Wuling Almaz: SUV Murah Meriah yang Bisa Ngomong

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
13 Min Read
Wuling Almaz: SUV Murah Meriah yang Bisa Ngomong
Wuling Almaz: SUV Murah Meriah yang Bisa Ngomong

Wuling Almaz. Nama yang terdengar seperti karakter dalam novel fiksi ilmiah, bukan? Tapi tunggu, jangan terburu-buru menilai. Wuling Almaz bukanlah alien dari galaksi jauh, melainkan sebuah mobil. Ya, sebuah mobil SUV. Tapi bukan sembarang mobil. Ini adalah mobil yang berusaha merubah cara kita melihat industri otomotif. Jadi, mari kita mulai petualangan kita dalam mengenal Wuling Almaz dalam dunia otomotif.

SUV atau Sport Utility Vehicle adalah jenis mobil yang sedang naik daun di Indonesia. Banyak orang yang tertarik dengan mobil ini karena tampilannya yang gagah, ruang kabin yang luas, dan kemampuannya yang tangguh di berbagai medan. Namun, SUV juga identik dengan harga yang mahal, karena biasanya mobil ini dibekali dengan fitur-fitur canggih dan mesin yang bertenaga.

Nah, di tengah maraknya SUV premium seperti Honda CR-V, Toyota Fortuner, atau Mitsubishi Pajero Sport, ada satu merek yang mencoba menawarkan SUV dengan harga yang lebih terjangkau, yaitu Wuling. Wuling adalah produsen mobil asal China yang baru masuk ke pasar Indonesia sejak tahun 2017. Wuling memiliki beberapa produk yang ditujukan untuk segmen low cost green car (LCGC) dan multi purpose vehicle (MPV), seperti Wuling Confero, Wuling Cortez, dan Wuling Formo.

Namun, pada tahun 2019, Wuling meluncurkan produk pertamanya di segmen SUV, yaitu Wuling Almaz. Wuling Almaz adalah SUV medium yang menawarkan desain modern, fitur melimpah, dan mesin turbo. Wuling Almaz juga menjadi SUV pertama di Indonesia yang memiliki fitur voice command berbahasa Indonesia, yang disebut WIND (Wuling Indonesian Command). Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk mengoperasikan berbagai fungsi mobil, seperti AC, audio, kaca, dan sunroof, hanya dengan perintah suara.

- Advertisement -

Wuling Almaz terlihat sangat menarik, apalagi dengan harga yang ditawarkannya, yaitu mulai dari Rp 266 juta hingga Rp 341 juta. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan dengan SUV sekelasnya, seperti Honda CR-V yang dibanderol mulai dari Rp 489 juta hingga Rp 543 juta. Namun, apakah Wuling Almaz benar-benar layak dibeli? Apa saja kelebihan dan kekurangan mobil ini? Mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Wuling Almaz

Wuling Almaz memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi para pecinta SUV. Berikut adalah beberapa kelebihan Wuling Almaz yang perlu Anda ketahui.

Desain SUV Gagah dan Rupawan

Salah satu hal yang membuat Wuling Almaz menarik adalah desainnya yang gagah dan rupawan. Mobil ini memiliki dimensi yang proporsional, yaitu panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.780 mm. Mobil ini juga memiliki ground clearance yang tinggi, yaitu 180 mm, yang membuatnya mampu melewati berbagai medan.

Wuling Almaz memiliki tampilan depan yang modern dan atraktif, dengan lampu LED berdesain sipit yang dilengkapi dengan daytime running light (DRL) dan fog lamp. Gril depannya juga terlihat elegan dengan aksen krom dan logo Wuling yang besar. Di samping itu, mobil ini juga memiliki bumper depan yang sporty dengan skid plate yang menambah kesan tangguh.

Di bagian samping, Wuling Almaz memiliki garis bodi yang dinamis dan aerodinamis, dengan roof rail yang menambah kesan sporty. Mobil ini juga memiliki pelek alloy berukuran 17 inci yang terlihat kokoh dan stylish. Di bagian belakang, Wuling Almaz memiliki lampu belakang LED yang menyatu dengan spoiler atap. Mobil ini juga memiliki bumper belakang yang sporty dengan skid plate dan knalpot ganda yang menambah kesan gagah.

