Toyota Prius Prime: Mobil Hybrid yang Bikin Anda Tampak Keren dan Hemat Bensin

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
8 Min Read
Toyota Prius Prime: Mobil Hybrid yang Bikin Anda Tampak Keren dan Hemat Bensin
Toyota Prius Prime: Mobil Hybrid yang Bikin Anda Tampak Keren dan Hemat Bensin

Mobil hybrid adalah mobil yang menggunakan dua atau lebih sumber energi untuk bergerak, misalnya bensin dan listrik. Mobil hybrid memiliki beberapa keunggulan, seperti efisiensi bahan bakar yang tinggi, emisi gas buang yang rendah, dan performa yang cukup baik. Salah satu mobil hybrid yang populer di pasaran adalah Toyota Prius Prime, yang merupakan versi plug-in dari Toyota Prius.

Toyota Prius Prime adalah mobil hybrid yang menawarkan jangkauan berkendara tanpa bensin hingga 44 mil (sekitar 70 km), konsumsi bahan bakar gabungan 52/127 mil per galon (sekitar 22/54 km per liter), dan desain yang futuristik dan menarik. Toyota Prius Prime diluncurkan pada tahun 2023 dengan perubahan yang signifikan dari generasi sebelumnya, baik dari segi tampilan maupun teknologi. Toyota Prius Prime kini hadir dalam tiga varian, yaitu SE, XSE, dan XSE Premium, dengan harga mulai dari $34.070 hingga $40.765.

Apa yang Membuat Toyota Prius Prime Menonjol?

Toyota Prius Prime bukanlah mobil hybrid biasa. Mobil ini memiliki beberapa fitur dan kelebihan yang membuatnya berbeda dari mobil-mobil lain di kelasnya. Berikut adalah beberapa hal yang membuat Toyota Prius Prime menonjol:

  • Jangkauan berkendara tanpa bensin yang luar biasa. Toyota Prius Prime memiliki baterai lithium-ion berkapasitas 8,8 kWh yang dapat diisi ulang melalui colokan listrik. Dengan baterai penuh, mobil ini dapat berjalan hingga 44 mil (70 km) tanpa menggunakan bensin sama sekali. Ini berarti Anda bisa menghemat biaya bensin dan mengurangi jejak karbon Anda dengan signifikan. Jika baterai habis, Anda tidak perlu khawatir, karena mobil ini akan beralih ke mesin bensin 2,0 liter yang juga hemat bahan bakar. Dengan kombinasi bensin dan listrik, Toyota Prius Prime memiliki jangkauan total hingga 640 mil (1.030 km).
  • Performa yang mengesankan. Toyota Prius Prime bukanlah mobil yang lemot dan lesu. Mobil ini memiliki tenaga gabungan sebesar 220 hp, naik 99 hp dari generasi sebelumnya. Dengan tenaga ini, mobil ini dapat berakselerasi dari 0-60 mph (0-96 km/jam) dalam 6,6 detik. Selain itu, mobil ini juga memiliki transmisi CVT yang halus dan responsif, serta sistem penggerak roda depan yang stabil. Toyota Prius Prime juga memiliki empat mode berkendara yang dapat disesuaikan dengan kondisi jalan dan preferensi pengemudi, yaitu EV, HV, EV Auto, dan EV Charge.
  • Desain yang seksi dan futuristik. Toyota Prius Prime bukanlah mobil yang membosankan dan kuno. Mobil ini memiliki desain yang aerodinamis dan modern, dengan garis-garis tajam dan lekukan-lekukan halus. Bagian depan mobil ini memiliki grille yang tipis dan lampu LED yang tegas, sedangkan bagian belakang mobil ini memiliki lampu belakang yang menyala secara horizontal dan spoiler yang sporty. Mobil ini juga memiliki atap kaca yang memberikan kesan luas dan terang di dalam kabin, serta velg alloy 19 inci yang memberikan kesan gagah dan dinamis. Toyota Prius Prime tersedia dalam enam pilihan warna, yaitu Guardian Gray, Electric Storm Blue, Magnetic Gray, Blizzard Pearl, Supersonic Red, dan Midnight Black.
  • Fitur-fitur yang canggih dan lengkap. Toyota Prius Prime bukanlah mobil yang pelit dan seadanya. Mobil ini memiliki fitur-fitur yang canggih dan lengkap, baik untuk keselamatan, kenyamanan, maupun hiburan. Untuk keselamatan, mobil ini dilengkapi dengan Toyota Safety Sense 2.5+, yang mencakup sistem pengereman darurat otomatis, sistem peringatan tabrakan depan, sistem pengendalian laju kendaraan adaptif, sistem bantuan menjaga lajur, sistem pengenalan rambu lalu lintas, dan sistem lampu utama otomatis. Selain itu, mobil ini juga memiliki fitur blind spot monitor, rear cross-traffic alert, rearview camera, dan tujuh airbag. Untuk kenyamanan, mobil ini dilengkapi dengan kunci pintar, pintu bagasi otomatis, kaca spion anti silau, dan kursi depan yang dapat disetel dan dipanaskan. Untuk hiburan, mobil ini dilengkapi dengan layar sentuh 8,0 inci atau 12,3 inci, sistem audio JBL dengan delapan speaker, sistem navigasi, Apple CarPlay, Android Auto, Amazon Alexa, dan pengisian nirkabel untuk ponsel pintar.

