Jurusan Kuliah yang Bisa Bawa Kamu Kerja di Freeport, Apa Saja?

Firman Yudha Pragusti By Firman Yudha Pragusti
13 Min Read
Jurusan Kuliah yang Bisa Bawa Kamu Kerja di Freeport, Apa Saja?
Jurusan Kuliah yang Bisa Bawa Kamu Kerja di Freeport, Apa Saja?

Freeport. Siapa yang tidak kenal dengan nama perusahaan tambang raksasa yang beroperasi di Papua ini? Freeport adalah salah satu perusahaan tambang terbesar di dunia yang menghasilkan emas, tembaga, dan perak. Freeport juga dikenal sebagai salah satu perusahaan yang memberikan gaji dan fasilitas yang sangat menggiurkan bagi karyawannya. Tidak heran, banyak orang yang bercita-cita untuk bekerja di sana.

Namun, bekerja di Freeport bukanlah hal yang mudah. Selain harus bersaing dengan ribuan pelamar lainnya, kamu juga harus memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Salah satu kualifikasi yang penting adalah jurusan kuliah yang kamu ambil. Tidak semua jurusan kuliah bisa membuka peluang untuk bekerja di Freeport. Ada beberapa jurusan yang lebih berpeluang daripada yang lain.

Lalu, jurusan kuliah apa saja yang bisa bawa kamu kerja di Freeport? Berikut ini adalah daftar 15 jurusan kuliah yang berpotensi bekerja di Freeport, berdasarkan sumber-sumber yang saya temukan di internet¹²³⁴⁵.

1. Teknik Pertambangan

Ini adalah jurusan yang paling pas untuk bekerja di Freeport, karena berkaitan langsung dengan kegiatan utama perusahaan, yaitu menambang. Jurusan ini mempelajari segala hal yang berhubungan dengan pertambangan, mulai dari eksplorasi, eksploitasi, pengolahan, hingga penutupan tambang. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di berbagai bidang di Freeport, seperti geologi, geoteknik, survey, blasting, drilling, hauling, crushing, milling, smelting, dan lain-lain.

- Advertisement -

2. Teknik Metalurgi

Jurusan ini juga sangat sesuai dengan kegiatan Freeport, karena mempelajari tentang sifat, karakteristik, dan pengolahan logam. Logam adalah produk utama yang dihasilkan oleh Freeport, seperti emas, tembaga, dan perak. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang-bidang yang berkaitan dengan pengolahan logam, seperti metal extraction, metal refining, metal casting, metal forming, metal joining, metal testing, dan lain-lain.

3. Teknik Sipil

Jurusan ini juga berpeluang untuk bekerja di Freeport, karena mempelajari tentang perencanaan, pembangunan, dan pemeliharaan infrastruktur. Infrastruktur adalah salah satu hal yang penting untuk mendukung operasional Freeport, seperti jalan, jembatan, terowongan, bendungan, gedung, dan lain-lain. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang-bidang yang berkaitan dengan infrastruktur, seperti konstruksi, struktur, geoteknik, transportasi, hidrolika, dan lain-lain.

4. Teknik Listrik

Jurusan ini juga berpotensi untuk bekerja di Freeport, karena mempelajari tentang kelistrikan dan elektronika. Kelistrikan dan elektronika adalah hal-hal yang sangat dibutuhkan oleh Freeport, baik untuk keperluan pencahayaan, komunikasi, pengendalian, maupun penggerak mesin-mesin. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang-bidang yang berkaitan dengan kelistrikan dan elektronika, seperti power generation, power distribution, power control, instrumentation, automation, telecommunication, dan lain-lain.

5. Teknik Mesin

Jurusan ini juga berkesempatan untuk bekerja di Freeport, karena mempelajari tentang mesin dan peralatan mekanik. Mesin dan peralatan mekanik adalah hal-hal yang sangat banyak digunakan oleh Freeport, baik untuk keperluan penambangan, pengolahan, maupun transportasi. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang-bidang yang berkaitan dengan mesin dan peralatan mekanik, seperti design, manufacture, maintenance, repair, operation, dan lain-lain.

