Suzuki Ertiga Smart Hybrid: Mobil Keluarga yang Pintar atau Pura-Pura Pintar?

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
6 Min Read
Suzuki Ertiga Smart Hybrid: Mobil Keluarga yang Pintar atau Pura-Pura Pintar?
Suzuki Ertiga Smart Hybrid: Mobil Keluarga yang Pintar atau Pura-Pura Pintar?

Suzuki Ertiga Smart Hybrid adalah mobil MPV yang mengklaim dirinya sebagai pelopor mobil terelektrifikasi di Indonesia. Mobil ini diluncurkan pada Juni 2022 dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp 273,7 juta hingga Rp 295,6 juta. Mobil ini juga mengusung teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang diklaim lebih ramah lingkungan, hemat bahan bakar, dan responsif. Tapi apakah benar Suzuki Ertiga Smart Hybrid sehebat itu? Ataukah ini hanya trik pemasaran untuk menarik konsumen yang tidak tahu menahu tentang teknologi hybrid?

Apa itu Smart Hybrid?

Smart Hybrid adalah istilah yang diciptakan oleh Suzuki untuk menyebut teknologi penggerak ganda yang digunakan pada Ertiga Smart Hybrid. Teknologi ini menggabungkan mesin bensin 1.5 liter dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai lithium-ion. ISG adalah komponen yang berfungsi sebagai alternator dan juga motor listrik. ISG dapat memberikan dorongan tenaga saat akselerasi awal dan mengisi ulang baterai saat mobil melambat atau berhenti. Baterai lithium-ion menyimpan energi yang dihasilkan oleh ISG dan digunakan saat mesin membutuhkan bantuan. Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan fitur Engine Auto Stop yang dapat mematikan mesin saat mobil berhenti untuk menghemat bahan bakar.

Apa Keunggulan Suzuki Ertiga Smart Hybrid?

Suzuki Ertiga Smart Hybrid memiliki beberapa keunggulan yang ditawarkan kepada konsumen, antara lain:

  • Konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Suzuki mengklaim bahwa Ertiga Smart Hybrid dapat mencapai angka 22,4 km/liter untuk varian manual dan 20,8 km/liter untuk varian otomatis. Angka ini tentu lebih baik daripada Ertiga biasa yang hanya 18,9 km/liter untuk manual dan 16,7 km/liter untuk otomatis.
  • Performa mesin yang lebih responsif. Dengan adanya ISG yang memberikan tambahan tenaga, Ertiga Smart Hybrid dapat berakselerasi lebih cepat dan halus. Mesin bensinnya juga memiliki tenaga 103 hp dan torsi 138 Nm, yang cukup untuk menggerakkan mobil seberat 1,2 ton.
  • Fitur-fitur modern dan mewah. Ertiga Smart Hybrid memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh Ertiga biasa, seperti cruise control, smart key, leather steering wheel, projector headlamps, electric and auto foldable mirror, fire extinguisher, dan hybrid emblem. Fitur-fitur ini tentu menambah kenyamanan dan kesan premium bagi pengemudi dan penumpang.

Apa Kelemahan Suzuki Ertiga Smart Hybrid?

Meskipun memiliki beberapa keunggulan, Ertiga Smart Hybrid juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan, antara lain:

- Advertisement -
  • Teknologi hybrid yang belum sejati. Smart Hybrid yang digunakan oleh Suzuki sebenarnya hanya sebatas mild hybrid, yang artinya motor listriknya tidak bisa berfungsi sebagai penggerak utama. Motor listriknya hanya membantu mesin bensin saat akselerasi awal dan tidak bisa digunakan saat kecepatan tinggi. Jadi, jangan harap Anda bisa berkendara tanpa bensin sama sekali dengan Ertiga Smart Hybrid.
  • Transmisi yang ketinggalan zaman. Ertiga Smart Hybrid masih menggunakan transmisi otomatis 4-percepatan yang sudah usang dan tidak efisien. Transmisi ini membuat performa mesin menjadi terbatas dan tidak optimal. Padahal, kompetitor Ertiga seperti Honda Mobilio dan Toyota Sienta sudah menggunakan transmisi CVT yang lebih halus dan hemat.
  • Desain yang tidak banyak berubah. Ertiga Smart Hybrid tidak memiliki perbedaan yang signifikan dari Ertiga biasa dalam hal desain eksterior dan interior. Mobil ini hanya memiliki beberapa perubahan minor seperti grille, emblem, dan velg. Desainnya juga tidak terlalu menarik dan cenderung konservatif. Jadi, jangan harap Anda bisa menarik perhatian orang dengan Ertiga Smart Hybrid.
  • Fitur yang biasa saja. Meskipun memiliki beberapa fitur tambahan, Ertiga Smart Hybrid tidak memiliki fitur yang istimewa atau inovatif. Fitur-fitur seperti cruise control, smart key, dan projector headlamps sudah menjadi standar di mobil-mobil sekelasnya. Fitur yang benar-benar baru hanya fire extinguisher, yang sebenarnya bisa Anda beli sendiri di toko-toko aksesoris. Jadi, jangan harap Anda bisa merasakan sensasi berkendara yang berbeda dengan Ertiga Smart Hybrid.

Suzuki Ertiga Smart Hybrid adalah mobil MPV yang menawarkan teknologi hybrid yang lebih ramah lingkungan, hemat bahan bakar, dan responsif. Mobil ini juga memiliki beberapa fitur modern dan mewah yang menambah kenyamanan dan kesan premium. Namun, mobil ini juga memiliki beberapa kelemahan, seperti teknologi hybrid yang belum sejati, transmisi yang ketinggalan zaman, desain yang tidak banyak berubah, dan fitur yang biasa saja. Jadi, apakah Suzuki Ertiga Smart Hybrid adalah mobil keluarga yang pintar atau pura-pura pintar? Jawabannya tergantung pada preferensi dan kebutuhan Anda sebagai konsumen. Jika Anda mencari mobil yang hemat, responsif, dan nyaman, maka Ertiga Smart Hybrid bisa menjadi pilihan Anda. Namun, jika Anda mencari mobil yang benar-benar hybrid, canggih, dan menarik, maka Anda mungkin harus mencari alternatif lain.

Share This Article