Macam-Macam Komponen pada Ban Mobil: Apa Saja dan Apa Fungsinya?

Firman Yudha Pragusti By Firman Yudha Pragusti
6 Min Read
Macam-Macam Komponen pada Ban Mobil: Apa Saja dan Apa Fungsinya?
Macam-Macam Komponen pada Ban Mobil: Apa Saja dan Apa Fungsinya?

Ban mobil, siapa yang tidak tahu komponen yang satu ini? Komponen yang paling mencolok pada kendaraan ini, tentunya berfungsi cukup penting. Tidak hanya sebagai alas atau sepatu pada roda mobil, sebuah ban juga dituntut agar mudah di handling serta mampu menyerap getaran kecil pada permukaan jalan.

Namun, tahukah Anda bahwa ban mobil tidak semudah yang Anda kira? Ban mobil tidak hanya sekadar gulungan karet yang dipasang pada velg, melainkan terdiri dari berbagai komponen yang saling berkaitan dan berfungsi untuk menghasilkan performa yang optimal.

Lalu, apa saja komponen-komponen pada ban mobil dan apa fungsinya? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Lapisan Ban Dalam (Inner Tire)

Lapisan ban dalam atau inner tire adalah bagian ban yang paling dalam atau paling dekat dengan udara yang mengisi ban. Bagian ini terbuat dari karet yang cukup tipis dengan pori-pori yang kecil. Fungsinya adalah mempertahankan angin di dalam ban sehingga tidak bisa merembes dan keluar.

- Advertisement -

Kestabilan angin penting bagi ban sehingga perjalanan dengan mobil tetap nyaman. Jika angin di dalam ban berkurang, maka ban akan menjadi kempes dan berisiko pecah. Selain itu, angin yang tidak stabil juga akan mempengaruhi handling dan konsumsi bahan bakar mobil.

Carcass Casing

Carcase casing adalah bagian ban yang berupa rangka atau tulang ban yang terbuat dari kawat baja. Bagian ini berfungsi untuk menahan beban berat maupun tekanan angin yang tinggi. Carcass casing juga membentuk ban agar berbentuk melingkar sehingga lapisan lain bisa diletakkan di atasnya.

Carcase casing dibuat dengan kuat dan keras, namun juga lentur sehingga dapat meredam guncangan selama berkendara. Pada bagian carcass casing terdapat lembaran atau ply yang disusun paralel atau crossing dan saling direkatkan membentuk karet yang kuat.

Belt atau Breaker

Belt atau breaker adalah bagian ban yang berada di antara carcass casing dan tread. Bagian ini berfungsi untuk merekatkan keduanya dengan tujuan meredam guncangan tidak terduga akibat permukaan jalan yang menyentuh carcass casing.

Belt atau breaker juga berperan untuk menjaga bentuk ban saat berputar pada kecepatan tinggi agar gaya sentrifugal yang terbentuk tidak merusak struktur ban. Belt atau breaker biasanya terbuat dari bahan serat sintetis yang kuat dan tahan gesekan.

- Advertisement -

Tread

Tread adalah bagian ban yang paling luar atau yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan. Bagian ini merupakan komponen pertama yang paling terlihat perubahannya selama ban digunakan berkendara.

Fungsi utama dari tread adalah untuk menambah daya cengkram ban terhadap jalan, sehingga ban tidak mudah selip. Tread juga berpengaruh pada kestabilan, keamanan, dan kenyamanan berkendara.

Pada tread terdapat pola atau desain tertentu yang disesuaikan dengan jenis dan fungsi ban. Misalnya, ban untuk mobil sport memiliki pola tread yang halus dan tipis, sedangkan ban untuk mobil off-road memiliki pola tread yang kasar dan tebal.

- Advertisement -

Pola tread juga berfungsi untuk mengalirkan air, lumpur, atau kotoran lain yang ada di permukaan jalan, sehingga ban tidak kehilangan traksi. Pada tread juga terdapat indikator ketebalan ban yang disebut dengan TWI (Tread Wear Indicator). Indikator ini berguna untuk mengetahui kapan ban harus diganti.

Sidewall

Sidewall adalah bagian ban yang berada di samping atau pinggir ban. Bagian ini terbuat dari karet tebal yang berfungsi untuk melindungi carcass casing dari kerusakan akibat benturan.

Sidewall juga berperan untuk menahan beban kendaraan selama digunakan, sehingga dibuat dengan bahan yang fleksibel atau lentur. Sidewall juga mempengaruhi tampilan ban, karena pada bagian ini biasanya tertera merk, kode, dan informasi lain seputar ban tersebut.

Bead

Bead adalah bagian ban yang berada di bagian dalam atau yang bersentuhan dengan velg. Bagian ini terbuat dari kawat baja yang dilapisi karet. Fungsinya adalah untuk mengunci ban agar tidak lepas dari velg saat berputar.

Bead juga berfungsi untuk menyalurkan udara dari velg ke dalam ban. Bead harus dibuat dengan kuat dan presisi, agar tidak terjadi kebocoran udara atau kerusakan pada ban dan velg.

Itulah macam-macam komponen pada ban mobil dan apa fungsinya. Dengan mengetahui komponen-komponen tersebut, Anda bisa lebih memahami cara kerja dan perawatan ban mobil.

Ban mobil adalah komponen yang sangat penting bagi kendaraan, karena berhubungan langsung dengan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, Anda harus selalu memeriksa kondisi ban mobil secara rutin dan menggantinya jika sudah aus atau rusak.

Jangan sampai Anda mengabaikan komponen-komponen pada ban mobil, karena bisa berakibat fatal bagi Anda dan orang lain. Ingat, ban mobil bukan hanya sekadar gulungan karet, melainkan sebuah sistem yang kompleks dan canggih.

Share This Article