Toyota Yaris Cross: Mobil Hybrid Murah yang Bukan Murahan

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
9 Min Read
Toyota Yaris Cross: Mobil Hybrid Murah yang Bukan Murahan
Toyota Yaris Cross: Mobil Hybrid Murah yang Bukan Murahan

Toyota Yaris Cross. Mobil yang membuat Anda bertanya-tanya, “Apakah ini mobil hatchback yang berusaha menjadi SUV, atau SUV yang berusaha menjadi hatchback?”. Tapi tunggu, jangan terburu-buru menilai. Mari kita telusuri lebih dalam.Toyota Yaris Cross adalah mobil SUV terbaru dari Toyota yang diluncurkan pada bulan Mei 2023. Mobil ini merupakan versi SUV dari Toyota Yaris hatchback yang sudah dikenal sejak tahun 2006. Namun, jangan salah sangka, Toyota Yaris Cross bukan sekadar Yaris yang dibesarkan dan diberi roda besar. Mobil ini punya banyak kelebihan dan kekurangan yang membuatnya berbeda dari Yaris hatchback maupun SUV lainnya.

Toyota Yaris Cross hadir dalam enam varian, empat di antaranya menggunakan mesin bensin konvensional dan dua lagi menggunakan mesin hybrid. Mesin hybrid adalah mesin yang menggabungkan tenaga bensin dan listrik, sehingga lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Toyota Yaris Cross adalah mobil hybrid pertama di kelasnya, dan juga mobil hybrid termurah dari Toyota di Indonesia.

Namun, apakah harga murah berarti kualitas murahan? Tentu saja tidak. Toyota Yaris Cross menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan nyaman, dengan fitur-fitur canggih seperti Toyota Safety Sense, Smart Entry, Push Start Button, dan lain-lain. Toyota Yaris Cross adalah mobil yang cocok untuk Anda yang aktif, dinamis, dan peduli lingkungan.

Namun, tidak ada mobil yang sempurna. Toyota Yaris Cross juga punya beberapa kekurangan yang mungkin membuat Anda berpikir dua kali sebelum membelinya. Apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris Cross? Mari kita bahas satu per satu.

- Advertisement -

Kelebihan Toyota Yaris Cross

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki Toyota Yaris Cross.

Ditawarkan Dalam Banyak Varian

Seperti yang sudah disebutkan, Toyota Yaris Cross tersedia dalam enam varian, yaitu:

  • Yaris Cross 1.5 G M/T: Rp351 juta
  • Yaris Cross 1.5 G CVT: Rp364 juta
  • Yaris Cross 1.5 S CVT: Rp407,7 juta
  • Yaris Cross 1.5 S CVT with GR Parts Aero Package: Rp417 juta
  • Yaris Cross 1.5 S HV CVT: Rp440,6 juta
  • Yaris Cross 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package: Rp449,95 juta

Dengan ditawarkan banyak varian ini, Anda dapat memilih Yaris Cross sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Anda bisa memilih varian bensin manual jika Anda suka mengemudi dengan gaya sporty, atau varian hybrid jika Anda ingin lebih hemat dan ramah lingkungan. Anda juga bisa memilih varian dengan GR Parts Aero Package jika Anda ingin tampil lebih keren dan agresif.

Harga Cukup Terjangkau

Untuk sebuah mobil SUV dengan fitur canggih dan mesin hybrid, harga Toyota Yaris Cross terbilang cukup terjangkau. Jika dibandingkan dengan mobil-mobil hybrid Toyota lainnya, Yaris Cross adalah yang paling murah. Misalnya, Toyota Kijang Innova Zenix hybrid saat ini dibanderol mulai dari Rp464 juta hingga Rp620 juta. Toyota Corolla Cross GR Sport hybrid kini dibanderol Rp602,1 juta. Toyota Corolla Altis hybrid dibanderol Rp593,3 juta. Dan Toyota Camry hybrid dibanderol Rp937,4 juta.

Jika dibandingkan dengan mobil SUV lainnya, harga Toyota Yaris Cross juga masih bersaing. Misalnya, Honda HR-V dibanderol mulai dari Rp301,6 juta hingga Rp420,8 juta. Nissan Kicks dibanderol mulai dari Rp284,9 juta hingga Rp325,9 juta. Dan Suzuki Vitara Brezza dibanderol mulai dari Rp193,5 juta hingga Rp216,5 juta.

