Toyota Fortuner: Monster Jalan Raya yang Menawan dan Menguras Dompet

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
9 Min Read
Toyota Fortuner: Monster Jalan Raya yang Menawan dan Menguras Dompet
Toyota Fortuner: Monster Jalan Raya yang Menawan dan Menguras Dompet

Toyota Fortuner. Siapa yang tidak kenal dengan monster jalan raya ini? Dengan desain yang gagah dan mesin yang kuat, Fortuner seolah menjadi simbol status bagi mereka yang mengendarainya. Tapi tunggu dulu, sebelum Anda terburu-buru membeli mobil ini, mari kita lihat lebih dekat apa saja kelebihan dan kekurangan dari Toyota Fortuner ini. Dan percayalah, Anda mungkin akan terkejut!

Toyota Fortuner: SUV Gagah yang Boros Bensin

Toyota Fortuner adalah salah satu SUV terpopuler di Indonesia. Mobil ini sudah ada sejak tahun 2005 dan terus mengalami penyegaran hingga generasi terbaru yang diluncurkan pada Oktober 2020. Toyota Fortuner menawarkan desain yang gagah, fitur yang modern, dan performa yang tangguh. Tapi, apakah mobil ini benar-benar sempurna? Apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner? Dan berapa harga Toyota Fortuner terbaru? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

SUV Gagah yang Bikin Dompet Menjerit

SUV atau Sport Utility Vehicle adalah jenis mobil yang cocok untuk segala medan. Mobil ini memiliki bodi yang besar, ground clearance yang tinggi, dan mesin yang bertenaga. SUV juga bisa menampung banyak penumpang dan barang, sehingga ideal untuk keluarga atau perjalanan jauh. Di Indonesia, SUV menjadi salah satu segmen mobil yang paling diminati. Banyak pabrikan mobil yang berlomba-lomba mengeluarkan produk SUV terbaik mereka.

Salah satu pabrikan mobil yang sudah lama berkecimpung di segmen SUV adalah Toyota. Toyota memiliki beberapa produk SUV yang terkenal, seperti Land Cruiser, Rush, dan Fortuner. Dari ketiga produk tersebut, Fortuner adalah yang paling populer dan menjadi tulang punggung Toyota di segmen SUV. Fortuner adalah SUV ladder frame yang berbasis dari Toyota Hilux, sebuah pikap yang juga terkenal tangguh. Fortuner pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 dan langsung mendapat sambutan hangat dari masyarakat Indonesia.

- Advertisement -

Fortuner memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi SUV favorit banyak orang. Pertama, desainnya yang gagah dan sangar. Fortuner memiliki tampilan yang maskulin dan sporty, dengan grille besar, lampu LED, bumper yang kokoh, dan pelek 18 inci. Fortuner juga memiliki dimensi yang besar, dengan panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.835 mm. Fortuner juga memiliki ground clearance yang tinggi, yaitu 225 mm, sehingga bisa melewati berbagai rintangan di jalan.

Kedua, fiturnya yang modern dan canggih. Fortuner memiliki fitur-fitur yang membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan aman, seperti wireless charger, power back door, smart entry, push start button, cruise control, rear seat entertainment, 9 airbags, ABS, EBD, BA, VSC, HAC, DAC, TSC, dan lain-lain. Fortuner juga memiliki sistem multimedia yang lengkap, dengan layar sentuh 8 inci, koneksi Bluetooth, USB, dan AUX, serta 6 speaker. Fortuner juga memiliki kamera mundur dan sensor parkir yang membantu saat parkir.

Ketiga, performanya yang tangguh dan handal. Fortuner memiliki dua pilihan mesin, yaitu bensin dan diesel. Mesin bensin berkode 2TR-FE berkapasitas 2.694 cc dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 160 HP dan torsi maksimal 242 Nm. Mesin diesel berkode 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc dengan teknologi Common Rail Turbo VNT. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 149 HP dan torsi maksimal 400 Nm. Kedua mesin ini bisa dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 6-percepatan. Fortuner juga memiliki pilihan sistem penggerak 4×2 atau 4×4, yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan.

Toyota Fortuner tidak hanya menawarkan desain eksterior yang modern dan sporty, tetapi juga fitur-fitur canggih dan berkualitas yang membuatnya menjadi SUV mewah yang sebenarnya.

