Cara Memasang Velg Mobil: Panduan untuk Pemula yang Malas

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
11 Min Read
Cara Memasang Velg Mobil: Panduan untuk Pemula yang Malas
Cara Memasang Velg Mobil: Panduan untuk Pemula yang Malas

Velg mobil adalah salah satu bagian yang sering diabaikan oleh para pemilik mobil. Padahal, velg mobil memiliki fungsi penting, tidak hanya sebagai tempat pemasangan ban, tetapi juga sebagai penunjang performa dan estetika kendaraan. Namun, mengganti velg mobil tidak semudah membalik telapak tangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar velg mobil terpasang dengan benar dan aman. Jika Anda termasuk orang yang malas membaca panduan pengguna atau membawa mobil ke bengkel, artikel ini cocok untuk Anda. Kami akan memberikan tips dan cara mengganti velg mobil sendiri di rumah. Simak baik-baik, jangan sampai salah langkah!

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Mengganti Velg

Sebelum Anda mulai mengganti velg, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan. Jangan asal pasang velg baru tanpa memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Baca panduan pengguna kendaraan dan velg. Ini penting untuk mengetahui spesifikasi dan prosedur yang sesuai dengan jenis mobil dan velg Anda. Jangan mengira semua mobil dan velg itu sama. Anda tidak mau kan velg Anda tidak cocok dengan mobil Anda, atau malah merusak bagian lainnya? Jika Anda tidak punya panduan pengguna, Anda bisa mencarinya di internet. Tapi jangan percaya sembarang sumber, carilah yang terpercaya dan relevan. Misalnya, Anda bisa mengunjungi situs resmi pabrikan mobil atau velg, atau situs otomotif yang terkenal. Jangan sampai Anda membaca panduan yang sudah kadaluarsa atau bahkan palsu.
  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan. Anda tidak bisa mengganti velg hanya dengan tangan kosong. Anda membutuhkan beberapa peralatan seperti socket, dongkrak, penyangga roda, torsi kunci, dan velg pengganti. Pastikan Anda memiliki semua peralatan tersebut, dan jangan gunakan peralatan yang rusak atau tidak sesuai. Misalnya, jangan gunakan socket yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk melepas baut velg. Anda juga harus memastikan velg pengganti Anda sudah bersih dan tidak ada kerusakan. Jika Anda tidak punya peralatan sendiri, Anda bisa meminjam dari tetangga atau teman. Tapi jangan lupa untuk mengembalikannya ya, jangan sampai Anda kena marah atau dimusuhi karena tidak bertanggung jawab.
  • Cari tempat yang aman dan nyaman untuk mengganti velg. Anda tidak bisa mengganti velg di sembarang tempat. Anda harus mencari tempat yang aman, nyaman, dan memiliki permukaan yang rata dan keras. Jangan mengganti velg di tempat yang ramai, berisik, atau berdebu. Anda juga harus memastikan tempat tersebut memiliki pencahayaan yang cukup, agar Anda bisa melihat dengan jelas apa yang Anda lakukan. Jika Anda mengganti velg di malam hari, Anda bisa menggunakan lampu senter atau lampu mobil. Jangan mengganti velg di tempat yang basah, licin, atau berlubang. Anda tidak mau kan mobil Anda tergelincir, terjatuh, atau terperosok saat Anda mengganti velg?