- Advertisement -

Wuling Almaz tersedia dalam enam pilihan warna, yaitu Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver, Starry Black, Burgundy Red, dan Carnelian Red. Warna-warna ini terlihat cerah dan menarik, sesuai dengan karakter mobil ini yang modern dan dinamis.

Interior Sudah Tampil Elegan

Jika Anda berpikir bahwa Wuling Almaz memiliki interior yang murahan dan terlihat kuno, Anda salah besar. Mobil ini memiliki interior yang sudah tampil elegan dan canggih, dengan bahan-bahan yang berkualitas dan fitur-fitur yang lengkap.

Salah satu hal yang membuat interior Wuling Almaz terlihat elegan adalah jok kursinya yang menggunakan bahan semi-leather seat yang lembut dan nyaman. Jok kursi ini juga memiliki kontur yang ergonomis dan penyangga punggung yang baik. Jok kursi depan juga memiliki fitur pengaturan elektrik dan pemanas, yang membuatnya semakin nyaman.

- Advertisement -

Wuling Almaz memiliki ruang kabin yang luas dan lega, dengan kapasitas tujuh penumpang. Mobil ini juga memiliki ruang bagasi yang cukup besar, yaitu 580 liter, yang bisa diperluas hingga 1.410 liter dengan melipat jok kursi baris kedua dan ketiga. Mobil ini juga memiliki banyak tempat penyimpanan, seperti konsol tengah, laci dashboard, dan pintu samping.

Wuling Almaz juga memiliki dashboard yang terlihat canggih dan futuristik, dengan panel instrumen digital berukuran 7 inci yang menampilkan berbagai informasi penting, seperti kecepatan, putaran mesin, konsumsi bahan bakar, dan mode berkendara. Mobil ini juga memiliki head unit berukuran 10,4 inci yang tergolong paling besar di kelasnya, yang dikemas secara vertikal dan dilengkapi dengan layar sentuh.

Head unit ini sudah mendukung berbagai format modern, seperti Bluetooth, USB, AUX, dan smartphone connectivity. Head unit ini juga sudah terintegrasi dengan fitur voice command WIND, yang bisa diaktifkan dengan menekan tombol di setir atau mengucapkan “Halo Wuling”. Dengan fitur ini, Anda bisa mengatur berbagai fungsi mobil, seperti AC, audio, kaca, dan sunroof, hanya dengan perintah suara.

Wuling Almaz juga memiliki fitur-fitur lain yang membuat interior mobil ini semakin nyaman dan menyenangkan, seperti panoramic sunroof, AC digital dual zone, wireless charger, keyless entry, push start button, cruise control, dan electric parking brake. Mobil ini juga memiliki fitur keselamatan yang lengkap, seperti ABS, EBD, BA, ESC, TCS, HSA, HDC, TPMS, ISOFIX, dan airbag.

Mesin Turbo Menghasilkan Tenaga dan Torsi Besar

Wuling Almaz dibekali dengan mesin 1.500 cc turbocharger yang menghasilkan tenaga sebesar 140 Hp dan torsi sebesar 250 Nm. Mesin ini tergolong bertenaga dan bertorsi besar untuk ukuran SUV medium, bahkan melebihi Honda CR-V yang memiliki mesin 1.500 cc turbocharger dengan tenaga 190 Hp dan torsi 240 Nm.

Mesin Wuling Almaz juga sudah menggunakan teknologi direct injection, yang membuatnya lebih efisien dan responsif. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan sistem start-stop, yang membuatnya lebih hemat bahan bakar. Mesin ini diklaim mampu mencapai konsumsi bahan bakar sebesar 13,5 km/liter untuk kondisi perkotaan dan 17,8 km/liter untuk kondisi luar kota.

Wuling Almaz memiliki dua pilihan transmisi, yaitu manual 6-percepatan dan CVT 8-percepatan. Transmisi manual 6-percepatan ini cocok untuk Anda yang suka mengendarai mobil dengan gaya sporty dan agresif, karena Anda bisa mengontrol perpindahan gigi sesuai dengan keinginan Anda. Transmisi CVT 8-percepatan ini cocok untuk Anda yang suka mengendarai mobil dengan gaya santai dan nyaman, karena Anda tidak perlu repot-repot mengoperasikan kopling dan tuas persneling.

