Mengapa Wanita Hidup Lebih Lama daripada Pria? Penelitian Baru Ungkap Perbedaan Genetik

rasyiqi By rasyiqi - Writer, Digital Marketer
3 Min Read
woman in blue bralette holding sunglasses putting on her eyes
Photo by Atikh Bana on Unsplash

jlk – Pertanyaan klasik mengapa wanita cenderung hidup lebih lama daripada pria telah menjadi topik pembahasan yang menarik.

Apakah ini hanya mitos ataukah ada dasar ilmiah yang mendukungnya? Mari kita telusuri lebih dalam.

Fakta atau Mitos?

Ternyata, ini bukanlah sekadar mitos belaka. Data menunjukkan bahwa rata-rata usia harapan hidup wanita memang lebih tinggi daripada pria.

Menurut World Population Prospects 2022, harapan hidup perempuan di seluruh dunia mencapai 76 tahun, sedangkan pria hanya 70,8 tahun pada tahun 2023.

- Advertisement -

Di Indonesia, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2021, harapan hidup perempuan mencapai 73,6 tahun, sedangkan untuk pria lebih pendek 3,9 tahun.

Rahasia di Balik Umur Panjang Wanita

Sejumlah penelitian telah mencoba menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fenomena ini. Namun, belum sepenuhnya dipahami seberapa besar pengaruh masing-masing faktor terhadap umur panjang perempuan.

Secara biologis, perempuan memiliki keunggulan dari dua kromosom X dan hormon estrogen dalam tubuhnya. Dua kromosom X memungkinkan sel tubuh memiliki pengganti jika salah satunya rusak, sementara laki-laki dengan kromosom XY tidak memiliki cadangan tersebut.

Selain itu, hormon estrogen juga memainkan peran penting dalam mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat melindungi tubuh perempuan dari infeksi penyakit, yang berbeda dengan respons hormon pada tubuh laki-laki.

Perilaku dan Gaya Hidup

Selain faktor genetik, perilaku dan gaya hidup juga memiliki pengaruh yang signifikan. Laki-laki cenderung lebih rentan terhadap perilaku dan gaya hidup yang merugikan kesehatan, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol, yang dapat memperpendek usia harapan hidup.

- Advertisement -

Kesimpulan

Jadi, apakah wanita benar-benar hidup lebih lama daripada pria? Ya, data menunjukkan demikian. Namun, hal ini tidak berarti bahwa pria tidak bisa hidup lama. Dengan gaya hidup sehat dan perilaku yang baik, siapa pun dapat mencapai usia panjang.

Jadi, mari kita syukuri kehidupan yang kita miliki, tanpa peduli berapa lama usia kita. Karena yang penting bukanlah berapa lama kita hidup, tetapi bagaimana kita menggunakan waktu yang diberikan kepada kita.

Dan terakhir, meskipun wanita mungkin hidup lebih lama, hal itu tidak berarti mereka memiliki lebih banyak waktu.

- Advertisement -

Seperti kata J.R.R. Tolkien, “Yang penting adalah apa yang akan kita lakukan dengan waktu yang diberikan kepada kita.”

Jadi, mari kita gunakan waktu kita dengan bijaksana dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

Share This Article