentuk baut velg yang sesuai dengan selera dan keamanan Anda. Jika Anda suka dengan bentuk yang standar dan umum, pilihlah lug nut atau lug bolt. Jika Anda suka dengan bentuk yang modern dan unik, pilihlah spline drive atau locking lug nut. Jika Anda ingin meningkatkan keamanan dari pencurian, pilihlah locking lug nut yang memiliki pola acak.
  • Sesuaikan warna baut velg dengan warna pelek mobil Anda. Anda bisa memilih warna baut velg yang sesuai dengan konsep dan tema modifikasi Anda. Jika Anda ingin menciptakan kesan yang netral dan elegan, pilihlah warna hitam. Jika Anda ingin menciptakan kesan yang mencolok dan agresif, pilihlah warna merah. Jika Anda ingin menciptakan kesan yang menarik dan futuristik, pilihlah warna biru. Jika Anda ingin menciptakan kesan yang mewah dan prestisius, pilihlah warna emas.

Harga Baut Velg

Baut velg adalah komponen yang digunakan untuk mengikat pelek mobil dengan as roda. Ada berbagai jenis, ukuran, dan warna baut velg yang bisa Anda pilih sesuai dengan spesifikasi dan selera Anda. Berikut adalah daftar harga beberapa jenis baut velg :

  • Lug nut: Baut velg yang berbentuk seperti mur, yang dipasang dengan cara diputar ke sekrup yang menonjol dari as roda. Lug nut lebih umum digunakan di mobil-mobil Jepang dan Amerika. Harga lug nut bervariasi tergantung dari bahan, bentuk, dan warnanya. Contohnya, lug nut merek Gentleman berbahan baja hitam berbentuk silinder dengan kepala segi enam berwarna gelap dijual dengan harga Rp154.000 per 16 pcs. Sedangkan lug nut merek Orido berbahan alumunium berbentuk silinder dengan kepala bergerigi berwarna merah dijual dengan harga Rp850.000 per 16 pcs.
  • Lug bolt: Baut velg yang berbentuk seperti baut biasa, yang dipasang dengan cara dimasukkan ke lubang di velg dan as roda, kemudian dikencangkan dengan kunci. Lug bolt lebih umum digunakan di mobil-mobil Eropa. Harga lug bolt juga bervariasi tergantung dari bahan, bentuk, dan warnanya. Contohnya, lug bolt merek Yoshinobu berbahan baja hitam berbentuk silinder dengan kepala segi empat berwarna gelap dijual dengan harga mulai dari Rp189.000 per 10 pcs. Sedangkan lug bolt merek Monotaro berbahan alumunium berbentuk silinder dengan kepala segi enam berwarna putih dijual dengan harga mulai dari Rp28.000 per 10 pcs.
  • Spline drive: Baut velg yang berbentuk silinder dengan kepala bergerigi, yang membutuhkan kunci khusus yang sesuai dengan jumlah dan ukuran geriginya. Spline drive lebih aman dan rapi karena sulit dibuka tanpa kunci yang tepat. Harga spline drive juga bervariasi tergantung dari bahan, bentuk, dan warnanya. Contohnya, spline drive merek Yoshinobu berbahan baja hitam berbentuk silinder dengan kepala bergerigi berwarna gelap dijual dengan harga mulai dari Rp60.000 per 10 pcs. Sedangkan spline drive merek Monotaro berbahan alumunium berbentuk silinder dengan kepala bergerigi berwarna aneka ragam dijual dengan harga mulai dari Rp3.000 per 10 pcs.
  • Locking lug nut: Baut velg yang berbentuk silinder dengan kepala berpola acak, yang membutuhkan kunci khusus yang memiliki pola yang sama dengan kepala baut velg. Locking lug nut paling aman dan anti maling karena tidak bisa dibuka tanpa kunci yang sesuai. Harga locking lug nut juga bervariasi tergantung dari bahan, bentuk, dan warnanya. Contohnya, locking lug nut merek Yoshinobu berbahan baja hitam berbentuk silinder dengan kepala berpola acak berwarna gelap dijual dengan harga mulai dari Rp51.000 per 10 pcs. Sedangkan locking lug nut merek Monotaro berbahan alumunium berbentuk silinder dengan kepala berpola acak berwarna aneka ragam dijual dengan harga mulai dari Rp5.000 per 10 pcs.

Demikianlah daftar harga beberapa jenis baut velg yang kami rangkum untuk Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memilih baut velg yang sesuai dengan mobil Anda.

Share This Article