6. Teknik Kimia

Jurusan ini juga berprospek untuk bekerja di Freeport, karena mempelajari tentang kimia dan proses-proses kimia. Kimia dan proses-proses kimia adalah hal-hal yang sangat penting dalam pengolahan mineral dan logam yang dihasilkan oleh Freeport. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang-bidang yang berkaitan dengan kimia dan proses-proses kimia, seperti chemical engineering, chemical analysis, chemical reaction, chemical separation, chemical synthesis, dan lain-lain.

- Advertisement -

7. Teknik Lingkungan

Jurusan ini juga berpotensi untuk bekerja di Freeport, karena mempelajari tentang lingkungan dan dampak-dampak yang ditimbulkan oleh kegiatan manusia terhadap lingkungan. Lingkungan dan dampak-dampak lingkungan adalah hal-hal yang sangat perlu diperhatikan oleh Freeport, baik untuk menjaga keseimbangan ekosistem, memenuhi standar regulasi, maupun meningkatkan citra perusahaan. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang-bidang yang berkaitan dengan lingkungan dan dampak-dampak lingkungan, seperti environmental engineering, environmental management, environmental monitoring, environmental impact assessment, environmental audit, dan lain-lain.

8. Hukum

Jurusan ini juga berpeluang untuk bekerja di Freeport, karena mempelajari tentang hukum dan permasalahan-permasalahan hukum. Hukum dan permasalahan-permasalahan hukum adalah hal-hal yang sangat kompleks dan sensitif yang dihadapi oleh Freeport, baik dalam skala nasional maupun internasional. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang-bidang yang berkaitan dengan hukum dan permasalahan-permasalahan hukum, seperti legal, contract, compliance, litigation, arbitration, negotiation, dan lain-lain.

9. Akuntansi

Jurusan ini juga berpotensi untuk bekerja di Freeport, karena mempelajari tentang akuntansi dan laporan keuangan. Akuntansi dan laporan keuangan adalah hal-hal yang sangat vital bagi Freeport, baik untuk keperluan internal maupun eksternal. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang-bidang yang berkaitan dengan akuntansi dan laporan keuangan, seperti accounting, auditing, taxation, budgeting, financial reporting, financial analysis, dan lain-lain.

- Advertisement -

10. Manajemen

Jurusan ini juga berkesempatan untuk bekerja di Freeport, karena mempelajari tentang manajemen dan pengelolaan organisasi. Manajemen dan pengelolaan organisasi adalah hal-hal yang sangat penting bagi Freeport, baik untuk mencapai tujuan, meningkatkan kinerja, maupun mengatasi tantangan. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang-bidang yang berkaitan dengan manajemen dan pengelolaan organisasi, seperti planning, organizing, leading, controlling, project management, human resource management, operation management, marketing management, dan lain-lain.

11. Psikologi

Jurusan ini juga berprospek untuk bekerja di Freeport, karena mempelajari tentang psikologi dan perilaku manusia. Psikologi dan perilaku manusia adalah hal-hal yang sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan, produktivitas, dan kepuasan karyawan Freeport. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang-bidang yang berkaitan dengan psikologi dan perilaku manusia, seperti psychology, counseling, coaching, training, assessment, development, dan lain-lain.

12. Kesehatan Masyarakat

Jurusan ini juga berpotensi untuk bekerja di Freeport, karena mempelajari tentang kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan. Kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan adalah hal-hal yang sangat dibutuhkan oleh Freeport, baik untuk menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan, maupun untuk berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang-bidang yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan, seperti public health, health promotion, health education, health service, occupational health, dan lain-lain.

Menurut situs resmi Freeport Indonesia, ada 28 bidang studi yang dibutuhkan oleh perusahaan ini untuk fresh graduate, yaitu :

  • Teknik Industri
  • Teknik Metalurgi
  • Teknik Listrik (Arus Kuat/Arus Lemah)
  • Teknik Elektro
  • Teknik Mesin
  • Teknik Sipil
  • Teknik Geologi
  • Teknik Geodesi
  • Teknik Pertambangan
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Kimia
  • Teknik Informatika
  • Teknik Komputer
  • Sistem Informasi
  • Akuntansi
  • Manajemen
  • Administrasi Bisnis
  • Administrasi Niaga
  • Administrasi Perkantoran
  • Hukum
  • Psikologi
  • Kesehatan Masyarakat
  • Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  • Keperawatan
  • Kebidanan
  • Farmasi
  • Gizi
  • Analis Kesehatan