Desain Eksterior yang Modern dan Sporty

Toyota Fortuner memiliki desain eksterior yang modern dan sporty, dengan garis-garis tegas dan aerodinamis yang mencerminkan kekuatan dan kecepatannya. Mobil ini juga dilengkapi dengan lampu depan dan belakang LED yang elegan dan fungsional, serta grille depan yang besar dan berlogo GR (Gazoo Racing) yang menunjukkan identitasnya sebagai SUV performa tinggi.

- Advertisement -

Salah satu varian tertinggi dari Toyota Fortuner adalah GR Sport, yang memiliki desain eksterior yang lebih agresif dan eksklusif. Varian ini memiliki bumper depan dan belakang yang lebih sporty, dengan spoiler dan diffuser yang menambah kesan aerodinamis. Varian ini juga memiliki velg hitam berukuran 18 inci yang kokoh dan stylish, serta stiker samping yang berlogo GR yang menambah kesan sporty.

Fitur-Fitur Canggih dan Berkualitas

Toyota Fortuner tidak hanya mengandalkan desain eksterior yang modern dan sporty, tetapi juga fitur-fitur canggih dan berkualitas yang membuatnya menjadi SUV mewah yang sebenarnya. Mobil ini memiliki fitur-fitur yang meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan pengemudi dan penumpangnya.

Salah satu fitur yang membuat Toyota Fortuner nyaman adalah AC otomatis dengan dual zone, yang bisa mengatur suhu kabin sesuai dengan keinginan pengemudi dan penumpang depan. Fitur ini juga bisa menyesuaikan suhu kabin secara otomatis sesuai dengan kondisi cuaca dan sinar matahari. Fitur ini sangat berguna di Indonesia, yang memiliki iklim tropis yang panas dan lembab.

- Advertisement -

Salah satu fitur yang membuat Toyota Fortuner aman adalah 7 SRS airbag, yang melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan keras saat terjadi kecelakaan. Fitur ini terdiri dari airbag depan, lutut, samping, dan tirai, yang tersebar di seluruh kabin. Fitur ini sangat penting di Indonesia, yang memiliki tingkat kecelakaan lalu lintas yang tinggi.

Salah satu fitur yang membuat Toyota Fortuner mudah adalah head unit display berukuran 9 inci, yang bisa menghubungkan mobil dengan smartphone pengemudi melalui koneksi Bluetooth atau USB. Fitur ini bisa memutar musik, video, atau navigasi dari smartphone pengemudi, serta menampilkan informasi penting seperti kecepatan, bahan bakar, atau tekanan ban. Fitur ini sangat berguna di Indonesia, yang memiliki lalu lintas yang padat dan sering macet.

Harga yang Sesuai dengan Kualitas

Toyota Fortuner adalah SUV mewah yang tidak hanya sekadar gaya, tetapi juga memiliki fitur-fitur canggih dan berkualitas yang membuatnya nyaman, aman, dan mudah. Tentu saja, mobil ini tidak bisa didapatkan dengan harga murah. Toyota Fortuner memiliki harga yang sesuai dengan kualitasnya, yaitu mulai dari Rp 556,3 juta hingga Rp 647,3 juta.

Harga ini mungkin terasa mahal bagi sebagian orang, tetapi sebenarnya sangat wajar jika dibandingkan dengan SUV lain yang sekelas. Toyota Fortuner memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh SUV lain, yaitu performa mesin yang tangguh, fitur 4×4 yang handal, dan garansi resmi dari Toyota yang terpercaya. Toyota Fortuner juga memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga bisa menjadi investasi yang menguntungkan.

Namun, harga ini juga memiliki kekurangan yang tidak bisa diabaikan, yaitu pajak yang tinggi. Toyota Fortuner memiliki pajak yang tinggi karena termasuk dalam kategori mobil mewah, yang dikenakan pajak progresif oleh pemerintah. Pajak ini bisa mencapai puluhan juta rupiah per tahun, tergantung dari daerah tempat tinggal pengemudi. Pajak ini bisa menjadi beban bagi pengemudi, terutama di masa pandemi yang sulit seperti sekarang.

Toyota Fortuner adalah SUV mewah yang tidak hanya sekadar gaya, tetapi juga memiliki fitur-fitur canggih dan berkualitas yang membuatnya nyaman, aman, dan mudah. Mobil ini memiliki desain eksterior yang modern dan sporty, dengan varian GR Sport yang lebih agresif dan eksklusif. Mobil ini juga memiliki fitur-fitur yang meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan pengemudi dan penumpangnya, seperti AC otomatis dengan dual zone, 7 SRS airbag, dan head unit display berukuran 9 inci.

Share This Article