- Advertisement -

Fitur Canggih dan Lengkap

Toyota Yaris Cross tidak kalah dalam hal fitur dari mobil SUV lainnya. Mobil ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang membuat Anda lebih nyaman, aman, dan terhibur saat berkendara. Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan Toyota Yaris Cross.

  • Toyota Safety Sense: Ini adalah sistem keselamatan aktif yang terdiri dari Pre-Collision System, Lane Departure Alert, Lane Tracing Assist, Dynamic Radar Cruise Control, dan Automatic High Beam. Fitur ini membantu Anda menghindari tabrakan, menjaga jalur, mengatur kecepatan, dan menyesuaikan cahaya lampu.
  • Smart Entry: Ini adalah fitur yang memungkinkan Anda membuka dan menutup pintu mobil tanpa menggunakan kunci. Anda hanya perlu membawa kunci di saku atau tas Anda, dan mobil akan mendeteksi keberadaannya. Anda bisa membuka pintu dengan menekan tombol di gagang pintu, dan menutupnya dengan menekan tombol lagi.
  • Push Start Button: Ini adalah fitur yang memungkinkan Anda menyalakan dan mematikan mesin mobil tanpa menggunakan kunci. Anda hanya perlu menekan tombol di dashboard, dan mobil akan menyala atau mati. Fitur ini membuat Anda lebih praktis dan hemat waktu.
  • 9-inch Touchscreen Display Audio: Ini adalah layar sentuh berukuran 9 inci yang terhubung dengan sistem audio mobil. Anda bisa mengontrol musik, radio, navigasi, telepon, dan aplikasi lainnya dengan mudah. Layar ini juga bisa menampilkan gambar dari kamera mundur yang membantu Anda parkir.
  • 7-inch TFT Multi Information Display: Ini adalah layar digital berukuran 7 inci yang terletak di belakang setir. Layar ini menampilkan informasi penting seperti kecepatan, bahan bakar, jarak tempuh, suhu, dan lain-lain. Anda bisa mengganti tampilan layar sesuai dengan preferensi Anda.
  • Dual Zone Automatic Climate Control: Ini adalah fitur yang memungkinkan Anda mengatur suhu udara di dalam kabin secara otomatis dan terpisah untuk pengemudi dan penumpang depan. Anda bisa menyesuaikan suhu sesuai dengan kenyamanan Anda, dan sistem akan menjaganya tetap stabil.
  • Wireless Charger: Ini adalah fitur yang memungkinkan Anda mengisi daya ponsel Anda tanpa menggunakan kabel. Anda hanya perlu meletakkan ponsel Anda di tempat yang sudah disediakan, dan ponsel Anda akan terisi daya secara nirkabel. Fitur ini membuat Anda lebih praktis dan rapi.

Mesin Hybrid Pertama di Kelasnya

Toyota Yaris Cross adalah mobil SUV pertama di Indonesia yang menggunakan mesin hybrid. Mesin hybrid adalah mesin yang menggabungkan tenaga bensin dan listrik, sehingga lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Mesin hybrid Toyota Yaris Cross memiliki spesifikasi sebagai berikut.

  • Tipe mesin: 2NR-FXE, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i
  • Kapasitas mesin: 1.496 cc
  • Tenaga maksimum: 79 PS @ 4.800 rpm (bensin) + 54 PS (listrik)
  • Torsi maksimum: 111 Nm @ 3.600-4.400 rpm (bensin) + 169 Nm (listrik)
  • Transmisi: CVT
  • Baterai: Nickel Metal Hydride (Ni-MH)

Dengan mesin hybrid ini, Toyota Yaris Cross mampu mencapai konsumsi bahan bakar yang sangat irit, yaitu 28,8 km/liter. Ini berarti Anda bisa menghemat biaya bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Selain itu, mesin hybrid juga memberikan performa yang responsif dan halus, karena tenaga listrik bisa membantu saat akselerasi dan deselerasi.

- Advertisement -

Kekurangan Toyota Yaris Cross

Berikut ini adalah beberapa kekurangan Toyota Yaris Cross yang sering disebutkan oleh para pengulas dan pengguna:

  • Mesin kurang responsif, terutama saat melakukan akselerasi mendadak.
  • Suspensi cukup keras, sehingga guncangan terasa saat melewati jalan yang berlubang atau tidak rata.
  • Ruang kabin sempit, terutama untuk penumpang baris kedua.
  • Bagasi kecil, hanya berkapasitas 390 liter.
  • Harga hybrid mahal, mencapai Rp449,95 juta untuk varian tertinggi.
Share This Article