Wow, cukup banyak ya? Tapi tunggu dulu, jangan senang dulu. Masih ada syarat-syarat lain yang harus dipenuhi, seperti :

  • IPK minimal 3,00
  • Usia maksimal 25 tahun
  • Mampu berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan
  • Bersedia ditempatkan di Papua
  • Bersedia mengikuti program magang selama 6 bulan
  • Bersedia mengikuti tes seleksi yang meliputi tes tertulis, wawancara, dan tes kesehatan

Nah, sekarang gimana? Masih berminat? Kalau iya, berarti Anda termasuk orang yang berani dan pantang menyerah. Selamat, Anda memiliki mental yang dibutuhkan untuk bekerja di Freeport. Tapi kalau tidak, jangan khawatir. Masih ada banyak jurusan kuliah lain yang bisa membuka peluang kerja yang tidak kalah menarik. Toh, bekerja di Freeport bukanlah satu-satunya cara untuk sukses, kan?

Tips Menembus Freeport dengan Jurusan Kuliah Anda

Bagi Anda yang sudah memiliki jurusan kuliah yang berbeda dari daftar di atas, jangan putus asa. Masih ada harapan untuk bisa bekerja di Freeport, asalkan Anda mau berusaha dan berinovasi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

  • Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan oleh Freeport untuk berkomunikasi dengan klien dan mitra dari berbagai negara. Jika Anda mampu berbahasa Inggris dengan lancar, Anda akan memiliki nilai tambah di mata perusahaan.
  • Ikuti pelatihan atau kursus yang relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin bekerja di bidang hukum, Anda bisa mengikuti pelatihan tentang hukum pertambangan, hukum lingkungan, atau hukum kontrak. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh Freeport.
  • Buat portofolio yang menarik dan profesional. Portofolio adalah kumpulan hasil karya atau prestasi yang Anda miliki. Portofolio bisa berupa sertifikat, piagam, artikel, makalah, proyek, atau apapun yang bisa membuktikan kemampuan Anda. Portofolio yang menarik dan profesional akan membuat Anda lebih unggul dari pesaing lainnya.
  • Jaringan dan hubungan. Membangun jaringan dan hubungan dengan orang-orang yang sudah bekerja di Freeport atau yang memiliki koneksi dengan perusahaan tersebut bisa sangat membantu Anda. Anda bisa mendapatkan informasi, bantuan, atau rekomendasi dari mereka. Anda bisa memanfaatkan media sosial, forum, atau komunitas untuk berinteraksi dengan mereka.
  • Jangan menyerah. Ini adalah tips yang paling penting. Bekerja di Freeport memang bukan hal yang mudah, tapi juga bukan hal yang mustahil. Anda harus bersabar, gigih, dan optimis. Jangan mudah menyerah jika gagal atau ditolak. Tetap semangat dan terus mencoba. Siapa tahu, suatu hari nanti Anda bisa mewujudkan mimpi Anda.

Bekerja di Freeport adalah impian bagi banyak orang. Namun, tidak semua jurusan kuliah bisa bekerja di sana. Ada beberapa jurusan kuliah yang berpeluang lebih besar untuk bekerja di Freeport, seperti teknik, akuntansi, hukum, dan kesehatan. Namun, jurusan kuliah bukanlah segalanya. Anda juga harus memiliki syarat-syarat lain, seperti IPK, bahasa Inggris, kesehatan, dan kesediaan untuk ditempatkan di Papua.

Bagi Anda yang memiliki jurusan kuliah yang berbeda dari daftar di atas, jangan putus asa. Anda masih bisa bekerja di Freeport, asalkan Anda mau berusaha dan berinovasi. Anda bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, mengikuti pelatihan atau kursus, membuat portofolio, membangun jaringan, dan jangan menyerah.

Bekerja di Freeport bukanlah mimpi atau nyata. Bekerja di Freeport adalah pilihan. Pilihan untuk berani mengambil tantangan, pilihan untuk mau belajar dan berkembang, pilihan untuk tidak puas dengan yang ada, dan pilihan untuk mengejar cita-cita. Jadi, apakah Anda siap untuk memilih bekerja di Freeport? Ataukah Anda lebih memilih jurusan kuliah lain yang lebih sesuai dengan minat dan bakat Anda? Apapun pilihan Anda, pastikan itu adalah pilihan yang terbaik untuk Anda. Selamat menentukan pilihan Anda!

Share This Article