Toyota Rush: SUV Tangguh atau Hanya Gimmick?

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
11 Min Read
Toyota Rush: SUV Tangguh atau Hanya Gimmick?
Toyota Rush: SUV Tangguh atau Hanya Gimmick?

Toyota Rush. Yap ! Siapa yang tidak tahu SUV yang satu ini Toyota Rush adalah salah satu produk andalan Toyota di pasar mobil Indonesia. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 sebagai saudara kembar dari Daihatsu Terios, dan sejak itu telah mengalami beberapa perubahan desain dan fitur. Pada tahun 2024, Toyota meluncurkan varian terbaru dari Rush, yaitu Rush GR Sport, yang diklaim sebagai SUV sporty dengan tampilan lebih agresif dan dinamis. Namun, apakah Toyota Rush benar-benar layak untuk dimiliki? Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Dan bagaimana perbandingannya dengan pesaingnya di kelas yang sama? Mari kita ulas bersama-sama.

Kelebihan Toyota Rush

Salah satu kelebihan utama Toyota Rush adalah kapasitas penumpangnya yang cukup luas. Mobil ini memiliki tujuh kursi yang bisa menampung keluarga besar atau rombongan teman. Selain itu, kursi belakang bisa dilipat untuk memberikan ruang bagasi yang lebih lega. Toyota Rush juga memiliki ground clearance yang tinggi, yaitu 220 mm, yang membuatnya bisa melewati medan yang tidak rata atau berlubang dengan mudah. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang cukup lengkap, seperti enam airbag, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Brake Signal (EBS). Selain itu, Toyota Rush juga memiliki fitur kenyamanan yang menarik, seperti lampu LED, grille krom, bumper spoiler, dashboard dua warna, dan setir sporty. Toyota Rush juga memiliki harga yang terjangkau. Harga Toyota Rush di Indonesia bervariasi tergantung pada varian, transmisi, dan warna yang dipilih. Berdasarkan hasil pencarian web yang saya temukan, harga Toyota Rush mulai dari Rp 282,7 juta untuk tipe G manual, hingga Rp 306,1 juta untuk tipe GR Sport otomatis. Harga ini adalah harga on the road (OTR) di Jakarta Selatan, dan bisa berbeda di daerah lain. Anda juga bisa mendapatkan promo kredit atau cicilan ringan dari dealer resmi Toyota di daerah Anda.

Salah satu point penting pada pada SUV ini adalah Toyota Rush memiliki beberapa fitur keselamatan yang bisa melindungi pengemudi dan penumpang saat berkendara. Berikut adalah beberapa fitur keselamatan yang dimiliki Toyota Rush:

  • 6 SRS Airbags: Toyota Rush dilengkapi dengan enam kantong udara yang akan mengembang saat terjadi benturan, yaitu dua di depan, dua di samping, dan dua di belakang.
  • Vehicle Stability Control (VSC): Toyota Rush memiliki sistem kontrol stabilitas yang bisa mengurangi resiko selip atau tergelincir saat bermanuver di tikungan.
  • Anti-lock Braking System (ABS): Toyota Rush memiliki sistem pengereman anti terkunci yang bisa mencegah ban berhenti berputar saat mengerem mendadak.
  • Electronic Brake Force Distribution (EBD): Toyota Rush memiliki sistem distribusi gaya pengereman yang bisa menyesuaikan tekanan rem di setiap roda sesuai dengan beban dan kondisi jalan.
  • Brake Assist (BA): Toyota Rush memiliki sistem bantuan pengereman yang bisa meningkatkan tekanan rem saat pengemudi mengerem secara mendadak.
  • Hill-Start Assist (HSA): Toyota Rush memiliki sistem bantuan saat beranjak dari tanjakan yang bisa mencegah mobil mundur saat pengemudi memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas.

Selain fitur-fitur di atas, Toyota Rush juga memiliki fitur keselamatan lainnya, seperti Emergency Brake Signal (EBS), indikator sabuk pengaman, pengingat pintu terbuka, crash sensor, dan kamera belakang.

- Advertisement -

Kekurangan Toyota Rush

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Toyota Rush juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah performa mesinnya yang kurang bertenaga. Mobil ini menggunakan mesin bensin 1.5 liter yang sama dengan Toyota Yaris, yang hanya mampu menghasilkan tenaga maksimal 104 PS dan torsi puncak 136 Nm. Mesin ini juga menggunakan transmisi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan, yang sudah tergolong ketinggalan zaman. Hal ini membuat Toyota Rush kurang responsif dan boros bahan bakar, terutama saat melaju di jalan tol atau menanjak. Selain itu, Toyota Rush juga memiliki desain eksterior yang kurang menarik, karena terlihat mirip dengan Daihatsu Terios, yang merupakan mobil low cost green car (LCGC). Mobil ini juga memiliki interior yang kurang mewah, karena menggunakan bahan plastik yang keras dan kasar. Toyota Rush juga memiliki fitur hiburan yang kurang canggih, karena hanya menggunakan layar sentuh 7 inci tanpa konektivitas Android Auto atau Apple CarPlay.