Wuling Almaz juga memiliki tiga mode berkendara yang bisa Anda pilih, yaitu Eco, Normal, dan Sport. Mode Eco membuat mobil lebih hemat bahan bakar dengan mengurangi putaran mesin dan responsivitas pedal gas. Mode Normal membuat mobil lebih seimbang antara performa dan efisiensi. Mode Sport membuat mobil lebih bertenaga dan responsif dengan meningkatkan putaran mesin dan responsivitas pedal gas.

Kekurangan Wuling Almaz

Wuling Almaz adalah SUV medium yang menawarkan banyak kelebihan, seperti desain modern, fitur melimpah, dan mesin turbo. Namun, mobil ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Berikut adalah beberapa kekurangan Wuling Almaz yang sering disorot oleh para pengguna dan pengamat:

  • Mesin kurang bertenaga. Meskipun menggunakan mesin 1.500 cc turbocharger, tenaga yang dihasilkan Wuling Almaz hanya 140 Hp, yang tergolong kecil untuk ukuran SUV medium. Tenaga ini lebih rendah dibandingkan dengan kompetitornya, seperti Honda CR-V yang memiliki tenaga 190 Hp, atau DFSK Glory 580 yang memiliki tenaga 150 Hp. Mesin yang kurang bertenaga ini juga berdampak pada konsumsi bahan bakar yang tidak terlalu efisien.
  • Transmisi CVT kurang responsif. Wuling Almaz menggunakan transmisi CVT 8-percepatan yang diklaim mampu memberikan perpindahan gigi yang halus dan nyaman. Namun, beberapa pengguna mengeluhkan bahwa transmisi ini kurang responsif, terutama saat start awal dan kick down. Transmisi ini juga tidak memiliki paddle shift, yang membuatnya kurang cocok untuk gaya berkendara sporty dan agresif.
  • Setir terasa berat. Wuling Almaz memiliki fitur electric power steering (EPS) yang seharusnya membuat setir lebih ringan dan mudah dikendalikan. Namun, beberapa pengguna merasakan bahwa setir mobil ini terasa berat, terutama di kecepatan medium. Setir yang berat ini bisa mengurangi kenyamanan dan keamanan berkendara, terutama saat bermanuver atau berbelok.
  • Pengereman tidak halus. Wuling Almaz memiliki sistem pengereman yang lengkap, seperti ABS, EBD, BA, dan ESC. Namun, beberapa pengguna merasakan bahwa pengereman mobil ini tidak halus dan cenderung keras. Pengereman yang tidak halus ini bisa membuat penumpang merasa tidak nyaman dan tidak aman, terutama saat berhenti mendadak atau di jalan menurun.
  • Ventilasi AC hanya dari tengah. Wuling Almaz memiliki fitur AC digital dual zone yang bisa mengatur suhu kabin secara terpisah untuk penumpang depan dan belakang. Namun, ventilasi AC untuk penumpang belakang hanya terdapat di tengah head unit, yang membuatnya kurang merata dan kurang efektif. Ventilasi AC yang kurang baik ini bisa membuat penumpang belakang merasa panas dan gerah, terutama saat cuaca terik atau macet.

Harga Pasaran Wuling Almaz

Harga pasaran Wuling Almaz tergantung pada tipe, tahun, dan kondisi mobil. Berikut adalah beberapa informasi yang bisa saya berikan:

  • Harga baru Wuling Almaz mulai dari Rp 266 juta hingga Rp 341 juta, tergantung pada tipe dan lokasi.
  • Harga bekas Wuling Almaz mulai dari Rp 240 juta hingga Rp 290 juta, tergantung pada tahun, kondisi, dan varian mobil.
  • Wuling Almaz RS adalah varian terbaru yang diluncurkan pada tahun 2020 dengan fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) dan mesin 1.500 cc turbocharger.
  • Harga baru Wuling Almaz RS mulai dari Rp 380,5 juta hingga Rp 439,2 juta, tergantung pada tipe dan lokasi.
  • Harga bekas Wuling Almaz RS masih terbilang tinggi, yaitu masih di atas Rp 300 juta, tergantung pada tahun, kondisi, dan varian mobil.
  • Wuling juga baru saja meluncurkan New Wuling Almaz RS Pro dan Almaz RS Hybrid pada tahun 2021 dengan harga resmi Rp 398 juta dan Rp 438 juta.
Share This Article