Kualifikasi Velg Mobil: Apa Sih Pentingnya?

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
6 Min Read
Kualifikasi Velg Mobil: Apa Sih Pentingnya?
Kualifikasi Velg Mobil: Apa Sih Pentingnya?

Velg mobil, siapa yang tidak kenal dengan komponen yang satu ini? Bagi sebagian orang, velg mobil mungkin hanya sekadar aksesoris yang bisa membuat mobil terlihat lebih keren dan gaya. Namun, bagi sebagian orang lain, velg mobil adalah salah satu faktor yang menentukan performa dan kenyamanan berkendara. Lalu, apa sebenarnya fungsi dan manfaat dari velg mobil? Apa saja jenis-jenis velg mobil yang ada di pasaran? Dan bagaimana cara memilih velg mobil yang tepat untuk mobil Anda? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Fungsi dan Manfaat Velg Mobil

Velg mobil adalah bagian dari roda mobil yang berfungsi sebagai tempat melekatnya ban. Velg mobil juga berperan dalam menopang beban kendaraan, menyalurkan panas dari ban, dan menstabilkan laju kendaraan. Selain itu, velg mobil juga memiliki manfaat estetika, yaitu mempercantik tampilan mobil dengan berbagai desain dan warna yang menarik.

Velg mobil yang baik dapat memberikan beberapa manfaat bagi pengendara, antara lain:

  • Meningkatkan akselerasi dan handling mobil, karena velg yang ringan dan kuat dapat mengurangi beban roda dan meningkatkan daya cengkeram ban.
  • Menghemat bahan bakar, karena velg yang ringan dan aerodinamis dapat mengurangi hambatan udara dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.
  • Mencegah overheat pada ban, karena velg yang memiliki ventilasi yang baik dapat menyalurkan panas dari ban dengan cepat dan mencegah kerusakan pada ban.
  • Menambah nilai jual mobil, karena velg yang berkualitas dan terawat dapat meningkatkan daya tarik mobil di mata calon pembeli.

Jenis-Jenis Velg Mobil

Velg mobil memiliki berbagai jenis yang dapat dibedakan berdasarkan beberapa kriteria, seperti cara pembuatan, konstruksi, bahan, dan ukuran. Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing jenis velg mobil:

- Advertisement -

Berdasarkan Cara Pembuatan

  • Velg forged: Velg yang dibuat dengan menggunakan tekanan tinggi dan temperatur yang ekstrem untuk membentuk velg dari blok logam yang telah diubah bentuknya. Velg forged memiliki keunggulan berupa ketahanan dan kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan velg lainnya, namun harganya juga lebih mahal dan lebih sulit ditemukan.
  • Velg casting: Velg yang dibuat dengan cara dicetak dan dibagi menjadi dua jenis, yaitu gravity casting dan low pressure casting. Cara pembuatan velg ini lebih mudah dan efisien, sehingga harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan velg forged. Namun, velg casting kurang kuat dibandingkan dengan velg forged.
  • Velg flow forming: Velg yang dibuat dengan cara memutar dan membentuk logam pada suhu tinggi sehingga menghasilkan kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan velg casting. Harga velg flow forming juga lebih terjangkau dibandingkan dengan velg forged.

Berdasarkan Konstruksi

  • Velg split: Velg yang terdiri dari dua atau tiga bagian yang dipisahkan dan kemudian dirakit kembali. Keuntungan dari velg split adalah dapat memperbaiki kerusakan dengan mudah karena hanya perlu mengganti bagian yang rusak. Namun, velg split lebih berat dan kurang kuat dibandingkan dengan velg monoblock.
  • Velg monoblock: Velg yang dibuat dari satu bagian logam utuh yang dibentuk menjadi velg. Jenis ini lebih ringan dan lebih kuat dibandingkan dengan velg split. Namun, jika terjadi kerusakan, velg monoblock harus diganti secara keseluruhan.

Berdasarkan Bahan

  • Velg steel: Velg yang terbuat dari baja dan memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan velg lainnya. Velg steel juga lebih kuat dan tahan banting daripada velg lainnya, namun kurang efisien dalam hal penghematan bahan bakar dan memiliki berat yang lebih berat.
  • Velg alloy: Velg yang terbuat dari paduan aluminium dan silikon, sehingga velg ini lebih ringan dan efisien dalam penghematan bahan bakar. Velg alloy juga memiliki desain yang lebih variatif dan menarik daripada velg steel, namun lebih mudah baret dan penyok jika terkena benturan.
  • Velg carbon fiber: Velg yang terbuat dari serat karbon yang memiliki keunggulan berupa bobot yang sangat ringan dan kekuatan yang sangat tinggi. Velg carbon fiber juga memiliki tampilan yang futuristik dan elegan, namun harganya sangat mahal dan jarang tersedia di pasaran.

Berdasarkan Ukuran

  • Velg standar: Velg yang memiliki ukuran yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan mobil. Velg standar biasanya memiliki keseimbangan yang baik antara performa dan kenyamanan, namun kurang menarik dari segi estetika.
  • Velg besar: Velg yang memiliki ukuran yang lebih besar dari spesifikasi pabrikan mobil. Velg besar biasanya memiliki keunggulan berupa penampilan yang lebih sporty dan agresif, namun dapat mengurangi kenyamanan dan efisiensi bahan bakar.
  • Velg kecil: Velg yang memiliki ukuran yang lebih kecil dari spesifikasi pabrikan mobil. Velg kecil biasanya memiliki keunggulan berupa penghematan bahan bakar dan kenyamanan yang lebih baik, namun dapat mengurangi performa dan stabilitas mobil.
Share This Article