Perbandingan dengan Pesaing

Toyota Rush memiliki beberapa pesaing di kelas SUV kompak, seperti Honda BR-V, Suzuki XL7, Mitsubishi Xpander Cross, dan Nissan Magnite. Dari segi harga, Toyota Rush berada di tengah-tengah, lebih mahal dari Suzuki XL7 dan Nissan Magnite, tetapi lebih murah dari Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander Cross. Dari segi kapasitas penumpang, Toyota Rush sejajar dengan Honda BR-V, Suzuki XL7, dan Mitsubishi Xpander Cross, yang juga memiliki tujuh kursi, sedangkan Nissan Magnite hanya memiliki lima kursi. Dari segi performa mesin, Toyota Rush kalah dari Honda BR-V, Suzuki XL7, dan Mitsubishi Xpander Cross, yang memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar, serta transmisi yang lebih modern. Toyota Rush juga kalah dari Nissan Magnite, yang memiliki mesin turbo yang lebih efisien. Dari segi desain eksterior, Toyota Rush juga kalah dari Honda BR-V, Suzuki XL7, Mitsubishi Xpander Cross, dan Nissan Magnite, yang memiliki tampilan yang lebih sporty dan stylish. Dari segi interior, Toyota Rush juga kalah dari Honda BR-V, Suzuki XL7, dan Mitsubishi Xpander Cross, yang memiliki bahan dan fitur yang lebih mewah. Toyota Rush hanya unggul dari Nissan Magnite, yang memiliki interior yang lebih sederhana. Dari segi fitur keselamatan, Toyota Rush unggul dari Honda BR-V, Suzuki XL7, dan Nissan Magnite, yang hanya memiliki dua airbag, sedangkan Mitsubishi Xpander Cross sejajar dengan Toyota Rush, yang memiliki enam airbag. Dari segi fitur kenyamanan, Toyota Rush kalah dari Honda BR-V, Suzuki XL7, Mitsubishi Xpander Cross, dan Nissan Magnite, yang memiliki fitur hiburan yang lebih canggih dan konektivitas yang lebih baik.

Varian warna & sentuhan mewah

Toyota Rush sendiri tersedia dalam enam warna yang berbeda, yaitu:

  • White: Warna putih yang bersih dan elegan, cocok untuk Anda yang suka tampil simpel dan rapi.
  • Black Mica: Warna hitam yang klasik dan sporty, cocok untuk Anda yang suka tampil gagah dan berani.
  • Dark Red Mica Metallic: Warna merah tua yang mewah dan dinamis, cocok untuk Anda yang suka tampil menarik dan bersemangat.
  • Silver Mica Metallic: Warna perak yang modern dan futuristik, cocok untuk Anda yang suka tampil canggih dan trendy.
  • Bronze Mica Metallic: Warna coklat yang hangat dan natural, cocok untuk Anda yang suka tampil santai dan harmonis.
  • Deep Maroon Mica: Warna marun yang elegan dan eksklusif, cocok untuk Anda yang suka tampil berkelas dan berwibawa.

Mobil ini memiliki beberapa fitur mewah yang bisa meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang. Berikut adalah beberapa fitur mewah Toyota Rush:

  • Lampu LED: Toyota Rush dilengkapi dengan lampu LED di depan dan belakang, yang memberikan kualitas penerangan yang baik dan tampilan yang tajam.
  • AC Digital: Toyota Rush memiliki AC digital dengan layar sentuh, yang bisa mengatur suhu kabin secara otomatis dan memiliki ventilasi AC belakang.
  • Smart Entry and Start System: Toyota Rush memiliki sistem pintar yang memungkinkan pengemudi untuk membuka dan menghidupkan mobil tanpa menggunakan kunci, hanya dengan menekan tombol di pintu atau setir.
  • 6 SRS Airbags: Toyota Rush memiliki enam kantong udara yang bisa melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan, yaitu dua di depan, dua di samping, dan dua di belakang.
  • Vehicle Stability Control (VSC): Toyota Rush memiliki sistem kontrol stabilitas yang bisa mengurangi resiko selip atau tergelincir saat bermanuver di tikungan.

Selain fitur-fitur di atas, Toyota Rush juga memiliki fitur-fitur lainnya, seperti layar sentuh 7 inci, kamera parkir belakang, jok kulit, setir sporty, dan pedal aluminium.

- Advertisement -

Toyota Rush adalah mobil yang cocok untuk Anda yang mencari SUV tangguh dengan kapasitas penumpang yang luas dan fitur keselamatan yang lengkap. Namun, Anda juga harus siap mengorbankan performa mesin, desain eksterior, interior, dan fitur kenyamanan yang kurang memuaskan. Jika Anda menginginkan SUV yang lebih bertenaga, menarik, mewah, dan canggih, Anda bisa mempertimbangkan pesaing-pesaing Toyota Rush yang memiliki harga yang tidak jauh berbeda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membeli Toyota Rush? Ataukah Anda lebih memilih mobil lain? Keputusan ada di tangan Anda.

Share This Article