Sejarah Mesin Mobil, Si Kuda Besi yang Tak Pernah Lelah

Yudha Cilaros By Yudha Cilaros
6 Min Read
Sejarah Mesin Mobil, Si Kuda Besi yang Tak Pernah Lelah
Sejarah Mesin Mobil, Si Kuda Besi yang Tak Pernah Lelah

Ah, mesin mobil. Siapa yang tidak kenal dengan benda berisik ini? Sejak ditemukan, mesin mobil telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern. Dari mulai membantu mobilitas manusia sehari-hari hingga menjadi simbol status dan kekayaan. Tapi, pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana sejarah mesin mobil itu sendiri? Jika belum, mari kita mulai perjalanan waktu kita.

Awal Mula, Mesin Uap dan Leonardo da Vinci

Sebelum kita mulai, mari kita beri penghormatan kepada Leonardo da Vinci. Ya, dia, sang jenius dari abad ke-15, sudah membuat konsep “mobil” pada tahun 1478. Sayangnya, konsep ini belum menggunakan mesin dan masih berupa sketsa di atas kertas. Bayangkan betapa jeniusnya dia, menciptakan konsep mobil sebelum adanya Netflix dan smartphone!

Leonardo da Vinci, siapa yang tidak kenal dengan nama ini? Sang maestro yang terkenal dengan lukisan “Mona Lisa” dan “The Last Supper” ini ternyata tidak hanya jago melukis. Dia juga seorang insinyur yang hebat. Salah satu rancangannya yang paling menarik adalah mesin uap.Tunggu, apa? Leonardo da Vinci merancang mesin uap? Benar sekali. Leonardo da Vinci merancang sebuah meriam bertenaga uap yang disebut Architonnerre sekitar abad ke-151. Bayangkan, di era di mana orang-orang masih menggunakan pedang dan panah, dia sudah merancang meriam bertenaga uap. Luar biasa, bukan?

Mesin Uap itulah sebagai cikal bakal kendaraan yang kita kenal sekarang, kendaraan bermesin pertama kali dibuat oleh manusia menggunakan mesin uap untuk membantu pergerakan kebutuhan militer Prancis pada 1870-an. Mesin uap ini dibantu oleh tiga roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini sama dengan kecepatan manusia saat berjalan. Cukup lambat, bukan? Tapi hei, setidaknya lebih cepat daripada menunggu update status media sosial teman Anda.

- Advertisement -

Era Mesin Diesel dan Benz

Lalu, pada tahun 1882, penemuan mesin diesel menjadi babak penting dalam sejarah mobil. Mesin berbahan bakar solar ini diperkenalkan dan kemudian banyak digunakan masyarakat. Mesin diesel ini muncul sebagai tonggak karena mampu membuat mesin yang lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Mesin diesel terus dikembangkan dan masih tetap digunakan sebagai salah satu mesin mobil. Jadi, jika Anda mengendarai mobil diesel, beri hormat kepada penemu mesin diesel! Penemu dan pencipta mesin diesel adalah Rudolf Christian Karl Diesel, seorang insinyur asal Jerman. Diesel lahir pada tahun 1858 di Paris, Prancis. Pada tahun 1870, warga Jerman yang bermukim di Prancis diminta untuk pergi akibat perang.

Kondisi ini membuat Diesel dan keluarganya dikirim ke London sehingga hidup menjadi pengungsi. Setelah dia lulus pada tahun 1880, Diesel pindah ke Paris untuk bermukim dan bekerja sebagai insinyur pendinginan. Motivasi dan semangatnya untuk membuat inovasi baru disalurkan melalui pengembangan mesin yang mulai diuji pada Agustus 1893. Mesin single silinder dengan stroker 16 inci menjadi bukti pertama bahwa mesin ciptaannya layak digunakan.

Pengembangan mesin yang dibuatnya terus dilakukan hingga berhasil menerima paten untuk internal combustion engine pada tahun 1892. Pencapaiannya ini dituangkan dalam sebuah karya bertajuk “Theorie und Konstruktion Eines rationellen Wäremotors” (Theory and Construction of a Rational Heat Motor).

Setelah itu, muncul kendaraan dengan mesin berbahan bakar bensin. Menggunakan tiga roda sebagai penggerak, kendaraan ini diciptakan oleh ahli mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885. Di Amerika Serikat, Henry Ford telah membangun mobil pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.

Perkembangan dan Evolusi

Di awal abad ke-20, mobil-mobil sederhana yang sudah diciptakan mulai mengalami evolusi. Saat pertama diperkenalkan, mobil saat itu belum menggunakan stir bulat seperti yang kita kenal saat ini. Sebelum 1900, stir mobil berbentuk setengah lingaran saja. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai dan memang lebih memudahkan pergerakan mobil.

- Advertisement -

Kecepatan mobil pun sudah mulai bertambah tinggi, bisa mencapai 15-20 km/jam. Sudah lebih cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang sekitar 6 km/jam. Karena itulah pemerintah negara bagian Alabama, Amerika Serikat, membatasi kecepatan maksimal mobil saat itu hanya 12 km/jam. Bayangkan betapa lambatnya lalu lintas saat itu!

Sejarah mesin mobil adalah perjalanan panjang yang penuh dengan inovasi dan penemuan. Dari mesin uap hingga mesin bensin, dari stir setengah lingkaran hingga stir bulat, dari kecepatan berjalan kaki hingga kecepatan yang bisa melebihi itu. Namun, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kita harus mulai mempertimbangkan dampak dari penggunaan mesin mobil terhadap lingkungan. Jadi, mari kita mulai berpikir tentang alternatif yang lebih ramah lingkungan. Bagaimana jika kita mulai menggunakan mobil listrik? Atau mungkin, mobil tenaga surya? Siapa tahu, mungkin Anda adalah penemu mobil masa depan!

Share This Article