Apa yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Toyota Prius Prime?

Toyota Prius Prime memang memiliki banyak keunggulan, tetapi bukan berarti mobil ini sempurna. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli mobil ini, antara lain:

- Advertisement -
  • Ruang kepala yang terbatas di baris kedua. Desain atap kaca yang menawan ternyata memiliki konsekuensi negatif bagi ruang kepala di baris kedua. Jika Anda memiliki tinggi badan di atas rata-rata, Anda mungkin akan merasa kurang nyaman saat duduk di kursi belakang, karena atap kaca yang melengkung akan mengurangi ruang kepala Anda. Selain itu, kursi belakang juga hanya dapat menampung dua orang, karena adanya konsole tengah yang besar. Jadi, jika Anda sering membawa penumpang lebih dari dua orang, Anda mungkin harus mempertimbangkan mobil lain yang lebih lapang.
  • Penyimpanan interior yang kurang. Toyota Prius Prime juga kurang menyediakan tempat untuk menyimpan barang-barang kecil di dalam kabin. Meskipun mobil ini memiliki laci sarung tangan, kantong pintu, dan tempat minum, namun ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu banyak². Selain itu, mobil ini juga tidak memiliki laci di bawah kursi depan, laci di bawah lantai, atau rak di atas konsol. Jadi, jika Anda suka membawa barang-barang kecil seperti dompet, kunci, ponsel, atau kacamata, Anda mungkin akan kesulitan menemukan tempat yang pas untuk meletakkannya.
  • Desain instrumen yang rumit. Toyota Prius Prime memiliki desain instrumen yang cukup rumit dan membingungkan. Mobil ini tidak memiliki panel instrumen di belakang kemudi, melainkan di atas dasbor, yang membuat Anda harus mengalihkan pandangan saat ingin melihat informasi penting seperti kecepatan, bahan bakar, atau baterai². Selain itu, mobil ini juga memiliki layar sentuh yang terlalu sensitif dan memiliki banyak tombol virtual yang sulit dibedakan. Jadi, Anda harus berhati-hati saat mengoperasikan layar sentuh, karena Anda bisa saja menekan tombol yang salah atau tidak sengaja mengubah pengaturan.

Toyota Prius Prime adalah mobil hybrid yang menawarkan banyak keunggulan, seperti jangkauan berkendara tanpa bensin yang luar biasa, performa yang mengesankan, desain yang seksi dan futuristik, dan fitur-fitur yang canggih dan lengkap. Mobil ini cocok bagi Anda yang ingin memiliki mobil yang hemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan menarik perhatian. Namun, Anda juga harus memperhatikan beberapa kekurangan mobil ini, seperti ruang kepala yang terbatas di baris kedua, penyimpanan interior yang kurang, dan desain instrumen yang rumit. Jika Anda bisa menerima kekurangan-kekurangan tersebut, maka Toyota Prius Prime bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Share This Article