Bukan Hanya Viral! Bagaimana TikTok Bisa Merubahmu Menjadi Orang Terkaya di Sekelilingmu?

Alvin Karunia By Alvin Karunia
10 Min Read
shallow focus photo of man in gray collared top taking selfie

jlk – TikTok, aplikasi berbagi video pendek yang populer di kalangan generasi Z, tidak hanya menjadi platform hiburan, tapi juga peluang bisnis. Dengan lebih dari 2 miliar unduhan secara global, TikTok menawarkan berbagai cara untuk menghasilkan uang bagi para penggunanya.

Mulai dari menjadi influencer, menjual produk, hingga bergabung dengan program TikTok Creator Fund, berikut adalah beberapa metode yang bisa kamu coba untuk merubah hobi menjadi penghasilan.

Menjadi Influencer dan Menerima Endorsement

Salah satu cara paling umum untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah menjadi influencer dan menerima endorsement dari berbagai merek.

Untuk menjadi influencer, kamu harus memiliki banyak pengikut dan engagement yang tinggi di akun TikTok-mu. Kamu juga harus membuat konten yang menarik, kreatif, dan sesuai dengan niche atau tema yang kamu pilih.

- Advertisement -

Menjadi influencer di TikTok bisa sangat menguntungkan, terutama jika kamu berhasil masuk ke dalam For You Page (FYP), halaman yang menampilkan konten dengan banyak respon dari pengguna TikTok lainnya.

Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan jangkauan dan popularitas akun-mu, serta menarik perhatian dari merek-merek yang ingin bekerja sama denganmu.

Beberapa contoh influencer TikTok yang sukses adalah Baby Ariel, Addison Rae, Charli D’Amelio, Zach King, dan Dixie D’Amelio. 

Mereka adalah artis TikTok terkaya di dunia pada tahun 2021, dengan kekayaan berkisar antara USD 2,9 juta hingga USD 6 juta.

Mereka mendapatkan uang dari endorsement, sponsor, iklan, hingga karier di bidang lain seperti musik, film, dan fashion.

- Advertisement -

Jual Produk Melalui TikTok Shop

Jika kamu memiliki produk sendiri atau bekerja sama dengan supplier, kamu bisa menjual produk-mu melalui TikTok Shop.

TikTok Shop adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk menampilkan produk-mu di akun TikTok-mu dan menghubungkannya dengan platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak.

Dengan begitu, kamu bisa mempromosikan produk-mu kepada pengikut-mu dan mengarahkan mereka untuk membelinya secara online.

- Advertisement -

Untuk menggunakan fitur TikTok Shop, kamu harus memiliki akun TikTok Pro dan mengaktifkan fitur TikTok for Business. 

Kamu juga harus memenuhi syarat-syarat tertentu, seperti memiliki minimal 100 pengikut, membuat minimal 3 video, dan mengunggah KTP atau NPWP.

Setelah itu, kamu bisa menambahkan produk-mu ke katalog TikTok Shop dan menautkannya dengan akun e-commerce-mu.

Beberapa contoh produk yang bisa kamu jual melalui TikTok Shop adalah pakaian, aksesoris, kosmetik, makanan, minuman, dan barang-barang unik lainnya.

Kamu bisa membuat video yang menampilkan produk-mu dengan cara yang menarik, lucu, atau informatif, dan menambahkan hashtag #TikTokShop atau #TikTokBazaar untuk meningkatkan visibilitas video-mu.

Membantu Akun Lain

Jika kamu memiliki kemampuan dan pengalaman dalam mengelola akun TikTok, kamu bisa membantu akun TikTok lain untuk tumbuh dan mendapatkan lebih banyak pengikut.

Kamu bisa menawarkan jasa sebagai konsultan, manajer, editor, atau content creator untuk akun-akun TikTok yang masih baru atau membutuhkan bantuan.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu akun TikTok lain adalah:

  • Melakukan optimasi konten;
  • Mengelola akun TikTok agar berkembang;
  • Menyusun strategi marketing;
  • Memberikan laporan pertumbuhan akun;
  • Mencari influencer dan tawaran kerjasama.

Untuk menawarkan jasa-mu, kamu bisa membuat akun TikTok sendiri yang menampilkan portofolio dan testimoni dari klien-klien yang pernah kamu bantu.

Kamu juga bisa mempromosikan jasa-mu di media sosial lain, seperti Instagram, Facebook, atau LinkedIn, atau bergabung dengan platform freelance, seperti Sribulancer, Projects.co.id, atau Fastwork.

Bergabung dengan TikTok Creator Fund

TikTok Creator Fund adalah program yang memberikan pendapatan kepada kreator konten berdasarkan kinerja konten mereka. 

Program ini diluncurkan oleh TikTok pada tahun 2020 untuk mengapresiasi dan mendukung kreator konten yang membuat konten orisinal, kreatif, dan bermutu.