Langkah-langkah Mengganti Velg

Setelah Anda melakukan persiapan yang diperlukan, Anda bisa mulai mengganti velg dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Lepaskan velg lama. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melepas velg lama dari mobil Anda. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Parkirkan mobil Anda di tempat yang sudah Anda siapkan. Pastikan mobil Anda dalam keadaan mati, rem tangan ditarik, dan gigi netral. Jika Anda mengganti velg di depan, taruh penyangga roda di belakang, dan sebaliknya. Ini untuk mencegah mobil Anda bergeser saat Anda mengganti velg.
  • Lepaskan tutup roda jika ada. Tutup roda adalah pelindung yang menutupi velg dari kotoran atau kerusakan. Biasanya, tutup roda terbuat dari plastik atau logam, dan memiliki bentuk yang bervariasi. Anda bisa melepas tutup roda dengan menggunakan alat khusus yang disediakan oleh pabrikan, atau dengan menggunakan obeng atau tang. Hati-hati saat melepas tutup roda, jangan sampai Anda melukai diri sendiri atau merusak tutup roda.
  • Lepaskan semua baut pengunci velg dengan menggunakan socket atau kunci roda. Baut pengunci velg adalah baut yang menghubungkan velg dengan tromol roda. Biasanya, baut pengunci velg berjumlah empat atau lima, tergantung pada jenis mobil dan velg Anda. Anda harus melepas baut pengunci velg dengan urutan zigzag dan bergantian, agar terhindar dari gaya tidak rata. Misalnya, jika baut pengunci velg berjumlah empat, Anda bisa melepasnya dengan urutan 1-3-2-4. Jika baut pengunci velg berjumlah lima, Anda bisa melepasnya dengan urutan 1-3-5-2-4. Jangan melepas baut pengunci velg secara berurutan, misalnya 1-2-3-4-5. Ini bisa menyebabkan velg Anda bengkok atau retak. Jangan juga melepas baut pengunci velg secara sekaligus, misalnya 1-2-3-4-5. Ini bisa menyebabkan velg Anda jatuh dan melukai Anda atau orang lain. Simpan baut pengunci velg di tempat yang aman, jangan sampai Anda kehilangan atau tertukar dengan baut lain.
  • Angkat velg lama dari mobil Anda. Setelah semua baut pengunci velg terlepas, Anda bisa mengangkat velg lama dari mobil Anda. Anda harus mengangkat velg lama dengan hati-hati, agar tidak menimbulkan kerusakan pada ban, tromol roda, atau bagian lainnya. Anda juga harus mengangkat velg lama dengan kuat, agar tidak terjatuh atau tergelincir. Velg lama biasanya berat, jadi Anda mungkin membutuhkan bantuan orang lain untuk mengangkatnya. Letakkan velg lama di tempat yang aman, jangan sampai Anda menginjak atau menabraknya.
  • Pasang velg baru. Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah memasang velg baru pada mobil Anda. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Bersihkan area tempat velg lama dipasang dengan sekop atau kuas. Pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel pada area tersebut. Kotoran atau debu yang tersisa bisa mengganggu saat pemasangan velg baru. Anda juga harus memeriksa apakah ada kerusakan atau keausan pada area tersebut. Jika ada, Anda harus segera memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru. Jangan memasang velg baru pada area yang rusak atau aus. Ini bisa menyebabkan velg baru tidak terpasang dengan sempurna, atau malah lepas saat Anda berkendara.
  • Pasang lencana pengikat pada velg baru. Lencana pengikat adalah alat yang berfungsi sebagai penjepit antara velg dan tromol roda. Lencana pengikat biasanya terbuat dari plastik atau logam, dan memiliki bentuk yang bervariasi. Anda harus memasang lencana pengikat pada velg baru sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh pabrikan. Jangan memasang lencana pengikat secara sembarangan, atau malah tidak memasangnya sama sekali. Ini bisa menyebabkan velg baru tidak terpasang dengan kuat, atau malah bergeser saat Anda berkendara.
  • Pasang velg baru pada tempatnya dengan benar. Anda harus memastikan bahwa pusat velg dan pusat roda sejajar. Anda juga harus memastikan bahwa lubang baut pada velg dan tromol roda sesuai. Jika tidak, Anda harus mencari velg baru yang cocok dengan mobil Anda. Jangan memaksakan velg baru yang tidak sesuai, karena bisa merusak ulir pelek atau as roda. Jangan juga memasang velg baru yang terbalik, karena bisa mengganggu keseimbangan roda. Anda harus memasang velg baru dengan hati-hati, agar tidak menimbulkan goresan atau kerusakan pada velg atau ban.
  • Pasang baut pengunci velg dengan menggunakan torsi kunci. Baut pengunci velg adalah baut yang mengunci velg dengan tromol roda. Anda harus memasang baut pengunci velg dengan urutan zigzag dan bergantian, seperti saat melepasnya. Anda juga harus memasang baut pengunci velg dengan menggunakan torsi kunci, yaitu alat yang bisa mengatur seberapa kencang baut pengunci velg dipasang. Anda harus memasang baut pengunci velg sesuai dengan torsi yang dianjurkan oleh pabrikan. Jangan memasang baut pengunci velg terlalu kencang, karena bisa merusak ulir baut atau velg. Jangan juga memasang baut pengunci velg terlalu longgar, karena bisa membuat velg bergoyang atau lepas.
  • Lakukan pemeriksaan dan pengujian pada velg baru. Setelah Anda memasang velg baru, Anda harus melakukan pemeriksaan dan pengujian untuk memastikan bahwa velg baru terpasang dengan benar dan aman. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Periksa apakah semua baut pengunci velg sudah terpasang dengan rata dan kencang. Anda bisa menggunakan torsi kunci untuk mengeceknya. Jika ada baut pengunci velg yang kurang kencang, Anda harus mengencangkannya lagi. Jika ada baut pengunci velg yang terlalu kencang, Anda harus melonggarkannya sedikit.
  • Periksa apakah velg baru sudah sejajar dengan roda. Anda bisa menggunakan penggaris atau waterpass untuk mengeceknya. Jika velg baru tidak sejajar dengan roda, Anda harus mengatur posisinya lagi. Jika velg baru sudah sejajar dengan roda, Anda bisa memasang tutup roda jika ada.
  • Periksa apakah velg baru sudah bersih dan tidak ada kerusakan. Anda bisa menggunakan lap atau kanebo untuk membersihkannya. Jika ada kerusakan pada velg baru, Anda harus menggantinya dengan yang baru atau memperbaikinya di bengkel.
  • Uji coba velg baru dengan mengendarai mobil Anda. Anda bisa mengendarai mobil Anda dengan kecepatan rendah dan tinggi, serta melewati jalan yang lurus dan berbelok. Perhatikan apakah ada bunyi aneh, getaran, atau masalah lain yang timbul saat Anda mengendarai mobil Anda. Jika ada, Anda harus segera mengecek dan memperbaiki penyebabnya.
Share This Article