Untuk bergabung dengan TikTok Creator Fund, kamu harus memenuhi kriteria berikut:

  • Berusia minimal 18 tahun;
  • Memiliki minimal 10.000 pengikut;
  • Memiliki minimal 10.000 tayangan video dalam 30 hari terakhir;
  • Membuat konten yang sesuai dengan kebijakan komunitas dan pedoman monetisasi TikTok.

Jika kamu memenuhi kriteria tersebut, kamu bisa mendaftar ke TikTok Creator Fund melalui aplikasi TikTok. Setelah diterima, kamu bisa mulai menghasilkan uang dari setiap video yang kamu buat.

Besarnya pendapatan yang kamu dapatkan tergantung pada beberapa faktor, seperti jumlah tayangan, engagement, dan kualitas video-mu.

Menawarkan Jasa Konten

Selain membantu akun TikTok lain, kamu juga bisa menawarkan jasa membuat konten untuk merek atau individu lain. Kamu bisa membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan klien-mu, seperti mengenalkan produk, menyampaikan pesan, atau menghibur penonton.

Beberapa contoh jasa konten yang bisa kamu tawarkan adalah:

  • Membuat video tutorial, review, atau unboxing produk;
  • Membuat video komedi, parodi, atau prank;
  • Membuat video edukasi, inspirasi, atau motivasi;
  • Membuat video musik, dance, atau lip sync.

Untuk menawarkan jasa konten, kamu bisa menggunakan akun TikTok-mu sebagai portofolio dan menunjukkan kemampuan dan gaya-mu dalam membuat konten.

Kamu juga bisa mencari klien melalui media sosial lain, platform freelance, atau jaringan pribadi-mu.

Mengumpulkan Hadiah Virtual Melalui Siaran Langsung

Saat melakukan siaran langsung di TikTok, pengguna dapat memberikan hadiah virtual kepada-mu yang kemudian dapat ditukar dengan uang.

Hadiah virtual adalah item digital yang bisa dibeli dengan koin TikTok, yang bisa didapatkan dengan membeli dengan uang sungguhan.

Beberapa contoh hadiah virtual yang bisa kamu terima adalah panda, bintang jatuh, cinta, drama, dan pesawat terbang.

Nilai hadiah virtual bervariasi, mulai dari 5 koin hingga 5.000 koin. Setiap 100 koin setara dengan USD 0,5.

Untuk melakukan siaran langsung di TikTok, kamu harus memiliki minimal 1.000 pengikut. Kamu juga harus membuat konten yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan kebijakan komunitas TikTok.

Kamu bisa membuat siaran langsung yang berkaitan dengan hobi, bakat, atau minat-mu, seperti bernyanyi, bermain musik, memasak, bermain game, atau berbagi cerita.

Mengundang Teman untuk Bergabung dengan TikTok

Kamu juga bisa menghasilkan uang dengan mengundang teman untuk bergabung dengan TikTok.

TikTok memiliki program referral yang memberikan imbalan kepada pengguna yang berhasil mengajak teman-teman mereka untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi TikTok.

Untuk mengikuti program referral ini, kamu harus mengunduh aplikasi TikTok Cash, yang merupakan aplikasi resmi dari TikTok untuk mengelola pendapatan-mu.

Setelah itu, kamu bisa mendapatkan kode referral dan membagikannya kepada teman-teman-mu melalui media sosial, pesan, atau email.

Setiap teman yang berhasil kamu ajak untuk mengunduh aplikasi TikTok dan memasukkan kode referral-mu, kamu akan mendapatkan imbalan berupa uang tunai, koin, atau voucher. Besarnya imbalan tergantung pada jumlah teman yang kamu ajak dan negara asal-mu.

Menjadi Afiliasi TikTok

Terakhir, kamu bisa menghasilkan uang dengan menjadi afiliasi TikTok. Afiliasi TikTok adalah orang yang mempromosikan

produk atau layanan TikTok dan mendapatkan komisi setiap kali ada pengguna yang melakukan pembelian atau pendaftaran melalui link afiliasi mereka.

Untuk menjadi afiliasi TikTok, kamu harus mendaftar ke program afiliasi TikTok dan mendapatkan persetujuan dari TikTok. Setelah itu, kamu bisa mendapatkan link afiliasi dan membagikannya di akun TikTok-mu, media sosial lain, blog, atau website-mu.

Setiap kali ada pengguna yang mengklik link afiliasi-mu dan melakukan pembelian atau pendaftaran, kamu akan mendapatkan komisi.

Besarnya komisi tergantung pada produk atau layanan yang dipromosikan dan persentase komisi yang ditentukan oleh TikTok.

TikTok bukan hanya platform hiburan, tapi juga peluang bisnis yang bisa merubahmu menjadi orang terkaya di sekelilingmu.

Dengan berbagai cara yang telah disebutkan di atas, kamu bisa menghasilkan uang dari hobi dan kreativitas-mu di TikTok.

Namun, perlu diingat bahwa sukses di TikTok membutuhkan kerja keras, kreativitas, dan konsistensi.

Kamu harus terus belajar, bereksperimen, dan beradaptasi dengan tren dan perubahan di TikTok. Jadi, jangan menyerah dan terus berusaha!

Share This Article